Training of Trainer (ToT): Sosialisasi Model dan Panduan Instruktur Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa

May 25, 2010 by  
Filed under Pengadaan Barang Jasa

Selama seminggu kemarin yaitu dari tanggal 17 sd 21 Mei 2010, LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) menyelenggarakan Training of Trainer (ToT): Sosialisasi Model dan Panduan Instruktur Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa yang berlokasi di Hotel Park Jakarta. Training ini ditujukan untuk mensosialisasikan metoda pengajaran untuk materi pengadaan barang jasa yang disesuaikan dengan standar ilmu pendidikan dan pelatihan yang digunakan instruktur pengadaan barang jasa di berbagai instansi pemerintah. TOT ini diikuti oleh sekitar 50 peserta para instruktur pengadaan barang/jasa dari berbagai daerah dan instansi, dan saya sangat beruntung sekali dapat menjadi salah satu peserta dalam pelatihan ini. Terima kasih kepada LKPP beserta timnya atas undangannya yang sangat berharga untuk menambah pengetahuan saya yang masih sangat minim ini.

Training dan Sosialisasi Modul dan Panduan Instruktur Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) ini diselenggarakan oleh LKPP melalui Direktorat Bina Pelatihan Kompetensi, Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM LKPP yang pembukaannya dilakukan oleh Direktur Bina Pelatihan Kompetensi LKPP yaitu Bapak Dharma Nursani, didampingi oleh Bapak Mudji S dan Bapak Hafidz.

TOT LKPP

SumberPhoto: http://www.lkpp.go.id

Selama pelatihan ini para instruktur Pengadaan Barang Jasa diberikan materi tentang modul baru untuk pelatihan pengadaan barang/jasa tingkat dasar. Mulai dari materi Competency Base Training, Pengantar Pengadaan Barang/Jasa, Persiapan Pengadaan, Pelaksanaan Pengadaan Jasa Pemborongan, Barang, dan Jasa lainnya, Pelaksanaan Pengadaan Jasa Konsultansi, Swakelola dan materi tentang e-procurement (LPSE).

Kemudian diadakan FGD (Focus Group Discussion) untuk menjaring masukan dan saran-saran dari semua instruktur yang notabene  merupakan pengguna langsung dari modul yang akan dirilis ini. Banyak masukan baik tentang hal materi pengadaannya ataupun materi penyajian slide per slide. Kemudian juga dilakukan uji coba pengajaran dengan micro teaching untuk menguji waktu dari modul per modul apakah sudah sesuai dengan yang dialokasikan atau belum.

Modul ini sangat berguna sekali bagi para instruktur pengadaan barang jasa terutama dari segi materinya, dimana dengan modul baru ini maka akan ada keseragaman dalam hal materi ajar yang dipakai oleh para instruktur, juga dalam modul baru ini, metoda pengajarannya bukan hanya metoda ceramah saja yang digunakan, tetapi terdapat juga metoda diskusi dan simulasi serta latihan-latihan yang terkait dengan materi yang diajarkan. Sehingga diharapkan setelah diaplikasikannya modul ini maka peserta pelatihan pengadaan barang/jasa yang akan mengikuti ujian kompetensi pengadaan barang jasa, bukan hanya bisa lulus ujian tetapi juga benar-benar memiliki bekal keahlian yang cukup sebagai ahli pengadaan barang jasa tingkat dasar.

Selama seminggu ini banyak sekali ilmu yang saya peroleh baik secara langsung dari kelas pelatihan maupun dari hasil bersosialisasi dengan para teman-teman “senior” para instruktur yang tentunya lebih banyak pengalaman dan makan “asam garam” di bidang pelatihan, pendidikan, dan pengadaan barang jasa. Secara pribadi saya mengucapkan Terima kasih kepada Pak Dharma Nursani, pak Mudji dan pak Hafidz yang telah memberikan kesempatan yang sangat berharga ini, juga kepada teman-teman TOT semuanya yang telah banyak memberikan sharing dan pencerahan dalam segala hal. Semoga Allah Swt memberikan balasan yang berlebih amien… dan tentunya mudah2an bagi saya pribadi dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam hal pengadaan barang jasa baik secara teoritis maupun aplikasinya baik menjadi instruktur maupun sebagai panitia atau PPK PBJ di instansi.

