Kampanye on-line Pilkada Kota Bogor 2008 (hasil pencarian dengan google menggunakan kata kunci para calon walikota Bogor 2008)

October 10, 2008 by  
Filed under Kota Bogor, Promosi Usaha Online

Bogor - Dari KPU kota bogor diperoleh informasi bahwa ada lima calon yang akan berlaga pada pemilihan walikota Bogor, yaitu:

1. Syafei Bratasendjaja-Akik Darul Tahkik (dari jalur independen )
2. Iman Santoso (Ki Gendeng Pamungkas)-Achmad Chusaeri (dari jalur independen)
3. Iis Supriatini-Ahani (diusung PD, PBR, PKPB, dan PPNUI)
4. Dody Rosadi-Erik Irawan Suganda (diusung PAN, PPP, PBR, PKB, dan P Pelopor).
5. Diani Budiarto-Achmad Ru’yat (diusung PKS, PDI-P, PG, Partai Patriot, PKPI, PPDI, PSI, PBSD, dan PPDK)

Meskipun sekarang sudah memasuki masa kampanye, saya sih sebagai PNS tidak akan ikut-ikutan berkampanye, nanti kena sangsi lagi :) yang jelas saya sudah mempunyai pilihan sendiri, mau tahu…? rahasia donk :) , namun sedikit mencermati dari lima calon ini, iseng-iseng pada hari ini tanggal 10 Oktober 2008, saya mencoba searching dengan google menggunakan nama-nama calon walikota dan wakil walikota Bogor sebagai kata kuncinya, berikut adalah hasilnya:

1. ~Syafei Bratasendjaja Akik Darul Tahkik~

Terdapat lima halaman hasil pencarian yang memuat kata kunci tersebut, pada halaman pertama berisi berita-berita dari media informasi yang on-line di kota Bogor dan nasional serta 1 link homepage yang notabene mendukung calon lain, hasil dari halaman pertama adalah; bogornews.com, radar-bogor.co.id, kotabogor.go.id, forum.detik.com, bogor-online.com, mediaindonesia.com, pkscikeas.wordpress.com, kampoengbogor.com, antara.co.id, dan sinarharapan.co.id.

Untuk halaman selanjutnya, link ke situs pada halaman pertama masih muncul dengan artikel yang berbeda, link ke situs yang berbeda adalah: monitordepok.com, pakuanraya.com, kaskus.com, wartakota.co.id, dan poskota.co.id, mynews.com (rakyat merdeka), kabarbogor.com, pakuanraya.com, pikiran-rakyat.com, kompas.com, republika.co.id, bangkapos.com, dan sripo-online.com, serta satu link dari calon walikota lainnya yaitu diani-ruyat.com.

Namun apabila ditinjau dari isinya, semua link pada halaman pertama semuanya merupakan artikel yang bersifat umum mulai dari informasi tentang validasi, penetapan dan pengundian 5 calon walikota, penetapan 2 calon dari independen tidak ada home page yang memuat khusus tentang calon yang satu ini, malah ada beberapa link dengan kata kunci ini sebenarnya berisi tentang berita “ke-khas-an/kelebihan” dari calon lainnya

2. ~Iman Santoso Ki Gendeng Pamungkas Achmad Chusaeri~

Hampir sama dengan pasangan calon walikota bogor yang pertama, terdapat 5 (lima) halaman hasil pencarian google, yaitu link-link dari situs: bogornews.com, manikretna.multiply.com (isinya bersumber dari kompas), pemilu-online.com, bogor-online.com, kotabogor.go.id, mediaindonesia.com, pkscikeas.wordpress.com, matabumi.com, mynews.com (rakyat merdeka), dan wartakota.co.id.

Halaman selanjutnya, selain situs-situs yang sama dengan calon pertama dan halaman pertama untuk calon kedua, yaitu home page: radar bogor, monitor depok, kotabogor.go.id, bogor-online, bogornews, kaskus, dsb. Terdapat juga link berita dari situs; issuu.com (suluh indonesia), swarapamulang.com, sukasukaku.com, telukbone.org, lautanindonesia.com, kabarbogor.com, pakuanraya.com, suryalive.com invidiousclub.com, hu pelita, kompas, dan pikiran rakyat.

