Perpanjangan Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

March 5, 2011 by  
Filed under Pengadaan Barang Jasa

Sebenarnya sudah gatal tangan ini untuk mengisi postingan blog ini setelah beberapa minggu terakhir ini disibukan oleh kegiatan baik di kantor dan luar kantor (ah pura-pura sibuk kali… hehe…), namun baru bisa disempatkan pada hari libur nyepi ini sambil ngelembur di kantor karena harus “bayar hutang” dan menyiapkan materi presentasi untuk rapat lusa nanti, mudah-mudahan lancar deh semua kegiatannya.. amien…

Pada postingan kali ini, sekedar sekilas info saja, kalau-kalau ada rekan-rekan yang belum mengetahui tantang adanya peraturan terbaru dari kepala LKPP tentang tata cara perpanjangan atau konversi dan status sertifikasi ahli pengadaan yang mungkin rekan-rekan sudah miliki atau yang baru mengikuti ujiannya.

Perka LKPP (Peraturan Kepala LKPP) Nomor 8 tahun 2010 tentang Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
yang ditandatangani oleh Bapak Agus Rahardjo pada tanggal 31 Desember 2010, terdiri dari 39 pasal berisi aturan-aturan yang terkait dengan tata cara pelaksanaan Sertifkasi keahlian pengadaan barang/jasa pemerintah mulai dari jenjang, kompetensi, penyelenggara, tata cara perpanjangan, konversi sertifikasi, sanksi pelanggaran, IAPI, dsb. Berikut adalah hal-hal yang mungkin dapat menjadi point-point penting yang harus kita diketahui sebagai para pihak yang berkecimpung dengan pengadaan barang/jasa pemerintah:

1. Jenjang Sertifikasi Pengadaan

dalam pasal 4 perka ini diatur tentang jenjang Sertifikasi Keahlian yang dulunya dibagi menjadi L2, L4 dan L5, sekarang berubah lenjadi terdiri atas Sertifikasi Keahlian:

a. Tingkat Pertama/Dasar
b. Tingkat Menengah
c. Tingkat Lanjut

Pada pasal selanjutnya dibahas bahwa tingkatan jenjang tersebut haruslah memilih kempetensi sebagai berikut:

1) Tingkat Pertama/Dasar: Menjamin penguasaan kompetensi yg berkaitan dengan regulasi dan kompetensi teknis
untuk: PPK, Pokja ULP dan Pejabat Pengadaan

2) Tingkat Menengah: Menjamin penguasaan kompetensi proses PBJ yg mencakup perencanaan PBJ, pemilihan penyedia, manajemen kontrak dan logistik, dan pengetahuan manajemen aset serta kompetensi pendukung yg dibutuhkan dalam setiap tahapan proses PBJ (pengelolaan informasi PBJ, pengelolaan penataan dokumen, pelaksanaan persiapan PBJ dgn e-proc)

3) Tingkat Lanjut: Menjamin penguasaan kompetensi proses PBJ yg mencakup perencaaan PBJ, pemilihan penyedia, manajemen kontrak dan pengetahuan manajemen aset yang dibuthkan untuk PBJ yg kompleks dan atau pekerjaan dengan volume besar dan frekuensi berulang (penentuan strategi PBJ, penyusunan organisasi pelaksanan PBJ, pengelolaan manajemen resiko, pengelolaan program manajemen mutu, penyelesaian perselisihan, pelaksanaan kontrak, penanganan kegagalan kontrak, pengetahuan manajemen aset, dan pelaksanaan evaluasi kebijakan dan regulasi PBJ)

Dengan catatan untuk mengikuti ujian kompetensi selanjutnya harus memiliki sertifikasi, pada jenjang sebelumnya.

2. Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Pengadaan

Dalam pasal-pasal berikutnya pada BAB III mulai dari pasal 8 dibahas tentang tata cara penyelenggaran ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Penyelanggara Sertifikasi, Komite Sertifikasi dan pelaksanaan ujian sertifikasi, dimana LKPP fasilitator pelaksanaan Ujian Sertifikasi bagi yang ingin menyelenggarakannya, penyelenggara yang dapat menyelenggarakan ujian antara lain:
1. K/L/D/I
2. Lembaga /Badan/Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah
3. Perguruan Tinggi Negeri
4. BUMN/BUMD
5. IAPI Pusat
6. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Swasta

Untuk menjadi penyelenggara ujian, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti memiliki manajemen mutu pelaksanaan ujian sertifkasi, lulus verifikasi tempat pelaksnaan, dsb

Kemudian pada pasal 22 dijelaskan tentang siapa saja yang boleh mengikuti ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa pemerintah, yaitu:

Ujian Sertifikasi Keahlian Tingkat Pertama/Dasar dapat diikuti oleh:
1. PNS pada K/L/D/I
2. Penyedia Barang/jasa
3. Masyarakat

dengan persyaratan peserta ujian:
a. Pendidikan minimal SLTA
b. pernah mengikuti pelatihan PBJ sesuai dengan kurikulum deputi PPSDM atau berpengalaman selama 2 tahun dalam PBJP
c. tidak pernah mengikuti ujian sertifikasi PBJP dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kalender sebelumnya

3. Konversi Sertifikasi (L2, L4, L5 ke jenjang baru)

Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah bagian Ketentuan Peralihan yang mengatur tentang tata cara konversi serta nasib dan status dari sertifikat lama yang berformat L2 atau L4/L5. Dalam Bagian ini disebutkan bahwa Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan kategori L2, L4 dan L5 (Sertifikat Jadul/L2/L4/L5) dinyatakan masih tetap berlaku sampai dengan masa berlakunya habis. Kemudian ketentuan selanjutnya adalah:

- Sertifikat Jadul :) (L2/L4/L5) yang telah habis masa berlakunya maka harus mengikuti ujian kembali untuk memperoleh sertifikat dengan jenjang terbaru.

- Sertifikat Jadul yang masih berlaku dapat dikonversi menjadi Sertifikat Keahlian PBJP Tingkat Pertama/Dasar dengan masa berlaku selama 4 (empat) tahun tahun sejak tanggal konversi dan Konversi hanya dilakukan bagi sertifikat yang diajukan paling lambat 6 (bulan) sejak berakhirnya masa berlaku sertifikat (pasal 37 ayat 3).

Nah kalau yang sertifikat jadulnya sudah mau habis masa berlakunya, ayo cepat2 dikonversi rame2, kalau sudah habis lebih dari 6 bulan ya “kumaha atuh da… wayah na weee…” harus ikut ujian lagi :)

Mungkin cukup demikian yang dapat saya sampaikan, bila menginginkan informasi lengkapnya, silahkan bapak/ibu sekalian dapat mendownload file lengkapnya Perka LKPP Nomor 8 tahun 2010 di website LKPP, dengan alamat pada link di bawah ini:

Peraturan LKPP : http://www.lkpp.go.id/v2/content.php?mid=0029564157

Demikian saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan energinya, semoga yang saya sampaikan dapat berguna untuk menghadapi ujian sertifikasi PBJP nanti dan dapat diaplikasikan ketika bapak ibu menjadi anggota pokja ULP atau PPK, wah jadi seperti closing ngajar PBJ nih :)

Oke Tetap Semangat dan Tetap di “Opera Van Lelang” … Yo wiiiissssss :)

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi heldi.net via HP. 0817870910000 - BBM. 2940FD60 - email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: info@heldi.net , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

40 Responses to “Perpanjangan Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”
  1. CHARLES KALANGIE, S.ST., S,Sos says:

    Saya Charles Kalangie, S.ST., S.Sos PNS Dinas PU Kota Tomohon, Sertifikat Keahlian PBJ L.4, terinformasi berakhir 10 Mei 2014,…. Tanya apakah sudah masuk permohonan perpanjangan… Trims.

  2. Rudi Fahrizal Lubis says:

    Mas, mau tanya alamat kantor LKPP di Medan ada nggak?, kalau ada kami perlu konsultasi biar tidak jauh2 ke Jakarta.Mengenai pengadaan barang/jasa.. harapannya hasil konsultasi kami nanti ada berita acaranya…! mhn infonya trims.

  3. lasino,st says:

    Mohon maaf saya mau tanya apakah sertifikat saya dengan nomor surat :um.01.03/190/p2jn/vi/2013 tanggal 3 juni 2013 sudah selesai di konfersi, dan kalau sdh selesai dimana saya dapat diambil terima kasih sebelumnya.

