Pengumuman Lelang Pengadaan, LKPP Tunjuk Koran Tempo

July 1, 2010 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

tempo

Akhir-akhir ini sebenarnya sudah banyak inspirasi tulisan yang ingin dituangkan dalam blog “curhat” ini, namun karena banyaknya kesibukan akibat ” kesalahan” saya dalam pengadaan pemborongan rumah (silahkan baca di link-nya) saya yang nilainya Rp. 75jt dengan cara Penunjukan Langsung kepada pemborong referensi teman saya yang akhirnya berakibat pekerjaan yang tidak diselesaikan dengan baik.

Hikmahnya dari sisi pengadaan; kalau pengadaan tidak sesuai dengan keppres 80/2003, maka dijamin hasil dari pekerjaannya tidak akan maksimal 🙂 Untung saja ini bukan dana dari Pemerintah (APBD/APBN) sehingga tidak akan menjadi masalah dengan Bawasda atau BPK.

Tadinya saya akan menulis tentang pengalaman terakhir melakukan pengumuman pengadaan di koran Media Indonesia, namun ternyata muncul berita baru bahwa ternyata Koran Tempo yang terakhir ini naik daun dengan beritanya tentang Rekening Gendung para Jenderal, pada situs LKPP ada berita bahwa Koran Tempo berhasil memenangkan tender di LKPP dan dinyatakan sebagai pemenang dalam tender surat kabar nasional tempat pengumuman pengadaan barang jasa pemerintah. Dan hal ini tidak ada kaitannya dengan sedang meningkatnyapopularitas tempo akibat adanya pemberitaan tentang rekening gendut para jenderalnya.

Berikut adalah beritanya;

media indonesia

Sumber: lkpp.go.id (http://www.lkpp.go.id/v2/highlight-detail.php?id=9176208922)

Jakarta, 30 Juni 2010. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) akhirnya menetapkan Koran Tempo sebagai surat kabar nasional tempat pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah. Tempo berhasil mengungguli penawaran yang diajukan Koran Media Indonesia dan Koran Seputar Indonesia.

“Kami sangat bersyukur bisa bekerjasama dengan Koran Tempo dalam menayangkan pengumuman lelang pengadaan barang/jasa yang dilakukan instansi pemerintah,” ujar Plt Kepala/Sestama LKPP Agus Rahardjo dalam penandatanganan Surat Perjanjian Penayangan Pengumuman Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah antara LKPP-PT Tempo Inti Media Harian di Kantor LKPP, 30 Juni 2010.

Agus mengatakan, pihaknya menyambut positif terpilihnya Koran Tempo sebagai tempat pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah. Selain memiliki wilayah distribusi dan segmentasi yang luas, Koran Tempo juga memiliki semangat mendorong efisiensi keuangan negara seperti LKPP.

Meski demikian, sebut Agus, penetapan Koran Tempo sebagai tempat pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah telah melalui proses lelang yang bersih dan kredibel. Sebab, penetapannya juga sudah melalui proses verifikasi yang utuh.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa terus memperkuat upaya kita dalam meningkatkan kualitas pengadaan yang ideal bagi negara ini,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Direktur PT Tempo Inti Media Harapan Toriq Hadad mengatakan, kerjasama ini dilakukan pihaknya sebagai bagian dari upaya Tempo untuk ikut mendorong pelayanan instansi pemerintah kepada publik. “Ini memang salahsatu kebijakan yang diambil oleh Tempo selama ini. Ini terbukti, kami sudah mengikuti lelang ini selama 4 kali (meski baru menang kali ini),” ujar Toriq.

Toriq juga mengapresiasi lelang penawaran yang dilakukan LKPP secara terbuka dan transparan. “Di dalam proses verifikasi, kami mendapatkan kesan dan bukti bahwa tidak ada hal yang aneh-aneh. Jadi ini merupakan satu kebanggaan untuk bekerjasama dengan instansi yang bersih,” tambahnya.

