Pembukaan Dokumen Penawaran Konsultan (2 sampul); Kesalahan yang sering dilakukan panitia.

May 12, 2008 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Dalam acara pembukaan dokumen untuk pengadaan jasa konsultansi dengan metoda dua sampul (sampul I administrasi dan teknis dan sampul II biaya), seringkali panitia pengadaan melakukan kesalahan yang mungkin tidak disadari akibat kebiasaan pembukaan sampul dengan metoda satu sampul pada jasa pelaksana konstruksi, kesalahan tersebut adalah dibukanya sampul I yang ASLI untuk diperiksa kelengkapannya dihadapan peserta pengadaan, begitu pula para peserta pengadaan, jarang sekali yang menyadari atau mengetahui bahwa seharusnya sampu I ASLI itu tidak boleh dibuka terlebih dahulu.

lelang
photo: pelelangan di www.lombok-airport.co.id

Di dalam keppres 80 tahun 2003 pada Lampiran I BAB II. B. 1. i. Pemasukan Penawaran nomor 6. dinyatakan bahwa:

6) Hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat pemasukan dokumen penawaran:
a) Jumlah rangkap dokumen penawaran sebanyak 3 (tiga) buah, 1 (satu) rangkap untuk pengguna jasa konsultansi dan 2 (dua) rangkap untuk panitia/pejabat pengadaan;
b) Dokumen penawaran asli untuk pengguna jasa konsultansi disampaikan oleh panitia/pejabat pengadaan dalam keadaan tertutup dan dilak serta hanya dibuka setelah diterbitkannya surat penetapan pemenang atau bilamana ada sanggahan dari peserta. Pembukaan dokumen penawaran asli dilakukan dihadapan peserta yang menyanggah dan disanggah;

Dengan demikian untuk pembukaan penawaran sampul I seharusnya panitia hanya boleh membuka dokumen rekamannya saja, sedangkan dokumen aslinya harus diserahkan kepada pengguna jasa konsultasi dan hanya dibuka setelah diterbitkannya SPPBJ atau ada sanggahan dari peserta. Hal ini diatur sedemikian rupa untuk menjaga kredibilitas panitia, apabila ada yang menyanggah, maka panitia dapat membuktilan bahwa dokumen yang diperiksa adalah demikian adanya, tidak ada perubahan apapun yang dilakukan panitia, dan hal tersebut dibuktikan dengan membandingkan dengan aslinya.

Demikian, mudah-mudah berguna untuk menghindari pelanggaran terhadap keppres 80 tahun 2003, dan tetap menjaga kelancaran proses pengadaan jasa konsultansi.

sumber: http://jasakonsultan.net/

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.web.id

Comments

10 Responses to “Pembukaan Dokumen Penawaran Konsultan (2 sampul); Kesalahan yang sering dilakukan panitia.”
  1. certainly like your web site however you have to take a look at the spelling on quite a few of your posts.
    A number of them are rife with spelling issues and I to find it very troublesome to inform the truth on the
    other hand I will surely come again again.

  2. Aw, this was an incredibly good post. Taking a few minutes and actual effort to create a superb article… but what can I say… I procrastinate a lot
    and don’t manage to get anything done.

  3. wonderful points altogether, you simply won a brand new reader.

    What could you suggest about your put up that you simply made some
    days ago? Any positive?

  4. That is very interesting, You’re an overly professional
    blogger. I’ve joined your rss feed and stay up for in quest of extra of your fantastic post.
    Also, I have shared your site in my social networks

  5. g says:

    Hi there to all, it’s genuinely a pleasant for me to pay a visit
    this web site, it contains valuable Information.

  6. After I originally left a comment I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now
    every time a comment is added I recieve 4 emails with
    the exact same comment. Is there a means you are able to remove me from
    that service? Kudos!

  7. g says:

    Simply desire to say your article is as amazing.
    The clarity in your post is just nice and i could assume you are an expert on this
    subject. Well with your permission let me to grab your
    RSS feed to keep up to date with forthcoming post.
    Thanks a million and please keep up the enjoyable work.

