Layanan telemarketing dan konten handphone

May 30, 2011 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Curhat PNS online

Siang ini ketika jam istirahat, saya pergi ke bank permata untuk setor hasil ngamen ngajar pengadaan barang/jasa kemarin di beberapa instansi pemerintah. Setelah setor kemudian ke ATM untuk melakukan beberapa transaksi pembayaran dan akhirnya plus plos deh… ya sudah… sudah biasa kok namanya juga PNS selon VII, sebelum tanggal 7 sudah pas-pas-an lagi… ya mudah-mudahan “pas butuh pas ada rejekinya” namun ketika ada kebutuhan lumayan deg-deg-an juga menunggu ada rejekinya… atau “pas ada rejeki nya pas ada kebutuhan…” nah ini juga bikin pusing, baru saja setor sudah tipis lagi tabungannya… ya bersyukur aja deh masih ada rejekinya 🙂 Tapi bukan tentang hal ini yang ingin saya curhat-kan, tetapi adalah ketika saya memeriksa di atm, eh ternyata ada dua rekening baru yang muncul dalam rekening utama. Setelah di cek ke Customer Service, ternyata dua rekening baru tersebut adalah rekening yang baru dibuka atas dasar dari transaksi via telemarketing. Nah yang menjadi masalah adalah.. kok ada dua rekening baru, padahal saya hanya menyetujui/memesan untuk 1 rekening baru?

Akhirnya dibantu oleh customer service (CS) bank permata cabang kapten muslihat bogor, diteleponlah telemarketing dari bank permata dan setelah berkomunikasi barulah dapat dikonfirmasi dan dibuatkan komplainnya, kemudian harus menunggu 3 hari untuk ada kabar penyelesaiannya. Nah dari latar belakang masalah ini kemudian saya curhat dengan CS bank tsb yaitu mba diny, saya sampaikan bahwa sebenarnya saya merasa terganggu dan agak keberatan untuk selalu di telepon oleh tele marketing dari bank tersebut, dengan alasan sbb:

1. Saya lebih senang bertransaksi secara langsung, face 2 face

2. Bisa terjadi ketidakjelasan atau miss komunikasi, seperti yang dialami saat ini.

3. Ada beberapa produk yang ditawarkan, dan ditawarkan oleh beberapa tele marketer, sehingga kalau ada 4 produk dengan 2 tele marketer saja yang menawarkan, maka akan ada 4×2 = 8 telepon dalam 1 bulan yang menelpon untuk menawarkan produk tsb. Belum tele marketer dari bank lainnya atau penerbit kartu kredit, atau asuransi lainnya, entah dari mana juga mereka mendapat data nomor kita tuh?

4. Saya sedikitnya bisa merasakan bagaimana menjadi seorang marketer, sehingga kalau saya ditelepon dan kemudian menolaknya, saya harus berfikir dan menjaga perasaan operator tele marketer yang menelpon agar penolakannya tidak dirasa “kasar”, nah menjaga perasaan ini tentukan akan memakan energi hati, energi perasaan yang lumayan juga. Belum waktu dan pikiran juga… yang agak bikin BT adalah… pas hari libur… pas istirahat tidur siang… ada telepon… kirain dari siapa… ternyata menawarkan asuransi atau tabungan baru… cape dehhh.

5. nah kalau ada masalah, lumayan tuh 30 menit lebih untuk menyelesaikannya, belum nanti 3 hari kemudian saya harus menelpon 500111, waktu, pikiran dan hati lagi tuh harus keluar, belum pulsa handphonnya…