Lebih jauh, Toriq mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung dalam penayangan pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah. Selain itu, sebutnya, pihaknya juga berkomitmen mendistribusikan koran yang memuat pengumuman lelang ke seluruh wilayah Indonesia agar pengumuman lelang bisa diketahui publik secara luas.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen I LKPP Emin Adhy Muhaemin mengatakan, penunjukan Koran Tempo sebagai pemenang koran pengumuman lelang pengadaan sudah didasarkan pada aturan lelang yang berlaku. “Dan dari semua peserta, Koran Tempo yang menjadi pemenangnya,” sebutnya.

Sebagai pemenang, Emin mengatakan, Koran Tempo akan menayangkan pengumuman pengadaan barang/jasa seluruh institusi pemerintah (pusat-daerah) mulai dari 10 Juli 2010 – 09 Juli 2011.

Terkait itu, terdapat beberapa butir kewajiban Koran Tempo dalam pelaksanaan pengumuman pengadaan barang/jasa pemerintah tersebut. Diantaranya, Koran Tempo wajib mengumumkan sekurang-kurangnya lima kali penayangan dengan biaya dari Tempo tentang penetapan hasil pemilihan surat kabar ini.

Selain itu, lanjutnya, Koran Tempo juga wajib memuat pengumuman pengadaan barang/jasa dengan ukuran font 8, spasi 1, dengan ukuran kolom iklan 4 cm. Tempo juga wajib mendistribusikan surat kabarnya ke seluruh ibukota provinsi minimal 100 ekspemplar setiap hari dan menyebarkan surat kabarnya sekurang-kurangnya 10 eksemplar bagi setengah dari 471 ibukota kabupaten/kota (236 kabupaten/kota) dengan memperhatikan pemerataan persebarannya.

Waktu pendistribusiannya juga disepakati selama satu hari sejak terbit di tingkat ibukota provinsi dan paling lambat 2 hari sejak terbit untuk pengiriman ke ibukota kabupaten/kota. Koran Tempo juga wajib memuat pengumuman lelang yang dipesan panitia pengadaan di halaman yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari koran, bukan suplemen.

Kewajiban lainnya adalah memuat pengumuman di surat kabar pada website www.tempointeraktif.com di hari yang sama. Data ini juga harus bisa diakses hingga akhir waktu di seluruh tahun perjanjian.

“Tempo juga wajib menayangkan rubrik tanya jawab pengadaan yang isinya disusun oleh LKPP untuk ditayangkan pada hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Berikutnya, Tempo juga wajib melaporkan pelaksanaan pekerjaan secara periodik dalam tiga bulan kepada LKPP tentang layanan pengumuman pengadaan ini,” paparnya. @humas

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

6 Responses to “Pengumuman Lelang Pengadaan, LKPP Tunjuk Koran Tempo”
  1. rina thenu says:

    mohon info jadwal ujian sertifikasi barang/jasa di bulan september atau oktober 2011 yang pelaksanaannya di wilayah timur (makassar,ambon,papua barat atau papua) beserta biayanya ..terima kasih

  2. alia.dita says:

    Para BENDAHARA DI INSTANSI PEMERINTAH harus benar-benar menerapkan slogan “Katakan Tidak Kepada Korupsi”. Bendahara Instansi harus hati-hati dengan penipu yang menelepon dengan meniru suara Kepala Instansi, seperti yang dialami oleh Bendahara LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah) pada 19 Agustus 2010. Bendahara LKPP ditelpon seseorang yang mengaku Kepala LKPP minta Bendahara membayar utang pribadinya dengan cara mentransfer uang ke rekening seseorang sebesar Rp15juta dan Rp35juta.Hati-hati modus serupa kabarnya sering digunakan untuk menipu Bendahara di instansi pemerintah/swasta.

  3. risma says:

    mohon info cara untuk mengumumkan pelelangan di koran Tempo…

  4. Husain Ali says:

    mohon informasi cntc person yang bisa di hubungi panitia pengadaan

  5. subandi says:

    mohon info jadwal ujian sertifikasi

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!