Demikian laporan pandangan mata yang dapat saya sampaikan, kembali lagi ke tugas rutin di kantor sambil menunggu order baru untuk mengaplikasikan modul terbaru ini :)

Salam Tender dari Bogor

heldi y

tot lkpp

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi heldi.net via HP. 0817870910000 - BBM. 2940FD60 - email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: info@heldi.net , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

15 Responses to “Training of Trainer (ToT): Sosialisasi Model dan Panduan Instruktur Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa”
  1. Tulus Sipahutar says:

    Selamat Siang Pak Heldi,
    saya download modul pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai Perpres 54/2010 terdiri dari 10 Modul, namun begitu selesai di download Modul 2 tentang Persiapan Pengadaan Barang Jasa -1 tidak dapat dibuka/error.
    Mohon di share pak ke email saya : tulus.star@gmail.com , jika di file bapak ada modul 2 ini. Terima Kasih

  2. Tulus Sipahutar says:

    Salam Pak heldi, mohon ijin ngerepoti lagi ni pak.
    Mohon dibantu pak kali ini ya. di Share Pak Contoh Evaluasi Pelelangan Umum/Pemilihan Langsung Pekerjaan Konstruksi yang umum bapak pakai dan disesuaikan dengan permintaan Perpres 54/2010.
    Mohon dibantu yang masih baru ini.
    Salam.

  3. Tulus says:

    Salam Kenal Pak Heldi…
    Saya Tulus di Medan – sumatera utara.
    Mohon di share pak materi-materi yang di ajarkan di TOT Tingkat Dasar di LKPP tu.. Karena saya juga sedang mendalami mengenai PBJ ini dan juga berniat mengikuti TOT Tingkat dasar, hanya belum seberuntung bapak. mohon di share ke email saya ya pak : tulus.star@gmail.com

  4. dodi says:

    Mas heldi…salam kenal

    Aku rencana bulan april ini mau ikut pelatihan pengadaan barang jasa di Bandung…diadakan pusat studi keuangan daerah.

    Mohon info dan strategi supaya lulus ujian nasionalnya….katanya ada ujian nya mas…..

    Juga mohon dibukakan pintu silaturahmi

    dodi ahmad fauzi
    Ka sub bag Umum Adm dan kepegawaian
    PD Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor

    • heldi says:

      Salam kenal juga pak Dodi

      Hapunten baru dijawab, wah mau ikut ujian pbj yah pak… mudah2an lulus pak, karena 2012 PPK di daerah wajib bersertifikat.

      yang penting pertama motivasinya dulu, soalnya kebanyakan yg tidak lulus sih ya karena tidak ada keinginan untuk lulus atau tidak mau atau takut jadi PPK atau panitia pengadaan, kerena kalau kata teman saya sih dunia pengadaan itu bukan untuk para penakut :)

      Tips dan triknya, banyak juga sih pak, salah satu artikel yg pernah saya tulis adalah:

      http://heldi.net/2009/12/berbagi-pengalaman-ujian-sertifikasi-pengadaan-barang-jasa/
      tapi itu sudah agak lama, kalau mau kita ngobrol aja ya pak, kontak sy di 08787091000, skr sedang ada ToT di jakarta sd 1 april, setelah itu mudah2an kita bisa silaturahim :) mudah-mudah saya bisa sharing lebih tentang bintek dan ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa.

      Mungkin demikian pak, salam hangat dari Bubulak :)

      heldi y

  5. Nana says:

    Thans infonya, dimana dapat info untuk sertifikasi pengadaan lanjutannya pak.

    • heldi says:

      @Nana
      Untuk penyelenggara LKPP dapat dilihat di http://www.lkpp.go.id sedangkan untuk penyelenggara swasta sebenarnya banyak penyelenggaranya , salah satunya adalah yang pernah saya ikuti adalah di PSIK (Pusat Studi Ilmu Keuangan) bisa di telp ke mba Eva di 021-7076045 (ini bukan promosi loh, saya tidak ada effiliasi dgn PSIK, hanya pernah ikut ujiannya saja disana hehe…). Atau bisa mencari penyelenggara lain via google saja, pasti ketemu deh… banyak kok penyelenggara swasta yang menyediakan jasa tsb.
      Demikian om Nana, Terima kasih sudah berkunjung dan salam pengadaan dari bogor :)

  6. itempoeti says:

    mohon maaf…
    ijinkan saya untuk memohon bantuan anda untuk memberitahu kepada rekan anda : http://lyric13.wordpress.com/2010/06/10/analisis-politik-dibalik-heboh-video-mesum-mirip-ariel-luna-maya-dan-cut-tary/
    agar tidak melakukan copy-paste tanpa seijin dan tanpa mencantumkan sumbernya (http://itempoeti.com/2010/06/analisis-politik-dibalik-heboh-video-mesum-mirip-ariel-luna-maya-dan-cut-tary/).
    terima kasih atas bantuannya.

  7. modin says:

    dah lama ngak absen nii …

    Setelah sertifikasi tahun lalu, aku denger juga ada TOT, jadi pingin cepet tak selesaikan nii kuliah ku … kapan yaa aku daftar …

    sukses dan lanjutkan pak!

    modin
    http://mypengadaan.blogspot.com

  8. rie says:

    pa kbarr ny nichh…

    g mna bngun rumah ny dach selesai lum ???

    slam rie…

    • heldi says:

      Sudah pri… tapi sedikit bermasalah, minta doanya biar ada solusi terbaik untuk semuanya,
      gimana kabarnya di sebrang sana? semoga sukses dan lancar segala sesuatunya… amien…

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!