  4. randhy says:

    Pak Heldy Mohon Kirimkan dulu alamat tempat tujuan berkas untuk pengajuan konversi L2 Pengadaan barang dan jasa. kami tunggu pak. dari Kab. Toraja Utara Prov. Sul-sel

  5. ALFIANSYAH,SST says:

    apakah sertifikat saya masih dapat di konversi lagi pak L4 april 2008 – april 2012

  6. sari says:

    pak, sertifikat saya berakhir april 2012, sampai sekarang belum diperpanjang, bagaimana cara memperpanjangnya? syarat-syaratnya apa?

  7. ULFA says:

    Sertifikat Jadul (L2/L4/L5) yang telah habis masa berlakunya maka harus mengikuti ujian kembali untuk memperoleh sertifikat dengan jenjang terbaru ==> Tapi yang saya bingungkan LKPP memperbolehkan memperpanjang sertifikat tanpa ujian dengan syarat masif aktif dalam pengadaan barang/jasa. bukankah ini aneh, jika sertifikat mati lebih dari 6 bulan, tentu yang bersangkutan sudah tidak aktif dalam pengadaan barang dan jasa. Bukankah demikian pak?

    • ULFA says:

      yang saya bingungkan LKPP memperbolehkan memperpanjang sertifikat tanpa ujian dengan syarat masif aktif dalam pengadaan barang/jasa. bukankah ini aneh, jika sertifikat mati lebih dari 6 bulan, tentu yang bersangkutan sudah tidak aktif dalam pengadaan barang dan jasa ==> maaf pak ini saya hanya dengar2, apa benar demikian?

  8. zoel says:

    mas,mau tanya neh,saya sudah punya serfikat BJ tingkat dasar,kebetulan serfikat mau habis masa berlaku,gimana cara sertifikaT saya,apakah masih berlaku???

  9. ELMANTOSAR says:

    Ada ga ujian sertifikasi di mdn tuk bln Desember?
    mohon infonya!!!!

  10. nicolo machiavelly b says:

    Saya telah mengirimkan surat konversi sertifikat barang dan jasa tertanggal terima tanggal 27 Desember 2012 jawabannya adalah saya belum melampirkan sertifikat sosialisasi Pepres 54 tahun 2010… saat saya suda memeliki sertifikat sosailisasi yang saya mau tanykan apakah saya boleh mengirimkan kekurangan persyaratan konversi yaitu sertifikat Sosialisasi Pepres 54 tahun 2010 kepada LKPP… sebagai syarat yang belum saya penuhi…?

    • nicolo machiavelly b says:

      Saya… Nama Nico telah mengirim persyaratan konversi sertifikat B/J yang diterima tanggal 27 Desember 2011 yakni nomor surat 520-330/Distanak/XI/2011.. sebagai jawabannya bahwa kami belum melampirkan sertifikat sosialisasi Pepres 54 Tahun 2010.. Saat ini kami telah mememiliki sertifikat sosialisai Pepres 54 tahun 2010 pertanyaan kami apakah kami boleh mengirimkan sertifikat tersebut untuk memenuhi kekurangan persyaratan dalam melakukan konversi terhadap sertifikat kami…?

    • heldi says:

      ya bisa… coba hubungi langsung ke lkpp bagian sertifikasi ya di http://www.lkpp.go.id

  11. Fai petola says:

    syarat konversi adalah seperti yang tertuang di LKPP, namun saya agak bingung contoh suratnya, dimanakah bisa saya dapatkan??

    • admin2 says:

      Mohon maaf, Pak Heldi nya seminggu ini sedang ke mentawai mengajar bimtek pengadaan barang jasa pemerintah untuk itu pertanyaannya sudah saya sampaikan via sms, dan berikut jawaban beliau yang saya ketik ulang “…Format surat pada intinya adalah surat permohonan untuk mengajukan konversi, sehubungan dengan banyaknya panitia pengadaan di kabupaten kami yang sudah habis masa berlakunya, me;aui surat ini kami mengajukan konversi sertifikat dari nama-nama berikut ini untuk ke sertifikat ahli pengadaan tingkat dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tuliskan nama dinas dan NIP nya dan lampirkan copy sertifikat lama plus sertifikat sosialisasi perpress 54 dan surat keterangan bahwa nama tersebut telah aktif dalam sekian tahun pada pengadaan barang jasa..”

