Surga Dunia Pengadaan – Essential Procurement Programme

August 2, 2011 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Essential  Procurement Programme – LKPP & ISP3 (Australia Indonesia Partnership)

Modul – 2 Indentifying and Specifying Demand

Sungguh beruntung saya dapat duduk dengan teman-teman yang lain(semuanya 15 orang) untuk mengikuti kembali pelatihan Essential  Procurement Programme yang diselenggarakan oleh ISP3 (Indonesian Strengthening Public Procurement Program) – Australia Indonesia Partnership dan LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah). Seperti masuk kembali ke surga dunia Pengadaan Barang/Jasa, Pelatihan yang berlangsung selama 5 hari di hotel berbintang di Jakarta yaitu Hotel Sahid dari tanggal 25 sd 29 Juli 2011, merupakan lanjutan dari Pelatihan Modul-1 sebelumnya (Lihat tulisan: Tsunami Ilmu Pengadaan di Essential Procurement Skills). Essential Procurement Programme dibuka oleh Bapak Bima dari LKPP dan  Mr. Rob dari ISP3. Program ini merupakan program berkelanjutan (long way to go kata pak kepala sekolah ISP3 mah…), ada 8 modul yang harus diberikan dan sekarang ini baru menginjak ke modul-2. Modul-modul berikutnya akan diberikan pada bulan-bulan berikutnya secara berkesinambungan, mudah-mudahan bisa khatam nih mengikuti semua modulnya.

Pelatihan kali ini membahas tentang materi modul ke-2 yaitu Mengidentifikasi dan menetapkan kebutuhan atau dalam bahasa Mr. Rob adalah Indentifying and Specifying Demand, dengan dosen tunggal yaitu Mr. Rob Thompson, seorang Procurement Specialist dari UK. Tujuan dari pelatihan Essential  Procurement Programme Modul-2 kali ini adalah untuk memberikan kepada peserta pemahaman tentang proses mengidentifikasi kebutuhan pengadaan sampai pada memantau kinerjanya, sehingga pengadaan yang dilakukan dapat memenuhi standar yang diperlukan.

Disebut suatu keberuntungan yang sangat besar sekali dan seperti kembali masuk ke dalam surga dunia pengadaan barang/jasa karena bagi saya pribadi pelatihan ini seperti mengikuti materi (course) diploma internasional pengadaan barang/jasa atau bahkan bisa diangap sebagai studi awal atau matrikulasi untuk mengikuti studi lanjutan tentang pengadaan barang/jasa. Yang mana apabila mengikutinya dengan biaya sendiri tentunya mungkin tidak akan bisa saya ikuti mengingat keterbatasan finansial saya pribadi sebagai PNS yang “ahli staf” (bukan “staf ahli”, maklumlah resiko pencinta pengadaan harus siap menjadi korban pengadaan, sudah tidak bisa mengharapkan karir lagi di kantor.. hehe..). Begitu pula mengingat materi yang diberikan begitu “super”-nya sehingga dapat menggali lebih dalam sesuai dengan judul yang lebih dapat menggali esensi dari pengadaan, yang selama ini dilakukan hanya sekedar mengikuti aturan main atau payung hukum belaka tanpa mengetahui lebih didalamnya ada apa? mengapa? kapan? siapa? dan bagaimana (4W + H).

Kata-kata kunci yang diperoleh dan mudah-mudahan bisa dimengerti semuanya nih, antara lain adalah:

1. Harus bisa menetapkan kebutuhan dari pengguna kita, apa sih yang dibutuhkan? bukan want but need…

2. dari Need yang sudah diketahui (banyak-banyaklah bertanya katanya, what do you need???) kemudian ditetapkan bagaimana bentuk, maksud dan tujuan spesifikasi dari kebutuhan tersebut.

3. Kemudian tentukan jenis spesifikasi yang paling sesuai untuk pengadaan yang akan dilakukan apakah berdasarkan kinerja (performance) atau conformance, atau jenis-jenis spesifikasi kombinasi yang ada diantara 2 jenis tersebut seperti; brand, standar, bill quantity, dsb

4. Bagaimana strategi agar add value bukan add cost? Value Analisys & Value Engineering…

5. Bagaimana strategi agar bisa memaksimalkan kompetisi dan inovasi-nya?!

6.  Kapan menggunakan standar-standar yang berlaku baik di institusi, industri, atau pemerintah?!

7. Gunakan format penyusunan spesifikasi yang baik sehingga bisa amemenuhi 5 C’s (Clear, Comprehensive, Concise,  Consisitent, Correct) atau STMJK (Singkat padat, Tepat, Menyeluruh, Jelas, Konsisten).

dan materi terakhir adalah

8. Prediksi-prediksi atau forecasting sehingga spesifikasi kita dapat sesuai sejalan dengan berjalannya waktu baik dalam 1 tahun anggaran atau waktu pengadaan tersebut dilakukan.

Demikian mungkin sementara yang dapat dilaporkan… meskipun dengan beberapa keterbatasan baik dari pribadi dan yang lainnya, namun mengingat begitu pentingnya ilmu yang diperoleh mudah-mudahan semua yang sudah dijalani ini bisa segera 100% dipahami dan  “dikristalisasi” serta dapat sesegera mungkin diaplikasikan dalam dunia pengadaan barang/jasa yang begitu luasnya.

Mohon doanya…

Wasalam – Bulan Puasa, Ba’da Subuh di Bubulak Bogor…

 

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

One Response to “Surga Dunia Pengadaan – Essential Procurement Programme”
  1. Thomas says:

    Mantap ni Pak Heldi, bentar lagi saya pensiun nih, soalnya clientnya sudah selevel Pak Heldi semua…hehehe

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!