e-procurement – Kuncinya ada di ”Political Will”

February 8, 2012 by  
Filed under Berita dan Artikel Pengadaan

E-Procurement
Sumber: Majalah Kredibel LKPP edisi 1-2011
%heldi.net %tpengadaan barang dan jasa
AGUS PRABOWO
Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP
 
Bagaimana pendapat Anda tentang e-procurement? Apa yang menjadi hambatan e-procurement selama ini?

E-procurement itu pada prinsipnya mengubah pola pikir, dari sesuatu yang sifatnya manual dan rawan penyalahgunaan menjadi sistem yang elektronik sistemik yang mengurangi tatap muka, sehingga otomatis penyalahgunaan akan berkurang. Nah, tentu masuk ke arah itu ada sebagian pihak yang tidak senang.

Oleh karena itu hambatannya ada di situ, di political will. Contohnya, untuk menjadi bupati modalnya gede, pasti keluar uang dulu. Ketika terpilih, dia pasti ingin balik modal. Darimana? Caranya ya nyolong dari pengadaan. Gimana supaya bisa nyolong? Jangan pakai e-procurement. Sebab kalau pakai e-procurement susah nyolong-nya. Jadi yang pertama itu handycapnya ada di poliltical will. Sedangkan kalau secara teknologi sih gampang, tidak ada susahnya. Selama ini paradigma di pengadaan masih memandang proses pengadaan secara negatif.

Bagaimana pendapat Anda?

Menurut saya pengadaan ini mengubah kultur; kultur manusia Indonesia, terutama aparat atau penyedia barang dan jasa. Yang biasanya kongkalikong, atur-mengatur, menjadi terbuka dan kompetitif. Hanya dengan cara itu kita bisa maju. Dengan cara itu korupsi bisa hilang. Jadi pengadaan itu mengubah kultur. Ini bukan hanya pekerjaan klerek atau administratif saja, tapi pekerjaan mengubah paradigma.

Strategi untuk mengubah kultur itu bagaimana?

Banyak segi, tapi dari sisi manusia saya ingin mencetak sebanyak mungkin manusia yang mengerti kaidah pengadaan. Semakin mengerti maka akan ada self control.

Dari sisi sistem sendiri apakah sudah siap?

Sudah cukup lumayan. Dalam arti kata, sistem itu akan berjalan ideal kalau semua pendukungnya bagus. Listriknya bagus, jaringan internetnya bagus, SDM-nya oke, infrastrukturnya siap. Kalau di Jakarta atau Pulau Jawa, okelah. Tapi kalau di Kaimana sana ‘kan belum tentu.

Lalu untuk mengatasi soal insfrastruktur itu bagaimana?
Tak ada cara lain selain mengejar ketertinggalan. Point of no return, tak ada jalan mundur.

Target untuk penghematan anggaran melalui penerapan e-procurement sampai seberapa besar?
Tak ada target. Yang jelas targetnya adalah seluruh instansi baik di pusat maupun daerah harus mencoba e-procurement meskipun hanya satu paket mulai 2012. Dan itu wajib, sesuai Perpres No. 54/2010. Cuma satu paket saja kok, sebagian saja, tidak harus
semuanya.

Apa yang menjadi harapan atau keinginan Anda?
Harapan saya justru ada di pasar. Saya ingin itu tinggal beli di pasar, tak perlu lagi dilelang. Ini yang ingin dicapai lewat e-catalogue. Sehingga yang dilelang itu pekerjaan konstruksi saja. Harapan saya e-catalogue itu penuh barang-barang.

Kapan hal ini bisa terwujud? Mengapa?
Hmm.. mungkin 10 tahun lagi. Karena soal disparitas. Republik ini demikian bervariasi, luas, kompleks, dan beragam. Harga semen di Jakarta Rp 55 ribu per sak,di Wamena mencapai Rp 1,5 juta per sak.

Sumber Artikel:
Majalah Kredibel LKPP LKPP, dapatkan edisi lengkap majalah ini, download edisi lengkap Majalah Kredibel LKPP edisi 01/2011 disini:

Majalah Pengadaan

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi heldi.net via HP. 0817870910000 - BBM. 2940FD60 - email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: info@heldi.net , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!