Perpres 54 tahun 2010 dapat menghemat anggaran

October 27, 2010 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Perpres 54 tahun 2010 dapat dijadikan senjata untuk menghemat anggaran pembangunan daerah, hal ini saya lakukan dimana dalam beberapa hari ini dilaksanakan kegiatan asistensi Rencana Kegiatan Anggaran (RKA SKPD) yang akan berlangsung sampai Jumat besok. Asistensi ini merupakan kegiatan para dimana dinas, badan, kantor dan UPTD dan semua SKPD di kota bogor untuk memberikan Rencana Kegiatan dan Anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2011. Di dalamnya berisi uraian dari kegiatan yang harus sesuai dengan RPJM (rencana pembangunan jangka menengah) dan mata anggaran serta nilai anggaran pembangunan per kegiatan yang akan dilaksanakan SKPD bersangkutan.

Nah dalam tiga hari asistensi ini, saya banyak menemukan mata anggaran belanja modal yang di dalamnya terdapat pengadaan barang/jasa dari berbagai SKPD yang dapat di rasionalisasi, “rasionalisasi” istilah yang lebih halus dari penghematan anggaran dengan memberikan alokasi nilai yang dapat dikurangi dari suatu usulan kegiatan sehingga dapat menurunkan defisit anggaran yang katanya sudah mencapai belasan milyar bahkan bisa membengkak sampai 20 milyar lebih.

Dari bekal pengetahuan tentang Pengadaan Barang/Jasa yang ada, lumayan banyak usulan yang dapat dikoreksi dalam perencanaan anggaran pengadaan barang/jasa. Hal ini banyak terjadi karena banyak yang belum mengetahui tentang adanya peraturan terbaru tentang pengadaan barang/jasa pemerintah, yaitu Peraturan Presiden nomor 54 tahun 2010 (perpres 54/2010) tentang Pengadaan Barang/Jasa. Kebanyakan perencanaan anggaran pengadaan masih berdasarkan keppres 80 tahun 2003. Dari koreksi ini tentunya banyak anggaran yang dapat di “rasionalisasi” sehingga dapat membantu menurunkan defisit anggaran yang ada.

Beberapa hal yang menjadi materi koreksi dalam perencanaan anggaran pengadaan barang jasa, adalah:

1. Paket pekerjaan dengan nilai antara 100 sd 200 juta untuk pengadaan jasa konstruksi/barang/jasa lainnya, yang sebelumnya harus dengan pelalangan umum sehingga muncul biaya pengumuman dan honor panitia pengadaan, maka dapat dikoreksi dengan menghilangkan biaya pengumuman dan honor panitia pengadaan dirubah menjadi honor pejabat pengadaan. minimal 5 juta dapat tuh dari satu kegiatan 🙂

2. Biaya Pengumuman Pelelangan dan Seleksi.

Dengan munculnya perpres 54 tahun 2010 dan koran tempo yang menjadi pemenang sebagai media koran pengumuman pengadaan, maka biaya pengumuman dapat dihemat dengan menghilakan pengumuman di koran propinsi dan sedikit menurunkan biaya pengumuman di koran nasional (tempo) karena pengumuman di koran tempo nampaknya jauh lebih murah dari sebelumnya.

3. Beberapa paket di bawah 50 juta dapat digabungkan menjadi pengadaan langsung atau pengadaan sederhana atau bahkan menjadi pelelangan/seleksi umum (bila memungkinkan), karena banyak pekerjaan yang sebenarnya sejenis dan dari segi lokasinya tidak menjadi masalah, dapat di gabungkan menjadi 1 paket pekerjaan, sehingga biaya honor pejabat pengadaan yang nilainya Rp. 500,000,- bisa dikurangi volumenya, yang tadinya 3 paket dengan 3 pejabat pengadaan plus pemeriksa barang, maka bisa disatukan mejadi 1 paket dengan satu pejabat pengadaan.

4. Pekerjaan Swakelola yang di dalamnya ada pemilihan penyedia barang/jasa terkait pengadaan alat/bahan yang seringkali dilakukan per triwulan, maka lelangnya di lakukan cukup satu kali saja untuk meng-cover alat/bahan selama satu tahun, dengan sistem kontrak harga satuan (bila diperlukan). Bahkan ada yang membagi menjadi 24 paket pengadaan dimana pekerjaannya di bagi menjadi 6 paket dan dilaksanakan per triwulan, jadi 6 x 4 = 24 kali pengadaan/pemilihan penyedia barang/jasa. Lumayan ini; ada 24 honor PPK dan panitia pengadaan (3  – 5 orang) yang bisa dicoret.

5. Ada pengadaan yang sebenarnya bisa dilakukan dengan multiyears, seperti pengadaan bandwith internet, dari pada lelang dua kali mendingan dibuat multiyears agar layanan internet idak terputus karena menunggu lelang.

Yah meskipun belum memperoleh angaka satu milyar, tapi minimalnya sudah ada usaha untuk mengurangi atau memangkas defisit anggaran untuk rencana kegiatan tahun depan.

Namun di satu sisi, ada beberapa hal yang sangat disayangkan dalam pembuatan usulan-usulan yang diajukan dari SKPD-SKPD, masih banyak usulan-usulan yang isinya hanya beberapa lembar RKA saja, tanpa dilengkapi dengan jadual, RAB, gambar, peta lokasi, dsb sehingga bagaimana bisa menganalisa isi dari RKA kalau dokumen pendukungnya tidak lengkap, kalau di BPK mah itu bisa dinyakatan DISCLAIMER tuh 🙂 belum lagi indikator capaian, hasil dsb dari program kegiatan yang diusulkan tidak nyambung sama sekali dengan program-program yang ada di RPJM.

Yang lebih parah dan menyesakkan adalah bila nilai anggarannya besar (milyaran), dokumen pendukungnya tidak ada… isi RKA nya pun dibuat asal-asal-an, hasil copy paste dari tahun sebelumnya, malah indikator kinerjanya semua sama untuk kegiatan yang berbeda, waduh bos… jangan kepengen paket pekerjaannya saja donk, apalagi ini nilainya milyaran yang seumur saya jadi PNS pun mungkin tidak sampai tuh jumlah gaji saya ini 🙂 dan itukan uang rakyat dan uang kita juga… yah kita sama-sama rencanakan dengan baiklah, mulai dari teknis pelaksanaannya sampai dengan administrasi-nya juga. Mulai dari pengadaannya sampai dengan pelaksanaan fisik pekerjaannya. Katanya ngakunya sih yang penting asal masuk dulu deh…, asal asistensi dulu deh… selanjutnya teu langkung “Bapak” …

Bale Binarum Bogor – Salam Hujan dari Bogor

heldi yudiyatna

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!