Keluhan Service di Suzuki Pajajaran Bogor

September 9, 2013 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Rekomendasi Bogor

Melalui surat ini saya menyampaikan keluhan terhadap Authorized Suzuki Dealer – Citra Asri Buana (CAB)  Jalan Pajajaran Bogor atas mobil Suzuki Ertiga nopol F 1131 DI, yang dalam 2 kali service terakhir dilakukan di bengkel CAB.

suzuki

Berikut adalah kronologis peristiwanya:
–    Pada tanggal 22/5 pada bengkel CAB/Citra Asri Buana Bogor, dilakukan service untuk 10.000 km, dan diminta untuk merotasi ban sesuai dengan petunjuk pada buku manual resmi mobil Suzuki Ertiga.
–    Pada tanggal 13/8 pada bengkel CAB, dilakukan service 15.000 km.
–    Pada tanggal 28/8 saya baru menyadari bahwa 2 ban belakang mobil ternyata jauh lebih “gundul” dari 2 ban depan yang masih relatif tebal bunga ban nya.

Yang menjadi permasalahan adalah mengapa 2 ban belakang mobil tersebut bisa jauh lebih gundul dari ban depannya?

Dengan fakta pemakaian mobil sebagai berikut:
–    saya memakai mobil tersebut dengan cara normal, tidak dipakai balapan atau drift, tidak dipakai offroad, tidak memuat beban berat, bahkan mengangkut full penumpang sampai ke raw 3 belakang sangat jarang sekali (paling mengangkut full penumpang baru dilakukan 2 kali, waktu mudik lebaran kemarin dan waktu acara awal tahun baru 2013 kemarin).
–    Kilometer mobil baru 16.000 –an.
–    Mobil tidak pernah dipinjamkan, tidak direntalkan, benar-benar dipakai saya sendiri dan sekali-sekali (itu pun jarang) oleh istri saya, dan selalu parkir dalam pengawasan, atau setidaknya hampir tidak ada kemungkinan untuk terjadinya pemakaian atau “pe-ngoprek-an” mobil oleh pihak lain.
–    Service selalu dilakukan di bengkel resmi suzuki, dua kali service awal di cabang Ciawi (Duta Cendana Adimandiri/DCA) dan dua kali terakhir di cabang pajajaran Bogor (CAB)/Citra Asri Buana. Tidak pernah dilakukan di bengkel lain selain dua bengkel tersebut.

Dari data kronologis dan fakta tersebut di atas saya menyampaikan keluhan sebagai berikut:
–    Saya baru menyadari benar-benar bahwa ban belakang mobil ertiga berbeda jauh kondisinya dengan ban depannya setelah diingatkan oleh tukang cuci mobil langganan dan tukang cat mobil, yang mana seharusnya hal tersebut menjadi SOP dari bengkel resmi Suzuki, yaitu memeriksa kondisi dari mobil konsumen. Beberapa bulan yang lalu setelah ban dirotasi oleh bengkel CAB, istri saya sempat bertanya kenapa kok ban belakang agak gundul? Namun karena belum “ngeh” saya menjawab mungkin ini karena di rotasi yang mana ban serep turun sehingga satu ban kelihatan berbeda, padahal seharusnya kalau ban serep turun tentunya bukan lebih gundul, tapi seharusnya satu ban lebih tebal dari ban lainnya, itu pemikiran saya waktu itu (padahal dalam kenyataannya ternyata ban serep tidak diturunkan/rotasi). Tentunya hal ini akan jelas apabila ketika selesai atau pada awal mobil masuk untuk di service oleh CAB/Citra Asri Buana terdeteksi adanya ban yang di luar kewajaran/aneh, bukan malah terdeteksi oleh tukang cuci mobil dan tukang cat mobil!
Bengkel CAB telah lalai dengan tidak melakukan pemeriksaan terhadap keseluruhan kondisi mobil baik sebelum atau setelah service, apalagi service nya terkait dengan ban juga (rotasi ban).

–    Setelah di lakukan rotasi ban dan tentunya langsung di spooring atau balancing (saya tidak tahu persis treatment apa yang dilakukan, tetapi seharusnya dan pasti data detail tentang service  ada pada data di komputer CAB), seharusnya kondisi ban dan komponen penunjang lainnya (velg, shock, arm, dsb) akan lebih baik dan terkontrol dalam kondisi baik, tapi pada kenyataannya sekarang roda belakang menjadi gundul setelah dilakukan rotasi dan spooring/balancing oleh CAB?!
Bengkel CAB telah melakukan tindakan pada saat mobil diservice, saya tidak tahu secara teknis atau non teknis apa yang dilakukan oleh mekanik Bengkel CAB sehingga menyebabkan dua ban belakang saya dalam waktu 3 bulan atau 5000 km dari sejak di rotasi bisa langsung drastis menjadi gundul seperti kondisi sekarang ini.

