J&C, Kue Kering yang Makin Menjadi

February 16, 2010 by  
Filed under Curhat PNS online

Bagi para calon pengusaha, sukses story dari kue kering ini bisa dijadikan tauladan, selamat membaca :)

J&C, Kue Kering yang Makin Menjadi

Jadi pengusaha kue kering yang produknya dijual di berbagai kota di Indonesia tak pernah terbayang dalam benak Diah Susilawati. Sarjana lulusan Fakultas Sosial Politik jurusan Administrasi Negara di Universitas Parahyangan Bandung ini, mulanya bahkan tak bisa membuat kue kering.

Lebih dari 12 tahun silam, sambil menunggu suaminya pulang kantor, ia iseng belajar membuat kue kering secara otodidak, antara lain lewat buku. Terkadang ia sukses, kadang kue buatannya gagal. Lama-kelamaan, ia makin mahir dan kue buatannya pun makin banyak.

Daripada menumpuk di rumah, Diah lalu menawarkan kue keringnya ke tetangga. Ternyata mereka menyukainya. Pesanan mulai berdatangan, terutama saat Lebaran. Bahkan, makin lama makin banyak pesanan setiap hari raya ini tiba. Tak hanya itu, beberapa orang bahkan mulai menawarkan diri untuk menjualkan kue kering Diah. Sejak itulah, Diah mempunyai agen untuk kue keringnya.

Tahun 1996, wanita berjilbab ini mulai serius menekuni bisnis ini. Selain memberinya nama Joyci (singkatan dari Jody dan Cindy, nama kedua anaknya), Diah juga mengurus izin ke Departemen Kesehatan. Namun, kini merek Joyci diganti menjadi J&C, karena saat akan dipatenkan tahun 2003, ternyata nama itu sudah terdaftar. Lalu, suami Diah, Dedi Hidayat, yang saat itu bekerja di sebuah perusahaan konsultan minyak, memilih keluar dari pekerjaannya untuk membantu bisnis istrinya di bidang pemasaran.

Rajin ikut pameran merupakan salah satu cara yang dilakukan Diah agar kuenya tetap diingat orang. Maklum, J&C memang hanya dibuat menjelang Lebaran. Meski dibuat hanya selama 3 bulan saja, Diah mengaku hasil penjualannya bisa untuk menghidupi keluarganya selama setahun. “Namun, sekarang kami memiliki beberapa outlet di Jakarta dan Bandung, agar orang tetap ingat terus pada J&C,” ujar Diah sambil menambahkan, usaha musiman ini tetap bertahan saat krismon melanda. “Orang kan, tetap butuh kue saat Lebaran.”

Usaha yang ditekuni dari Bandung sejak awal hingga sekarang ini tak sia-sia. Biasanya, dua bulan sebelum Lebaran mulai ramai pesanan. Kalau pada awal berbisnis dulu dalam sehari ia paling-paling menjual dua lusin kue per hari, kini bertambah menjadi 150 lusin.

Kalau tahun lalu J&C diproduksi 16 ribu lusin selama musim Lebaran (ditambah Natal dan Imlek, tapi produksinya tak sebesar Lebaran), tahun ini meningkat menjadi 20 ribu lusin. Jumlah karyawannya pun bertambah. Kalau pada awalnya Diah membuat kue keringnya sendirian (terkadang dibantu suaminya sambil menonton teve pada malam hari), pesanan yang tiap tahun rata-rata meningkat 20 persen dari tahun sebelumnya membuatnya kini dibantu 200 karyawan.

Selain itu, kini Diah memiliki sekitar 700-800 agen yang siap memasarkan kue keringnya. J&C kini dikirim ke berbagai daerah di Indonesia, antara lain Jakarta, Palembang, Jambi, Maluku dan Irian. Bahkan, sejak 2004, J&C merambah ke Singapura. “Setiap menjelang Natal, ada pesanan dari sana, biasanya seribu lusin,” ujar Diah yang kini menjual 50 jenis kue.

Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2008/05/29/18395148/J.C..Kue.Kering.yang.Makin.Menjadi

Dan ini dia cerita tentang suaminya…
Dedi Hidayat – Lebih Baik Jadi Kepala Semut

Fokus, ulet, dan tak kenal menyerah! Itulah yang dilakukan Dedi Hidayat saat memulai karirnya di dunia usaha. Ia banting stir dari konsultan minyak menjadi pengusaha karena mempunyai misi yang menurutnya lebih baik.