Berbeda dangan hasil pencarian dengan kata kunci calon pertama, pencarian dengan kata kunci Iman Santoso (Ki Gendeng Pamungkas)-Achmad Chusaeri menghasilkan link-link ke beberapa situs yang memberitakan ke unikan dari Ki Gendeng Pamungkas yang berprofesi sebagai pananormal yang sekarang ini mencalonkan diri sebagai calon walikota Bogor, mulai dari kulitnya yang kebal, petugas keamanan yang berhasil dikecohnya, sampai dengan nomor urut yang diperoleh Ki Gendeng Pamungkas yang sebelumnya telah diprediksi/ramal-nya.

3. ~Iis Supriatini-Ahani~

Pencarian dengan kata kunci Iis Supriatini Ahani dengan google menghasilkan link ke pkscikeas pada uratan pertama, dilanjut dengan; bogornews.com, monitordepok, pakuanraya, thejakartapost.com, poskota.co.id, media indonesia, lists.topica.com (berisi berita dari jakarta post), dan tempointeraktif.com, pencarian dengan kata kunci calon walikota bogor urutan nomor 3 ini menghasilkan hasil yang sama dengan 2 calon sebelumnya yaitu 5 halaman link ke beberapa situs.

Untuk halaman berikutnya, hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil pencarian calon pertama, muncul link-link ke situs; bogornews.com, radar-bogor.co.id, kotabogor.go.id, bogor-online.com, mediaindonesia.com, kampoengbogor.com, antara.co.id, dan sinarharapan.co.id, monitordepok, pakuanraya, poskota, rakyat merdeka, kaskus, kompas, dsb. Isinya juga tidak jauh berbeda dengan hasil pencarian dari pasangan calon pertama, lebih bersifat umum (artikel berisi juga berita tentang calon2 lainnya) dan bahkan ada link yang lebih membahas calon lainnya.

4. ~Dody Rosadi Erik Irawan Suganda~

Pencarian dengan kata kunci -Dody Rosadi Erik Irawan Suganda-, pada urutan pertama muncukl link ke home page: dinamikappp.blogspot.com (blog-nya PPP), selanjutnya hampir sama dengan yang lainnya yaitu link ke kotabogor.go.id, radar bogor, dan bogornews.com, kemudian dilanjut dengan link ke: al-irsyadbogor.or.id, kompas, media indonesia, pkscikeas, dan bluefame.com.

Halaman berikutnya menghasilkan link-link ke homepage hampir sama dengan pencarian calon sebelumnya,(bogornews.com, radar-bogor.co.id, kotabogor.go.id, bogor-online.com, mediaindonesia.com, kampoengbogor.com, antara.co.id, dan sinarharapan.co.id, monitordepok, pakuanraya, poskota, rakyat merdeka, kaskus, kompas, dsb.), paling yang berbeda adalah adanya link ke homepage: bogor.net, telukbone.org, tribun-timur.com, repubilkblogger.com, namun pada halaman 5 ditemukan blog wordpress untuk pasangan ini, yang beralamat di: http://dodyerik.wordpress.com/.

Untuk halaman selanjutnya menurut pendapat saya pencarian sudah mulai bias karena lebih banyak berisi hasil pencarian dari kata kunci yang sudah dipisah-pisah, misalkan hasil nomor induk siswa bernamaahmad rosadi dan Diki Irawan, pengumuman seleksi dari wella servana rosadi dan adipati suganda, sehingga dapat dikatakan pencarian dengan kata kunci calon walikota Bogor nomor 4 ini hanya menghasilkan 5 halaman juga seperti pada pencarian 3 calon walikota bogor sebelumnya.

5. ~Diani Budiarto Achmad Ru’yat~

Pencarian dengan kata kunci ~Diani Budiarto Achmad Ru’yat~ pada google.com, pada halaman pertama menghasilkan link-link ke homepage: tempointeraktif.com, kemudian iman-nugraha.net (anggota dewan kota bogor dari PKS), radar bogor, kotabogor.go.id, bogoronline, bogorcenter.com, pkscikeas, bogornews, antara, dan pakuanraya.com.

Untuk halaman berikutnya selain link ke homepage yang sama dengan calon lainnya, terdapat link ke homepage: diani-ruyat.com, pksboteng.blogspot.com (blog PKS kec. Bogor Tengah), scribd.com, , fksbogor.wordpress.com, pkpb.net, siamdiarynews.com, hilmanbadar.multiply.com, drahani.wordpress.com, dan terkini.com. Keseluruhan halaman hasil dari pencarian kata kunci calon nomor 5 ini menghasilkan 9 halaman, namun tidak semuanya terkait dengan pencalonan Diani Budiarto dan Achmad Ru’yat, karena ada beberapa berita yang lebih terkait pada kegiatan Calon Walikota yang sebelumnya menjabat sebagai walikota Bogor (incumbent), seperti berita tentang pembahasan APDB kota Bogor, bantuan ambulance, juga berita yang sama dengan link-link hasil dari pencarian calon-calon sebelum yang lebih bersifat umum (berita yang membahas semua calon walikota bogor).

