Karena masih kurangnya tenaga Ahli Pengadaan Barang/Jasa yang bersertifikat, Bappenas kembali mengeluarkan Surat Edaran yang berisi tentang Perpanjangan Sertifikasi Pengadaan yang berakhir pada tahun 2007 dan 2008 diperpanjang secara otomatis selama 2 tahun.
Kurangnya tenaga ahli pengadaan ini disebabkan karena kecilnya tingkat kelulusan dari ujian sertifikasi pengadaan yang dimotori oleh Bappenas, tingkat kelulusan yang kecil ini diperkirakan disebabkan karena 2 hal:
1. Soal yang memang benar-benar sulit untuk dikerjakan, dan
2. Peserta Ujian yang tidak berminat untuk menjadi panitia pengadaan, mengingat resiko dan masih banyaknya campur tangan dan kepentingan dalam proses pelaksanaan pengadaan. Ikut ujian hanya sekedar memenuhi sprin atau surat perintah dari yang di atasnya. Pada saat ujian; soal belum dibagikan, lembar jawaban sudah selesai diisi duluan kata mereka, hebat ๐Ÿ™‚

Cuman sayangnya yang namanya di pemerintahan atau kerja jadi PNS kadang-kadang bahkan seringkali suka aneh, sudah tahu panitia yang bersertifikat itu sedikit, dan yang bisa kerja itu sedikit, tapi sekarang ini saya yang sudah jelas-jelas bersertifikat ahli pengadaan, berpengalaman selama 3 tahun menjadi panitia pengadaan, mulai dari jabatan anggota sampai dengan menjadi ketua lelang, mulai dari nilai jutaan (PL) sampai dengan milyaran.

Rekor tertinggiย  sebagai panitia adalah untuk paket pekerjaan yang pernah ditangani adalah 16 Milyar untuk pembangunan gedung 4 lantai, sedangkan untuk keseluruhan paket/kegiatan pekerjaan dalam satu dinas/instansi adalah sebesar 31 Milyar ketika menjadi ketua panitia di Binamarga kota Bogor. Template Dokumen pengadaan, Evaluasi sampai dengan kontrak dari semua jenis pengadaan, mulai dari PL, Seleksi Langsung, Pemilihan Langsung, Seleksi Umum dan Pelelangan Umum plus peraturan menteri, peraturan lembaga, Undang-Undang, dsbย  semua ada dalam laptop nih.

Namun.. Kenyataannya sekarang ini saya tidak ada satu dinas/instansi pun yang meminta saya untuk menjadi panitia pengadaan… heran… hehehe… tanya kenapa??!!

Kadang suka geli dan gateul sendiri, lihat teman panitia sekantor yang masih ngutak-ngatik dokumen pengadaan dan kontrak memakai MS word, duh… sudah nga musim atuh mas… kalau cuman satu dua paket sih nga masalah, tapi kalau sudah banyak paket mah… coba pakai excell donk, cukup isi halaman depannya, bagian-bagian lainnya sudah langsung terupdate, bikin donk templatenya, kalau belum bisa, minta donk sama saya… halah minta??? beli donk…. ๐Ÿ™‚

So… mumpung saya lagi nganggur nih, kalau ada yang mau diskusi masalah pengadaan silahkan posting di comment aja. Atau ada konsultan atau kontraktor yang membutuhkan konsultan pelelangan, kalau butuh bantuan tips dan trik dalam memenangkan suatu tender, atau ada dinas instansi dari luar atau pusat yang membutuhkan keahlianย  saya dalam pengadaan barang/jasa, silahkan tinggal kontak saja ๐Ÿ™‚ soalnya di kota Bogor nampaknya keahlian saya sebagai panitia lelang atau sebagai geodet nampaknya tidak terlalu dibutuhkan lagi (terima gaji buta nih… hehehe).

Dari kabupaten Bogor, Sukabumi atau Cianjur mungkin? atau KPU? perlu tenaga ahli pengadaan bersertfikat? daripada lelangnya amburadul seperti waktu pengadaan komputer kemarin, saya kemarin membantu membuat surat sanggahan tuh kepada KPUย  Sukabumi dan Bogor, sampai kelimpungan tuh panitianya KPU disanggah oleh penyedia jasa yang jadi client saya, damai… damaii katanya ๐Ÿ™‚ Atau para pemborong? silahkan tinggal kontak saja, jadi promosi nih ๐Ÿ™‚

Oke cukup curhatnya hehehe… berikut adalah cuplikan dari surat tersebut, sedangkan untuk lengkapnya, surat edaran tentang perpanjangan sertifikasi dapat di download pada link di bawah posting ini.

Mengacu pada Ketentuan Pasal I1 Perpres No. 8 Tahun 2006 Tentang Perubahan Keempat atas Keppres No. 80 Tahun 2003, mengenai kewajiban bersertifikat keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan PanitiaPejabat Pengadaan dan Anggota Unit Layanan Pengadaan dan Surat Edaran Kepala LKPP No. 0033/KA/X/2008 tanggal 29 Oktober 2008 tentang kewajiban bersertifikat per 1 Januari 2009 bagi PanitiafPejabat Pengadaan dan Anggota Unit Layanan Pengadaan dan 2010 bagi Pejabat Pembuat Komitmen, maka untuk memperlancar proses pelaksanaan perlgadaan barangljasa, dengan ini kami sampaikan bahwa : Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang berakhir pada tahun 2007 dan 2008 diperpanjang secara otomatis selania 2 tahun sehingga masa berlakunya akan berakhir pada tahun 2009 dan 2010.

Download;ย  Surat Edaran Perpanjangan Sertifikasi

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share