Dari fakta yang ada dan apa yang terjadi sekarang ini tentunya pihak CAB harus dapat mempertanggung jawabkan apa yang terjadi dengan kondisi ban mobil sekarang ini.

Demikian keluhan yang dapat disampaikan dengan apa adanya, saya memberikan waktu 5 hari kerja pihak CAB untuk dapat bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan ban belakang mobil saya dan menyelesaikan keluhan ini secara baik.

Data Kendaraan Ertiga:
Nopol : F 1131 DI , tahun : 2012
No mesin : K148T1029433
Atas nama: Wiwin Dwi Krisna (Istri)

Data tambahan dan hasil komplain secara lisan:

Secara lisan saya sudah mengajukan komplain kepada pa Fikram Manajer Bengkel Suzuki CAB/Citra Asri Buana Pajajaran dan berbicara dengan para mekaniknya, berikut hal hal yang dapat saya dapatkan dari hasil komplain tersebut:

Pertanyaan yang saya ajukan adalah apakah ban ini adalah ban bawaan dari mobil ertiga saya ini atau bukan? Dan kok bisa dalam beberapa bulan saja kondisi ban menjadi gundul?

–    Para mekanik yang di belakang (bengkel) tidak ada satu orang pun yang menyatakan bahwa kondisi ban mobil janggal/aneh. Mereka bersikukuh bahwa ban gundul diakibatkan karena kondisi kaki kaki atau ban yang mungkin tidak normal (padahal kan baru di setting 3 bulan kemarin), sehingga hal tersebut adalah hal yang wajar, padahal mana mungkin lah kalau salah settingan bisa sampai se gundul ini, dan gundulnya tidak mungkin merata begini. Padahal kan mereka sendiri yang men setting nya.  Dari psikologisnya intinya mereka tidak mau disalahkan dan bersikap defensif. Mereka yakin bahwa ban adalah memang ban bawaan mobil dari awal dilihat dari nomor seri ban (462012 dan 452012) yang berurutan, padahal ada ertiga baru lainnya yang nomor bannya berjauhan (misal: 202013 dan 502013) berarti ertiga baru tersebut bukan ban bawaannya ya!?
Tapi pada intinya berbicara dengan para mekanik menjadi debat kusir yang tidak masuk logika secara umum, sehingga saya pun mempertanyakan bagaimana kualitas secara umum dari para mekanin di bengkel ini?

–     Pa Fikram melayani komplain saya dengan sabar dan baik dan berjanji akan melakukan penelitian. Sore dan besok harinya ditelepon beliau mengatakan bahwa kode ban apabila berurutan atau berdekatan maka dapat dipastikan bahwa ban itu adalah bawaan mobil tersebut, padahal seperti saya lihat di begkel lain ada ertiga yang kode ban nya berbeda jauh. Selanjutnya katanya beliau akan melakukan penelitian ke penyedia ban yaitu gajah tunggal dan akan menghubungi bila sudah ada kabar.

–    Ada satu orang lagi yang saya tidak tahu namanya, orangnya sedikit agak gempal dan rambutnya agak kurang, kulitnya agak putih. Orang ini yang pertama kali menerima komplain saya, tapi selanjutnya setelah mengetik dan memprint sesuatu dan diberikan ke mekanik belakang, saya ditinggal saja tanpa ada pelayanan selanjutnya, sikapnya acuh dan tidak terlalu perduli terhadap masalah saya dan malah kesana kemari, tidak ada sedikit komentar pun terhadap kasus mobil saya ini dan fokus ke konsumen lainnya, padahal beliau yang pertama kali menerima mobil saya.

–    Beberapa orang yang saya kenal yang sedikit banyak memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam dunia per mobilan (supir, teman yang ikut klub mobil, teman yang baru beli mobil juga)  diminta keterangannya dan mereka mengatakan bahwa ban ini seperti ban yang sudah dipakai 2 atau 3 tahun lamanya. Kemudian saya coba meminta second opinion dari bengkel resmi lain, manajer bengkelnya mengatakan bahwa ini memang janggal/aneh, tidak seperti di bengkel CAB yang mengatakan hal ini wajar wajar saja.

Photo ban ertiga yang tiba tiba gundul dapat di lihat di sini:

http://r3-ertiga.blogspot.com/2013/09/ban-suzuki-ertiga-gundul-pada-km-16000.html

Update per tanggal 9 September 2013

– Pa FIkram minta mobil ertiga saya untuk di data spooring dan balancing nya, namun saya menolak hal tersebut karena seharusnya data tersebut seharusnya sudah ada pada saat mobil ertiga di rotasi dan spooring/balancing di km 10000 dan pada dua minggu kebelakang saya melakukan keluhan ke bengkel CAB (Citra Asri Buana) pajajaran Bogor. Pada saat saya melakukan komplain mobil ertiga di naikan ke tempat spooring/balancing dan di katakan mobil normal saja dan ada data minus-minus begitu, seharusnya kalau SOP service dilaksanakan dengan baik tentunya data terakhir sudah ada di Suzuki Citra Asri Buana Bogor. Saya menolak permintaan ini juga karena saya sudah kehilangan trust/kepersayaan terhadap pelaksanaan SOP di bengkel Suzuki pajajaran bogor.

