Membuat peta dengan fasilitas Google Map

Ingin membuat tampilan sebuah peta (google map) pada homepage atau blog? caranya sangat mudah, tidak perlu keahlian programing khusus dan mendalam, karena google map telah menyediakan segalanya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menampilkan google map pada blog atau homepage:

1. Buatlah account google, bisa melalui account email (gmail.com) atau langsung ke google map (maps.google.com).

2. Setelah kita mempunyai account pada google, masuk ke homepage dari google map; http://maps.google.com , login dengan menggunakan account google yang telah dibuat pada langkah pertama tadi.

3. Masuk ke menu MY MAP pada sebelah kiri layar. Kemudian Create New Map, dari tampilan menu tersebut kita dapat langsung memasukkan sendiri obyek-obyek yang ingin ditampilkan dalam peta kita.

4. Ada cara yang lebih menyenangkan bila kita ingin memasukkan banyak obyek dalam peta kita, yaitu dengan menggunakan google earth.

– Pertama Download Google Earth dari http://earth.google.com/download-earth.html.

– Jalankan google earth pada komputer, kemudian masukkan obyek-obyek yang ingin ditampilkan dalam peta dengan google. Kemudian simpan data place ke komputer local (format kmz)

– Import data kmz hasil editing dari google earth dari http://maps.google.com, dengan cara masuk ke my map, klik menu IMPORT, pilih file hasil edit google earth, kemudian up load. Peta kostumisasi anda sudah bisa tampil di google map.

5. Untuk menampilkan peta tersebut dalam blog atau homepage. Pada panel peta ada menu link, pada pojok kanan dalam panel peta. klik menu LINK tersebut kemudian copy kode/script yang ada, paste-kan dalam blog atau homepage.  Maka peta tersebut akan muncul pada blog/home page.

Selamat mencoba, kalau ada pertanyaan, silahkan di comment saja.

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share