“Mendingan jadi kepala semut daripada menjadi ekor gajah,” tegas lelaki kelahiran 27 November 1957 ini.
Oleh Administrator, 06 Mei 2009

dedi hidayat jnc

dedi hidayat jnc

Nama Usaha   : JNC
Jenis Usaha    : Kue Kering
Lokasi Usaha : Bandung
Mulai Usaha   : 1996
Usaha Lain     : Travel, Rental Mobil, Kafe

Fokus, ulet, dan tak kenal menyerah! Itulah yang dilakukan Dedi Hidayat saat memulai karirnya di dunia usaha. Ia banting stir dari konsultan minyak menjadi pengusaha karena mempunyai misi yang menurutnya lebih baik.

“Mendingan jadi kepala semut daripada menjadi ekor gajah,” tegas lelaki kelahiran 27 November 1957 ini.

Maksudnya, ia lebih baik memiliki usaha yang dikelola sendiri dibandingkan menjadi karyawan di tempat lain. Meski demikian, ia pun tak langsung meraih kesuksesan dalam menjalani hidupnya sebagai pebisnis.

Awalnya, Dedi merupakan konsultan minyak yang bekerja di perusahaan orang lain. Hingga saudaranya mengajak untuk berbisnis jahe gajah di tahun 1996. Ia pun memutuskan keluar dari tempat kerjanya dan merintis usaha jahe gajah.

Sayang, di bisnis pertamanya ia gagal total. Bahkan ia rugi dan  cukup menguras modalnya. Tapi, perjuangannya tak sampai disitu, Dedi kembali bangkit dan mencari usaha yang lain. Ayah dua anak ini pun memilih bisnis roti dan kue kering yang diberi label JNC. Merek ini merupakan singakatan nama kedua anaknya Jody dan Cindy.

Mulanya, Dedi hanya memasarkan kue kering dan rotinya ke saudara dan tetangga terdekat. Dalam satu hari, ia hanya memproduksi delapan toples kue dengan bantuan dua karyawan saja. Bisnisnya memang tak lantas meningkat. Namun ia tetap tekun dan terus menjalani bisnisnya.

Biasanya, hanya waktu lebaran saja bisnis kuenya bisa meningkat pesat. Namun, di hari biasa pesanannya tak sebanyak hari raya. Hampir delapan tahun usahanya berjalan. Hingga akhirnya ia berinovasi dengan kuenya. Yang tadinya hanya enam rasa, ia mulai menambah variasi baru. Alhasil, usahanya meningkat.

Kini, dalam sehari ia bisa memproduksi hingga 500 toples. Apalagi jika hari raya, pembuatan kuenya bisa mencapai 3.000 toples per hari. Untuk mengatasi pesanan sehari-hari agar lebih banyak pemesan, Dedi kembali berinovasi.

“Saya membuat sistem pembelian kue isi ulang, kami menyediakan kemasan yang menarik dan bisa dipinjam, kuenya tinggal isi ulang saja kalau habis,” jelasnya.

Kemasan tersebut berupa toples yang disimpan dalam wadah dengan bentuk unik. Mulai dari masjid, rumah adat, hingga bentuk menarik lainnya. Dengan cara ini, pelanggan yang datang tak hanya dari konsumen rumahan saja, tapi juga membidik perusahaan besar.

Kini, setelah sukses di bisnis kue, dedi pun mencoba peruntungan baru untuk mengembangkan usaha lainnya. Travel, rental mobil, serta café jadi pilihan. Dengan modal fokus pada usaha, ulet, dan tak kenal menyerah, serta inovasi, bisnis barunya pun berkembang pesat. Di bisnis barunya, ia kembali menjadi kepala semut untuk menuju kepala gajah.***

Sumber: http://pengusaha.co.id/cerita/dedi_hidayat_lebih_baik_jadi_kepala_semut

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi heldi.net via HP. 0817870910000 - BBM. 2940FD60 - email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: info@heldi.net , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

One Response to “J&C, Kue Kering yang Makin Menjadi”
  1. pitoyo says:

    PENAWARAN MEJA STAINLESS DAN MESIN MIXER ADONAN ROTI DLL

    Dengan hormat,
    Dengan ini kami ingin menawarkan meja stainless dan rak stainless untuk table
    work di restaurant , toko atau supermarket, Appartment dan Hotel , untuk House kepping storage ,show case etalase kaca atau industry bakery dan Pastry adapun penawaran barang yang dapat kami tawarkan adalah sebagai berikut :

    items group A…

    1. shelves pendek

    lebar 75 cm..

    tinggi 77 cm

    panjang 150 cm

    Price..Rp.3.500.000;

    2.rak stainless

    lebar 85 cm

    panjang 135 cm

    tinggi 137 cm

    ….Price : Rp.8.000.000;

    3. rak 4 susun…/ 4 shelves..

    lebar 50 cm

    panjang 100 cm

    tinggi 156 cm,,,,,,, Price : 4.000.000.