Dalam artikel ini saya tidak bermaksud untuk menjelek-jelekan bank permata, karena jujur, saya sangat puas dengan layanan dari bank permata yang lokasinya dekat kantor saya di balaikota, tellernya baik, tidak antri lama, plus ada layanan via mobile phone, sms, dan permatanet, semuanya bagus dan sangat membantu saya sebagai pengguna bertransaksi. Namun dalam beberapa hari atau minggu ini, saya merasa ada yang salah dengan beberapa perusahaan yang melakukan marketing melalui telepon/handphone atau istilah kerennya “tele marketing”. Salah yang lainnya selain penawaran beberapa produk perbankan via telepon tadi adalah penawaran konten melalui beberapa operator GSM/CDMA, seperti di antaranya:

1. Penawaran RBT via SMS, dengan isi SMS seperti “selamat anda berhasil memdapatkan RBT lagu kodok ngepet dari band kopet selama 14 hari, untuk berhenti kirim sms -unreg spasi <kopet> spasi lagu <kodok ngepet>”.

Nah masalahnya, saya tidak meminta berlangganan RBT, tahu-tahu ada RBT pada hp saya dgn lagu yang tidak saya senangi atau mungkin orang lain juga tidak senang dengan lagu tsb, kan yang dengar RBT di hp saya bukan saya yang punya hp, tapi adalah orang yang menelpon saya, knapa saya harus berlangganan lagu kopet?

Kan bisa unreg???!!! iya tapi kan saya harus melakukan sesuatu untuk hal yang tidak saya lakukan/minta, belum lagi hp saya adalah hp jadul dan hp yang sederhana sehingga agak kesulitan untuk menuliskan dengan format-format tertentu, hp saya pakai motorola F3C yang mana huruf smsnya besar semua, dan kalau baca sms tidak terlalu jelas apakah ada spasinya atau tidak, apalagi kalau ada kode/symbol tertentu, pastinya tidak akan kebaca 🙁

Kan bisa menghubungi CS (customer service) nya,???!!! Saya sudah coba… saya pakai esia nomor 0251 9101172, saya mendapat konten sms dari nomor 888, nomor tersebut ternyata tidak bisa menghubungi manusia, yang ada adalah penawaran kembali via suara komputer, dicoba sampai 3 kali, bunyi “haaaiiii saya nia, mobile jokey kamu yang akan bla..bla…bla…”, nah bingung kan…

Akhirnya setelah bertanya ke mr google, diperolehlah *999 layanan CS nya esia, dan saya akhirnya bisa berbicara dengan manusia di seberang sana. Melalui CS ini saya meminta agar layanan konten dalam esia saya diputus, dan saya tidak ingin ditelpon atau di sms untuk layanan konten apapun. Mudah-mudahan masalahnya bisa selesai nih, karena katanya butuh waktu 1×24 jam untuk menyesaikannya.

2. Penawaran via telopon langsung, tapi suaranya rekaman manusia dikomputer, “hai saya nia…. saya jordy kami baru jadian loh…” halah… siapa yang mau tau tentang hal tersebut???!! cuman masalahnya kalau hp tsb dipakai anak saya, kemudian disuruh menekan angka 1, dan diikuti, jadilah saya harus berlangganan sms tentang gosip-gosip nia dan jordi… Bagaimana unregnya juga tidak tahu, akhirnya nomor anak saya dibuang saja dan ganti yang baru, tapi bagaimana kalau muncul kejadian seperti ini lagi…. “hai saya heldi… saya baru update blog saya loh…” tidak semua orang mau taukan tentang curhat saya 🙂

3. Konten Otomatis, yang lebih parah ini nih; Saya punya modem yang diisi dengan telkomflash, kok bisa yah… kartu untuk data/koneksi internet, tiba-tiba berlangganan konten, sehingga ketika saya isi ulang 50ribu kemudian mau mengaktifkan paket UL 50k, ditolak karena “maaf pulsa anda tidak mencukupi”, ya tidak cukup karena dipotong oleh langganan konten, meskipun dipotong tidak seberapa, tapikan jadi tidak bulat 50ribu pulsanya, so tidak bisa register,