– Per hari ini saya ekpose surat keluhan saya secara online, baik via blog ini, twitter suzuki, facebook suzuki dan blog tentang ertiga, karena sudah dua minggu lebih sejak keluhan disampaikan belum ada jawaban yang pasti dari pihak Suzuki CAB atau dari Suzuki pusat. Sudah dua kali juga saya meghubungi halo suzuki di nomor telepon 08001100800.  Untuk selanjutnya surat keluhan akan disampaikan ke media lokal dan nasional baik online dan offline.

Update perkembangan kasus per 12 September 2013

– Hari Kamis, 12/9 mobil ertiga saya di ambil data spooring dan balancing nya via DCA Ciawi Bogor, terima kasih Pak Yatno atas perhatian dan bantuannya, untuk data spooring dan balancing dapat di lihat di blog ini : http://r3-ertiga.blogspot.com/2013/09/data-spooring-balancing-suzuki-ertiga.html

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share
Blog ini adalah versi lama dari heldi.net, silahkan kunjungi Blog baru di www.heldi.web.id

Comments

One Response to “Keluhan Service di Suzuki Pajajaran Bogor”
  1. That is very attention-grabbing, You are an excessively professional blogger.

    I’ve joined your rss feed and stay up for searching for more of your fantastic post.
    Also, I’ve shared your web site in my social networks

  2. rudemonk.com says:

    I really like reading through a post that can make people think. Also, thank you for allowing for me to comment.

  3. Hi! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers and starting a
    new project in a community in the same niche.
    Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a extraordinary
    job!

  4. Greetings! I know this is somewhat off topic but I
    was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for
    my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having
    problems finding one? Thanks a lot!

  5. Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your site, how
    can i subscribe for a blog web site? The account helped me a acceptable deal.

    I had been tiny bit acquainted of this your broadcast provided bright
    clear concept

  6. My programmer is trying to convince me to move to .net from PHP.
    I have always disliked the idea because of the costs.
    But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on several websites for about a year and am anxious about switching to another platform.
    I have heard good things about blogengine.net. Is there a
    way I can transfer all my wordpress content into it?
    Any help would be greatly appreciated!

  7. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this
    web site is truly good.

  8. Incredible points. Solid arguments. Keep up the good spirit.

  9. Hey would you mind sharing which blog platform you’re working with?
    I’m looking to start my own blog in the near future but I’m
    having a difficult time choosing between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.

    The reason I ask is because your layout seems different then most
    blogs and I’m looking for something unique. P.S Apologies
    for getting off-topic but I had to ask!

  10. You really make it seem so easy with your presentation but I find this matter to be really something that I think I would never understand.
    It seems too complicated and very broad for me. I am looking
    forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  11. Hello! Would you mind if I share your blog with my facebook group?
    There’s a lot of people that I think would really enjoy your content.
    Please let me know. Thank you

  12. g says:

    I think everything posted made a ton of sense. However, think about this, what if you added a
    little content? I ain’t suggesting your information isn’t solid, but
    what if you added a post title that makes people desire more?
    I mean Pengadaan Barang/Jasa, Cerita ttg Kota Bogor, PNS online is kinda boring.

    You should peek at Yahoo’s home page and watch how they create article headlines to
    grab people to open the links. You might add a related video or a pic or
    two to grab people excited about everything’ve written. In my
    opinion, it would bring your posts a little livelier.

  13. g says:

    Way cool! Some very valid points! I appreciate you writing this post plus the rest of the website is
    also really good.

  14. Thank you for the good writeup. It in fact was a amusement account it.
    Look advanced to more added agreeable from you!
    However, how can we communicate?

  15. g says:

    Wonderful items from you, man. I have understand your stuff
    previous to and you are just extremely wonderful.
    I actually like what you’ve obtained right here, really like what you are saying and
    the best way by which you are saying it. You
    are making it enjoyable and you still care for to keep it sensible.
    I can not wait to read much more from you.
    That is really a terrific site.

  16. gamefly says:

    Thanks for every other informative web site. The place else could I get that type of info written in such an ideal means?
    I’ve a venture that I’m just now running on, and I have been at the glance out for such
    information.

  17. Arabekodone says:

    http://loveawake.ru/ – ?????????? ??????????. ???? ????????? ?????????? ?????????, ??? ???????????, ??? ????????? ?????????.

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. Title

    […]Wonderful story, reckoned we could combine a couple of unrelated data, nonetheless truly really worth taking a appear, whoa did a single understand about Mid East has got much more problerms as well […]

  2. […] ini ada yang mendengar dan ada yang mencarikan solusinya, ya seperti pada komplain saya terhadap suzuki, meskipun cukup berliku namun ternyata ada solusi yang baik dari suzuki, so terima kasih suzuki, […]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.