    4. Small wash basin,,,1 hole..

    lebar 70.cm

    panjang…71. cm

    Tinggi..85 cm…….Price :Rp 2000.000.

    5. Table work….

    lebar 55 cm

    panjang 170 cm.

    tinggi 81 cm. Price :Rp 2.500.000;

    6. Table and cabinet

    lebar 65 cm.

    panjang 100 cm.

    tinggi 100 cm.

    dua pintu geser kanan dan geser kiri…Price: 3.500.000;

    7. Chafing dish sanex

    Rp. 1.750.000; hanya ada 1 buah.

    kalau insertnya banyak…. yang half, ceper dan yang tinggi…

    8. cucian piring / wash basin…. 2 lubang..

    panjang ..150..cm

    lebar…65 cm.

    tinggi 85 cm

    ukuran lobang pencucian.. panjang 50 cm, dan lebar 50 cm dan dalam/ tinggi 30

    cm.

    Price : Rp 5000.000.

    9. Mesin adonan roti merk sun Mack.bekas hotel.. tangan hanya pengaduk telur

    atau cream bentuk jari jari.capasitas 10 kg… Price; Rp.6000.000.

    mesin ini buatan Taiwan. keadaan jalan kalau barunya Rp.29.500.000

    10. altosham…untuk spare makanan atau menyimpan makanan tenaga listrik atau

    sterno penghangat makananya…Rp 10.000.000;

    Items group B

    01.wash basin 1 hole…dengan rak di bawahnya.

    lebar 75 cm..

    tinggi 77 cm

    panjang 150 cm

    lobang pencucian panjang 50 cm, lebar 50 cm, dan dalam/ tinggi 30 cm

    Price..Rp.4000.000;

    02.frezer stainless 3 pintu untuk soft drink…di bawah bar.

    Panjang 190. cm

    lebar 65 cm

    Tinggi 83 cm.

    Merk machine williem

    3 pintu buka engsel

    price :Rp 9.000.000;

    03.Table work panjang

    panjang ; 230.cm.

    lebar 75. cm

    tinggi 83 cm. price: Rp.5000.000;

    04.tempat piring atau gelas 3 shelves

    lebar…..45 cm.

    panjang.. 166 cm

    tingi ….83.cm price: Rp. 4500.000;

    05.rak 4 selves

    panjang .. 176 cm

    lebar…..67 cm

    tinggi … 170..cm

    price: Rp. 6.500.000;

    06. kitchen table work for captain Order…consis of 2 big selves down and 2

    top small shelves for plate and captain order/ 4 rak table

    panjang 170 cm.

    lebar 75 cm

    tinggi 150 cm..Price..: Rp.6500.000.

    07.table work 2 rak. (plat atas dan plat bawah)

    panjang ; 112 cm.

    lebar : 85 cm

    tingi 83 cm + 2 cm kaki… price: Rp.2500.000;

    08.3 rak/ shelves table…

    panjang : 75. cm

    lebar : 82 cm

    tinggi : 140.cm.. price 3.500.000;

    09.wash basin panjang 3 wholes

    panjang 190 cm.

    lebar 72 cm.

    tinggi 83 cm, kaki 2 cm

    masing masing lobang panjang 50 cm lebar 50 cm.dalam 30 cm.

    Price : Rp.5.500.000.

    010. wash basin extra panjang 3 wholes

    masing masing lobang panjang 50 cm lebar 50 cm.dalam 30 cm

    panjang : 282 cm.

    lebar : 77 cm

    tinggi : 83 cm + kaki 2 cm.

    Price : Rp.6.500.000.

    011. . Mesin adonan roti merk sun Mack.bekas 2 bulan pakai masih komplit

    seperti baru, dan masih dalam kotak atau box aslinya dapat dari bekas hotel..

    pengaduk telur dan pengaduk adonan roti bentuk jari jari. dan tangan ulir

    capasitas 7 kg… Price; Rp.10.000.000.

    mesin ini buatan Taiwan. keadaan jalan kalau barunya Rp.24.500.000

    012. Meja table work wall side

    panjang 2 meter

    lebar 72 cm

    tinggi 83 cm

    Price. Rp 4000.000

    ada tersedia oven conveyor untuk pizza cooking processor ada 2 unit @ Rp 40 jt..kondisi second kalau baru 105 jt

    sekali lagi semua di atas untuk meja terbuat dari plat buatan jepang 304 bukan

    plat buatan india yang berkode 301, yang tentunya tahan karat

    Besar harapan kami kiranya dapat menjadi rekanan pengadaan barang di perusahaan
    Bapak, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    pitoyo
    hp: 0878 8038 7900 –xl sms kirim email untuk permintaan gambar

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!