Pentingnya (Buku) Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya

October 22, 2012 by  

Baca artikel lain tentang Bimbingan Teknis Pengadaan, Pengadaan Barang Jasa disini:

Susunan dalam satu naskah – Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya

%heldi.net %tpengadaan barang dan jasa

(P54 – P35 – P70)

Setelah beberapa kali mengajar pengadaan barang/jasa di beberapa daerah paska diberlakukannya peraturan perubahan terbaru dari perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa yaitu perubahan kedua – perpres 70 tahun 2012, ada satu hal penting yang harus diperhatikan terutama untuk para penyelenggara atau panitia dalam melaksanakan kegiatan bimbingan teknis pengadaan barang/jasa ini. Hal penting ini adalah penggunaan dari referensi atau buku perpres yang digunakan, dari beberapa kali mengajar saya melihat peserta menggunakan buku cetak perpres 54/2010 dan foto copian dari perpres 70/2012. Secara umum mungkin hal ini tidak masalah, namun dari sisi efektifitas dan efisiensi baik dari sisi penyelenggara ataupun dari sisi peserta dan juga pengajarnya menurut saya masih ada hal yang bisa di efektif dan di efesiensikan.

Dengan membeli buku perpres yang cukup tebal yang mungkin harganya beragam yang ditambah juga dengan lampirannya anggaplah misal harganya seratus ribuan lebih, ditambah dengan fotocopian perubahan perpres 70/2012, maka saya berkeyakinan anggaran senilai seratus ribu lebih per peserta akan habis terpakai, padahal
1. lampiran perpres 54/2010 yang setebal 1000-an halaman lebih, kemungkinannya sangat kecil untuk terpakai karena materi pembelajaran tingkat dasar akan lebih banyak di pasal-pasal perpres, dan kalaupun ada materi pada lampiran maka sudah di cover dalam slide dan modul yang juga dibagikan kepada peserta.
2. lampirannya pun sebenarnya sudah mengalamai perubahan juga, sehingga bagaimana bisa memakai lampiran perpres 54 tanpa perubahannya, akan menyesatkan juga itu.
3. Membuka dua dokumen (p54/2010 dan p70/2012) dan bahkan ditambah p35/2011 perubahan2 dari perpres 54 akan sangat tidak efektif efisien bagi peserta.
4. Dengan waktu JP yang masih ada yang menggunakan 30 atau 40 JP, maka waktu untuk instruktur dalam menyampaikan materi akan sangat terburu-buru sehingga dalam kecepatan peserta dalam membuka perpres sebagai referensi dalam pembelajaran akan sangat berguna dalam mengimbangi/menyamakan kecepatan mengajar instruktur dengan peserta training.
5. Dalam menjalani ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa yang kita tahu berisi 90 soal dengan waktu hanya 120 menit atau per soal jatah waktunya adalah 1 menit 20 detik, maka apabila menggunakan buku perpres lama dan membuka pula perpres 70 tahun 2012 perubahan kedua dan perpres 35 tahun 2011 perubahan pertama, wah tidak akan kekejar nampaknya…

Dari beberapa point di atas saya mengusulkan penggunaan buku konsolidasi perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah yang sudah disertai dengan perubahan-perubahannya yaitu pepres 35 tahun 2011 dan perpres 70 tahun 2012. Dengan digunakanya buku konsolidasi maka saya yakin akan terjadi efektifitas dan efisiensi baik dalam anggaran pelaksanaan kegiatan, kecepatan membuka peraturan sewaktu ujian, kecepatan belajar dan mengajar, dan tentunya terkait keseluruhan pemahaman dari para peserta bimtek pengadaan barang jasa. Untuk itu untuk lebih mengefektifkan dan efesiensikan pelaksanaan bimbingan teknis pengadaan barang/jasa gunakanlan buku konsolidasi perpres 54 dan perubahannya, dimana perpres 54 sudah di blend dengan semua perubahannya, begitu pula penjelasannya juga sudah termasuk di dalamnya.

Buku konsolidasi dapat diperoleh dari beberapa sumber berikut ini mulai dari yang gratisan, silahkan di download dan diperbanyak dan ada juga yang dijual berupa buku konsolidasi saja plus ada juga yang ditambah dengan konten lainnya.

Berikut adalah beberapa sumber buku konsolidasi yang dapat bapak/ibu peroleh:

1. Download di www.pengadaan.web.id , ini softcopy GRATIS, silahkan didownload pada menu DOWNLOAD dan di print kemudian diperbanyak dengan meng-fotokopi-nya, file ini adalah buatan saya sendiri sehingga tidak ada hak cipta yang dilanggar, saya sudah buatkan untuk para pecinta pengadaan seluruh Indonesia. Ini konsolidasi versi efektif efisien karena dalam format A4 hanya 80-halaman saja, kalau dengan format folio mungkin bisa kurang lagi, padahal di dalamnya sudah termasuk penjelasannya pula. Silahkan download disini (ada softcopy perpres 54/2010, 35/2011, dan 70/2012 juga):


www.pengadaan.web.id


2. Membeli buku hardcopy konsolidasi (softcopynya tersedi GRATIS pada no.1 di atas)
- Tersedia juga di http://www.pengadaan.web.id yaitu Buku Saku Pengadaan Barang/Jasa yang berisi perpres 54 blend dengan perubahannya, plus penjelasan di bawah pasal per pasal dilengkapi dengan daftar istilah pengadaan. Ini konsolidasi versi efektif efisien karena perubahan ditandai langsung pada kata atau kalimat atau pasal tergantung dari perubahannya sehingga dengan cepat dapat mendeteksi perubahannya, dan penjelasannya langsung muncul di bawah pasal-pasalnya dengan menghilangkan penjelasan yang isinya “cukup jelas”. Buku ini berisi 260 halaman, yang terdiri dari 95 halaman daftar istilah dan konsolidasinya sendiri 154 halaman dalam format A5. Buku ini tersedia Versi GRATISANNYA dalam bentuk softcopy ebook, silahkan dilihat saja di websitenya.
- Tersedia di blog nya pak Samsul http://samsulramli.wordpress.com, untuk info lengkapnya silahkan meluncur langsung ke TKP.
- Tersedia di blognya pak Khalid Mustafa http://www.khalidmustafa.info/, untuk info lengkapnya silahkan meluncur langsung ke TKP.

Silahkan dipilih buku konsolidasi perpres 54 disesuaikan dengan kebutuhan (need) masing-masing, semoga bermanfaat bagi semuanya.

Salam Pengadaan dari Bogor.

%heldi.net %tpengadaan barang dan jasa

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi heldi.net via HP. 0817870910000 - BBM. 2940FD60 - email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: info@heldi.net , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

3 Responses to “Pentingnya (Buku) Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010 dan perubahannya”
  1. Great Job Kang Heldy. Saya sudah beli 2 exp hardcopy konsolidasi melalui pak cecep. Sangat membantu dan ringkas. Mohon ijin huga donlot yang softcopy dikonversi ke pdf utk disebarkan ke insan pengadaan di Cirebon tanpa menghilangkan nama Akang di footer. Terima kasih.

    • heldi says:

      @pak EKo
      Lanjutkan pak, terima kasih sudah berkontribusi menyebarkan ebooknya, semoga bermanfaat bagi semuanya.

      Salam pengadaan dari Bogor
      heldi y

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. [...] dengan menghubungkan ketentuan BLU dan Perpres tentang pengadaan barang/jasa pemerintah: 1. Bila dicermati, Tahun penetapan peraturan terkait BLU (sebelum pp 74/2012) adalah sebelum tahun [...]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!