Kesimpulannya? silahkan disimpulkan sendiri :) nanti disangka berkampanye salah satu calon lagi :)
yang jelas dari data tersebut di atas dapat kita lihat bahwa hampir semua calon walikota bogor dalam melakukan kampanyenya masih belum memaksimalkan sarana internet/on-line, walaupun ada calon yang telah membuat homepage sendiri untuk media kampanyenya, namun dalam rating google masih kalah dengan link-link dari homepage lainnya yang memuat berita tentang pemilihan walikita bogor secara umum. Padahal banyak juga loh warga kota Bogor yang bekerja di Jakarta dan telah melek internet, bahkan tiap hari membuka internet :)

Hasil dari pencarian ini kemungkinan besar akan berubah dari hari ke hari, Pencarian dengan menggunakan mesin pencari (search engine) google.com ini dilakukan pada tanggal 10 eh sudah tanggal 11 Oktober 2008 (nulisnya dari jam 10 malam sd jam 2 dini hari sih hehe…). Bahkan setelah saya menulis artikel ini urutan di google sudah berubah lagi, blog saya (http://heldi.net) sudah masuk halaman pertama sekarang ini untuk pencarian dengan salah satu kata kunci di atas :) , lihat saja di gambar di bawah ini:


Hasil dan urutan pencarian juga akan berbeda secara signifikan apabila kata kunci yang digunakan berbeda dengan kata kunci yang digunakan dalam tulisan ini, misalkan untuk calon nomor 4, Dody Rosadi-Erik Irawan Suganda, bila digunakan kata kunci ~dody erik~ akan menghasilkan hasil pencarian yang berbeda, demikian pula bila ditambah dengan slogannya ~dody erik doa~ mungkin akan berbeda juga. Begitu pula dengan kata-kata kunci untuk calon lainnya.

Demikian mudah-mudahan berguna untuk menyukseskan pilkada kota bogor di episode berikutnya.

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi heldi.net via HP. 0817870910000 - BBM. 2940FD60 - email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: info@heldi.net , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

5 Responses to “Kampanye on-line Pilkada Kota Bogor 2008 (hasil pencarian dengan google menggunakan kata kunci para calon walikota Bogor 2008)”
  1. Ryan & Kenny says:

    JADILAH YANG PERTAMA DI BOGOR

    “Cari MITRA BISNIS di BOGOR – 4LIFE TRANSFER FACTOR Untuk Bisnis Kesehatan Masa Depan”

    Sebuah perusahaan besar bisnis jaringan dari amerika http://www.4life.com tahun 2009 ini rencana mau buka kantor di indonesia, bagi yang berminat untuk bermitra dengan 4Life khususnya di daerah BOGOR, bisa pelajari detailnya di http://4lifetransferfactorindonesia.wordpress.com, kebetulan kita menjadi pioneer di Indonesia untuk memasarkan produk revolutionernya, Molekul Ajaib “TRANSFER FACTOR”.

    Hasil yang didapat lumayan kok, lebih besar dari gaji bulanan [ detail bonus > http://4lifetransferfactorindonesia.wordpress.com/2008/10/28/slip-gaji-4life-ke-2-september-2008-sgd-96761-rp-6289465/ ], soalnya di bayar pake dollar langsung ke rekening kita, tidak terikat waktu & yang penting ngak takut kena PHK, lumayan buat uang tambahan.

    “INFO SEMINAR 4LIFE INDONESIA HOTEL SALAK – 20 JANUARY 2009”

    Untuk Info Lebih Lengkap Hubungi :

    Ryan & Kenny – Bogor
    Phone : 0818.07183888
    Email : ryan.4life@yahoo.com

    4Life-Together Building People

  2. idoey says:

    tolong mas send kan ke email saya tentang permen PU no 43 tentang standard dan pedoman pengadaan jasa konstruksi untuk lingkungan swasta
    ini email saya sutansah@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya ….

  3. heldi says:

    hehehe… yaiyalah… pak Iman dan partainya juga kan pendukungnya, masa sih nga masuk halaman pertama google :)
    hidup no…. eh… hidup pak Iman :)

  4. iman says:

    hehehe….web saya ada disitu…hemmm. Tq atas tulisannya kang!

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!