      Salam Pengadaan dari Bogor
      _admin Heldi.net_

  12. aditya says:

    pak kalau sertifikat saya berakhir november 2012 ( L-4 2008 ) apa bisa konversi atau harus ujian ulang ?

  13. Parjimun says:

    Bgm cara Konversi ? diajukan kemana ?

  14. cek ly says:

    gimana cara liat pengumuman atau sertifikat di lkpp

  15. sutarno says:

    Instansi saya (Kodam V/Brw) sdh mengajukan perpanjangan/konversi dg surat B/1091/VIII/2011 tgl 4 Agustus 2011, sampai sekarang belum terbit. mohon petunjuk

  16. toma says:

    saya baru lulus sertifikaasi bulang februari 2012 pak. berarti saya masih tingkat dasar. untuk menjadi tingkat menengah dan tingkat lanjut apa bukti kita pak..apa ada pelatihan lanjutan untuk mencapai tingkatan2 tersebut

  17. heldi says:

    @adieli

    tidak ada biaya untuk konversi sertifikat… hati-hati itu penipuan pak…

    heldi y

  18. adieli zega says:

    kami sudah mengirimkan data tentang staf yang akan konversi sertifikat, tetapi oleh salah satu LPM di Medan meminta dana sebesar Rp.2.500.000,- per-orang untuk proses. tersebut. Apakah memang begitu prosedurnya, bukankah secara otomatis ketika diusulkan untuk konversi langsung diproses di pusat, dan kepada yang bersangkutan akan diinformasikan. Kami sangat kesulitan untuk menetapkan PPK pada tahun 2012 ini karena tidak ada yang sudah lulus, ujian sertifikasi. Mohon bantuan dan solusinya, sehingga penanganan program APBD di instansi tidak terkendala dan tidak efektif. terima kasih.

  19. eros says:

    sertifikat L2 juli 2008, ikut konversi tapi sampai 2012 belum menerima sertifikat perpanjangan/konversi, mohon informasi………

  20. RUSNI N. NASUTION says:

    Mohon maaf saya mau tanya apakah sertifikat saya yg di konversi sudah selesai thx sebelumnya.

  21. anto says:

    ooo begitu yaaaa …….

  22. syarkawi says:

    gimana cara konversi nya Pak ?

    • heldi says:

      @syarkawi

      bagaimana cara konversinya, coba hubungi ke BKD (kepegawaian) di instansinya… kemudian kumpulkan teman2 yang sudah habis juga masa laku sertifikasinya. Rame-rame diinventarisir dan diajukan konversi kepada LKPP.

      demikian, ditunggu konversinya :)

  23. wawa says:

    nice info…sangat bermanfaat pak…
    trims

  24. Andi yuli opu says:

    Sya lulus bulan februari 2010.., apakah sya tdk perlu ikut ujian sertifikasi lgi.? dan bagaimana prosedur untuk perpanjangan sertifikasi…dan mendaftar dimana??

    • Andi yuli opu says:

      @ Sya LUlus L2 tahun 2010 bln 2.., gmana untuk prosedur perpanjangannya…terus daftar dimana…biar mendapatkan sertifikasi yg baru kembali…?

  25. Israjuddin, ST says:

    @saya lulus bulan maret 2009, bgmana cara atau informasi berkenaan dgn konversi ujian setuifikasi barang jasa, apakah sya harus ikut ujian kembali, kalo tinggal konversi apa prosedurnya dan ikut dmana?

  26. enjoyriding says:

    numpang tanya pak…apa saja keuntungan dengan memegang sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa ini ? dan apakah dengan memiliki sertifikat ini bisa menjadi nilai jual dalam mencari pekerjaan yang diikuti pendapatan lbh tinggi ?

  27. Yusron says:

    Mas mau tanya, kalo saya sertifikat L2 tanggal 13 Juli 2007, dengan adanya perpanjangan sampai desember 2010. Berarti belum lewat 6 bulan dari berakhirnya perpanjangan. Apakah masih bisa dikonversi atau harus uijan lagi?

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. [...] Perpanjangan Sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah [...]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!