  8. Hello, after reading this remarkable paragraph i am also
    happy to share my experience here with mates.

  9. g says:

    Link exchange is nothing else but it is just placing the other
    person’s web site link on your page at proper place and other person will also do same in support
    of you.

  10. g says:

    Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say
    that I have really enjoyed surfing around your weblog posts.
    In any case I’ll be subscribing in your feed and I hope you
    write once more very soon!

  11. At this moment I am going to do my breakfast, after having my breakfast
    coming yet again to read additional news.

  12. Excellent article! We are linking to this great content on our site.

    Keep up the good writing.

  13. You are so interesting! I don’t suppose I’ve read through something like
    that before. So wonderful to find another person with some original thoughts on this subject matter.
    Really.. thanks for starting this up. This web site is one thing that
    is needed on the internet, someone with a bit of originality!

  14. This piece of writing will assist the internet viewers for setting up new
    webpage or even a weblog from start to end.

  15. Greetings from Idaho! I’m bored to death at work so I decided to check out your site on my iphone during lunch break.
    I love the knowledge you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how fast your blog loaded on my cell phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, great blog!

  16. Its like you read my mind! You appear to know so
    much about this, like you wrote the book in it or
    something. I think that you can do with some pics to drive the message home a little bit, but
    instead of that, this is great blog. A fantastic read. I’ll definitely be back.

  17. gamefly says:

    Admiring the time and effort you put into your blog and detailed information you provide.

    It’s nice to come across a blog every once in a
    while that isn’t the same unwanted rehashed
    material. Excellent read! I’ve bookmarked your site and I’m adding your RSS
    feeds to my Google account.

  18. I used to be suggested this website through my cousin.
    I am not certain whether this publish is written by means of him as nobody else recognize such unique approximately
    my problem. You are wonderful! Thanks!

  19. gamefly says:

    I’m no longer certain the place you are getting your info, but great topic.
    I needs to spend a while learning much more or understanding more.
    Thank you for great info I used to be on the lookout for this info
    for my mission.

  20. gamefly says:

    Hurrah, that’s what I was searching for, what a stuff!
    existing here at this blog, thanks admin of this website.

  21. HENRA ADI DJAYA says:

    Pak. Gimana kalo BERITA ACARA ANWILZING gak di tanda tangani sama panitia, kita saja yang di minta ttd tapi panitia menolak untuk TTD.
    Knapa Panitia ngotot gak mau bikin adendum setelah anwilzing…padahal saat anwilzing ada kesepakatan tambahan. Apakah memang tidak di wajibkan untuk membuat adendum? katanya cukup sudah di tuang dalam catatan di Berita acara anwilzing.
    Apa benar lelang sistem 1 sampul Hanya asli yang di buka? sedangkan rekaman tidak boleh di buka oleh panitia….alasannya itu sudah biasa disini…..saya timpali..loh kita kan pake kepres 80 …panitianya menjawab itu tidak ada diatur dalam keppres 80….mohon advisnya pak

  22. Bagaimana jika pelelangan tersebut dilakukan dengan E – Proucement

    • heldi says:

      @Rini

      Mohon infonya dulu e-proc yg dipakai eproc mana nih?
      yang full eproc spt di lpse, atau semi eproc yg spt di kota bogor/surabaya.

      Kalau yg di lpse saya tidak bisa menjawabnya, karena memang belum pernah sekalipun saya menggunakan eproc dari lpse, namun kalau semi eproc spt di kota bogor (eproc.kotabogor.go.id) maka tetap saja kan penyedia harus memasukan hardcopy, so hardcopy aslinya disimpan di PPK.

