Training Pengadaan Barang Jasa Lhokseumawe Aceh

May 3, 2013 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Kata Lhokseumawe berasal dari kata Lhok dan Seumawe yang mana dalam Bahasa Aceh, Lhok dapat berarti dalam, teluk, palung laut, dan Seumawe berarti air yang berputar-putar atau pusat mata air pada laut sepanjang lepas pantai Banda Sakti dan sekitarnya. Kota Lhokseumawe terkenal dengan sejarahnya yaitu dengan munculnya Kerajaan Samudera Pasai pada abad 13 dan kemudian menjadi bagian dari kesultanan Aceh pada tahun 1500-an. Sekarang ini mungkin lhokseumawe sempat terkenal kembali dengan adanya perda larangan duduk “ngangkang” di motor untuk perempuan. Pada tahun 1990-an lhoksemawe merupaka kota Petrodollar dimana PT. Kertas Kraft Aceh(PT.KKA), PT. Pupuk Iskandar Muda, PT. Asean Aceh Fertilizer dan EXXON Mobil – Arun berada di sekitar kota ini. Dengan adanya pabrik-pabrik besar yang dimiliki kota Lhokseumawe, maka pertumbuhan ekonomi juga lumayan meningkat. Namun sekarang ini pabrik-pabrik besar tersebut sudah tidak beroperasi lagi sehingga pertumbuhan di kota lhoseumawe agak stagnan terakhir-terakhir ini.

Namun untuk pengembangan bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah, baru-baru ini mulai diaktifkan kembali dengan adanya bimbingan teknis pengadaan barang/jasa pemerintah yang mulai intent dilaksanakan oleh universitas negeri di lhokseumawe, yaitu Universitas Malikussaleh, universitas dengan nama sultan dari kerajaan Samudra Pasai ini menjadi pelopor dalam pengembangan keilmuan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah khususnya di daerah lhkoseumawe dan daerah Aceh pada umumnya.

Sejak pertengahan tahun 2012 dan pada tahun 2013  sekarang ini, unimal (universitas Malikussaleh) secara rutin setiap 2 (dua) bulan sekali menyelenggarakan bimbingan teknis pengadaan barang jasa/pemerintah, bahkan bukan hanya bimbingan teknis dasarPengadaan, sudah ada bimbingan teknis untuk menghadapi auditor dengan mendatangkan instruktur audit kondang dari pusdiklat BPK RI.

Dari beberapa kali bimbingan teknis pengadaan barang jasa tingkat dasar, memang tingkat kelulusannya masih belum bisa mencapai 50% lebih dan masih berkisar di angka 30%-an namun angka ini terus meningkat seiring dengan semakin meningkatnya profesionalsme penyelenggara yang dimotori oleh Bapak Razak dari LPPM (Pengabdian Pada Masyarakat) Unimal, bahkan pada bulan Mei ini, LPM Unimal sedang mengurus akreditasi untuk penyelenggara/lembaga penyelenggara pelatihan pengadaan barang/jasa pemerintah dari LKPP, mudah-mudahan segera terakreditasi yang pak Razak…

Selanjutnya untuk tahun 2013 ini Unimal akan melaksanakan bimbingan teknis pengadaan barang/jasa pemerintah pada bulan Mei ini direncanakan pada minggu pertengahan bulan dan kemudian setiap dua bulannya yaitu pada bulan Juli, September dan November akan secara rutin mengadakan bimbingan teknis pengadaan barang jasa pemerintah. Bimbingan teknis ini juga direncakan akan diselingi dengan bimbingan untuk menghadapi audit (tips dan trik menghadapi auditor) dan acara bimbingan teknis tingkat menengah untuk para ahli pengadaan yang sudah memiliki sertifikat pengadaan barang jasa yang ingin lebih mengembangkan ilmunya dala beberapa spesialisasi pengadaan seperti bimtek penyusunan spesifikasi teknis dan HPS, penyusunan dokumen kontrak, strategi pengadaan, serta bimbingan teknis penyusunan dokumen pengadaan dan evaluasi dokumen penawaran.

Demikian sekilas info dari Kota Lhokseumawe Aceh, untuk para pencinta pengadaan di daerah Aceh dan Sekitarnya silahkan apabila membutuhkan training pengadaan barang jasa pemerintah dapat menghubungi bapak Razak di nomor hp: 0811675201.

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.web.id

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.