Kan cukup beli pulsa 5000rb saja???!! murah kok… saya akses malam-malam, mau keluar susah… kemudian akhirnya saya isi dengan 50rb lagi via mobile banking bank permata… (via mobile banking isi pulsa kelipatan 50rb) oke langsung terisi lagi 50 rb, so pulsa telkomflash saya sekarang 90rb-an… barulah bisa online lagi… tapi rese juga kan… ini pulsa 50rb atau 100rb??? Kejadian bulan berikutnya ternyata sudah aktifkan ul 50rb eh ternyata belum aktif… tapi pulsa sudah berkurang 50rb… saya isi lagi 50 rb… kirim sms UL ON, masih belum aktif tapi pulsa berkurang lagi 50rb??? aneh… akhirnya telepon lagi ke CS telkomsel 116, sama seperti CS yang lain, ditanya kapan transaksinya… ya kalau yang barusan sih ingat, tapi yang sebelum-sebelumnya… mana bisa diingat??? akhirnya tunggu lagi 3 hari… cape deeehhhh

4. Konten via popscreen di hp. Nah ada inovasi lain, yaitu adanya tampilan seperti sms, tapi bukan sms, yaitu seperti pop screen yang reguler dikirimkan setiap hari, isinya macam macam, mulai dari gosip sd hal-hal yang sebenarnya tidak saya butuhkan. Nah kalau “kepijit” okey saja pada saat popscreen ini muncul, maka pulsa kita akan dikurangi secara berkala…Nah akhirnya saya telepon ke CS nya lagi… ini saya pakai nomor Axis nih, saya sengaja coba operator yang lain… ternyata sama juga, akhirnya via operator Axis saya dibimbing untuk mematikan layanan pop screen ini.

5. Langganan Otomatis… ini dialamai ketika memakai operator fleksi… tiba-tiba muncul sms, selamat anda telah berhasil berlangganan facebook mingguan rp. sekian… loh loh… kalau mau facebookan via komputer aja mas, kok harus via hp???

Nah… modus-modus seperti ini mungkin belum ada atau saya tidak tahu tentang dasar pengaturannya, yang jelas hal-hal seperti di atas nampaknya sudah menjadi layanan yang biasa dalam kehidupan sehari-hari dan meskipun merugikan tapi tidak ada yang mengatasinya atau mencari solusinya bagaimana. Termasuk juga penawaran-penawaran produk perbankan via telepon, bisa saja kan kita sedang cape sehingga akhirnya diterima saja tawaran tsb, tapi di kemudian setelah kita berfikir secara jernih, ngapain yah saya ikut asuransi ini… nah kan???!!!

Jadi, lumayan juga… hal ini bisa mengkonsumsi waktu, energi (pas libur, istirahat, tidur siang eh di telepon), perasaan (mau nolak kasian juga), pikiran (mau unreg susah, telepon lagi ke CS nya), ya lumayan juga. Ternyata sudah banyak perusahaan2 yang menggunakan strategi ini untuk marketingnya, so dalam kehidupan kita akan muncul “”gangguan-gangguan” ini… MAU???

Demikian… semoga ada yang perhatian terhadapa masalah ini… amien… walohulam…

=====

Tambahan:

Baru saja saya telepon 116 untuk menyelesaikan masalah konten dalam telkomflash dan ternyata saya harus meng-unreg sengan kode-kode reg spasi bla bla bla… kemudian tidak ada pergantian pulsa dari aktifasi 2 kali yang gagal, karena meskipun saya gagal aktifasi tapi saya menggunakan fasilitas internet (gprs) sehingga pulsa saya hanya bersisa 7 ribu, padahal oke saya akses…. tapi tidak bisa buka apa-apa alias gagal terus… tapi pulsa habis sampai 40rb-an… dan itu terjadi 2 kali… gila…. dan akhrinya saya putuskan pembicaan dgn mba-mba di careline… “Saya berhenti saja dari telkomflash”!!!!

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!