      Mungkin spt itu bu, terima kasih atas sharingnya dan salam pengadaan dari Bogor

      heldi

  23. heldi says:

    @Kurnia Norman
    1. Penomoran salah, bila yang dimaksud adalah penomoran surat penawaran (nomor internat surat menyurat perusahaan) maka hal tsb tidak ada aturannya ada aturannya dalam keppres 80./2003 shg tdk dapat dijadikan alasan untuk mengugurkan penawaran.
    2. Referensi Bank; apabila yang dimaksud adalah dukungan bank, maka dukungan bank hanya diminta untuk pekerjaan non kecil (besar)
    3. Surat pernyataan tidak bermaterai; apabila dalam dokumen pemilihan hal tsb diminta (diharuskan bermaterai) maka hal tsb menggugurkan.
    4. daftar kuantitas tidak bermaterai, sama spt nomor 3
    demikian kang norman, salam tender dari bogor

  24. kurnia norman says:

    dalam kasus surat penawran ada beberpa hal :
    1. Penomoran salah
    2. Refrensi bank tidak ada
    3. surat pernytaan tidak bermatrai
    4. Daftar kauntitas tidak bermatrai
    apah 4 empat point tersebut dapat menggugurkan pserta tersebut ( dalam sistim gugur ) apakah kalau kita belum ada pengalaman dapat gugu sedankan kita belum pernah mendapat pekerjaan ?

  25. winy says:

    1. pak bagaimana cara pembuatan dokumen penunjukan langsung belanja jasa konsultansiperencanaan sentralisasi data kepariwisataan dengan pagu anggaran Rp. 45.000.000?
    2. apakah harus selalu dibuat rencana teknis, evaluasi teknisnya?(seperti belanja jasa konsutlansi konstruksi)
    terima kasih

    • heldi says:

      @Winy
      Salam kenal mba Winy yah? 🙂 kalau boleh tahu darimana nih? dan ada PL di instansi mana juga nih? 🙂
      Saya coba jawab ya pertanyaannya;
      1. PL Jasa konsultansi perencanaan prosesnya hampir sama dengan seleksi umum biasa, namun ada beberapa tahapan yang waktu dan prosesnya bisa lebih cepat dan sederhana. Contoh Dokumennya bisa dilihat di halaman/page “download” di menu atas blog ini.
      2.Yups, karena ini konsultansi maka harus ada KAK/TOR dan dalam evaluasinya tergantung dengan metoda evaluasinya, maka harus ada evaluasi dari penawaran teknis yang ditawarkan oleh konsultan.

      Begitu sih yang saya ketahui dari pengalaman saya membuat dokumen-dokumen PL di pemkot bogor, semoga belum puas ya… jadi bisa sering-sering berkunjung ke blog saya ini 🙂
      Oke… Salam dari Bogor
      Salam Lelang
      heldi y

  26. heldi says:

    @NAYUD
    qt… ?! u az X
    baca: kita… lua aja kali 🙂

  27. NAYUD says:

    Betul HY, kebiasaan di pengadaan jasa konstruksi…jadi semua dibuka.
    bagus juga untuk mengingatkan qta semua. (qta ???…)

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] 3. Penyampulan, Intinya kalau sistemnya 1 sampul maka yang dimasukan ke kotak penawaran hanya 1 sampul saja, kalau di dalamnya dipisah antara rekaman dengan aslinya sehingga di dalam sampul ada 2 sampul lagi, itu tidak menjadikan kesalahan metode menjadi 2 sampul. Kemudian bila digunakan sistem 2 sampul, maka pada intinya adalah terdapat 2 (dua) sampul berbeda yaitu sampul I administrasi teknis dan sampul II harga, yang bilamana dua sampul itu disatukan dan dimasukan ke dalam satu sampul luar, itu tidak menjadikan pelanggaran sistem penyampulan menjadi 1 sampul. Jangan jadi dibolak balik lah, bikin pusing pada saat pembukaan penawaran saja nih Dan jangan lupa kalau di pengadaan jasa konsultan, yang aslinya dipisah dalam sampul tersendiri dan jangan dibuka pada saat pembukaan tetapi disimpan di PPK, nah pusingkan sampul menyampulnya lihat tulisan: http://heldi.net/2008/05/pembukaan-dokumen-penawaran-konsultan-2-sampul/ […]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!