Pemeriksaan Pengadaan Barang Jasa oleh Aparat Pemeriksa

November 11, 2010 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Pentingnya Pemeriksaan Pengadaan Barang/Jasa

Laporan Bank Dunia (Country Procurement Assessment Report) menyebutkan bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah menghabiskan dana sekitar 60% dari belanja negara. Dari jumlah tersebut sekitar 10%-50% diperkirakan bocor dan Data KPK menunjukkan bahwa lebih dari 70% lebih kasus yang ditangani KPK merupakan kasus korupsi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menambahkan bahwa Total APBN 2009 untuk pengadaan barang dan jasa pusat dan daerah sebesar Rp1030 triliun.
Dari jumlah itu, 30% atau sekitar Rp300 triliun untuk membeli dan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang di dalamnya juga termasuk pembangunan infrastruktur jalan, irigasi, untuk pengadaan alat tulis kantor (ATK) , dan pengadaan mobil dinas, bangun gedung dan lainnya.
Berdasarkan hasil audit dan hasil penyelidikan lembaga internasional, terjadi kebocoran dan korupsi pengadaan barang dan jasa sebesar 25 hingga 30 persen atau rata-rata Rp75 sampai Rp90 triliun per tahun.

Dari hasil pemeriksaan Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) semester II tahun 2008 untuk Belanja Pemerintah Pusat yang berkaitan dengan Pengadaan Barang/Jasa ditemukan 115 kasus kerugian negara, 6 kasus berpotensi kerugian negara, 50 kasus kekuranga penerimaan, 27 kasus administrasi, dan 38 kasus ketidakhematan.

Hasil Pemeriksaan BPK terhadap belanja daerah lebih parah lagi, ditemukan kasus yang berkaitan dengan pengadaan barang jasa sejumlah 600 lebih kasus Kerugian Keuangan Daerah, 44 kasus Potensi kerugian , 350  kasus Kekurangan Penerimaan Daerah, dan 129 administrasi, dan hampir 200 kasus ketidakhematan dan ketidakefisienan.

Dari banyaknya kasus yang ditemukan baik di pusat atau daerah dari berbagai lembaga pengawas/pemeriksa dapat dilihat betapa pentingnya sebuah pemeriksaan terhadap pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Mulai dari pemeriksaan tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pemeriksaan legal drafting/kontrak pengadaan barang/jasa.

Ditambah dengan munculnya peraturan terbaru tentang pengadaan barang jasa yaitu perpres 54 tahun 2010, hal ini sebenarnya memberikan momentum yang lebih besar agar para pemeriksa dapat meningkatkan pengetahuannya dalam hal pemeriksaan pengadaan barang dan jasa. Sehingga pemeriksaan ataupun pembinaan yang dilakukan dapat lebih maksimal dalam pelaksanaannya.

Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan/training untuk Auditor atau Penegak Hukum seperti yang diselenggarakan oleh LKPP (lihat: Pengumuman Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengadaan Barang/Jasa Bagi Penegak Hukum dan Auditor) atau yang sudah dilaksanakan oleh BPK dengan pelatihan dalam hal pemeriksaan belanja terkait dengan pengadaan barang dan jasa, dapat lebih meningkatkan pemahaman betapa pentingnya pemeriksaan yang mendalam dalam proses pengadaan barang dan jasa dan meningkatkan kompetensi pemeriksa/penegak hukum dalam melakukan pemeriksaan pengadaan barang/jasa di lingkungan pemerintah.  Dan mudah-mudahan tentunya dengan meningkatnya pengetahuan para auditor atau penegak hukum harus/dapat diimbangi juga dengan semakin menurunnya tingkat temuan kasus-kasus pengadaan barang/jasa baik di pusat atau daerah melalui semakin meningkatnya kompetensi para pelaksana pengadaan barang/jasa 🙂

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!