Undang Undang Aparatur Sipil Negara

February 19, 2014 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Curhat PNS online, PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Beberapa waktu yang lalu di LKPP diselenggarakan paparan tentang Undang Undang aparatur Sipil Negara (ASN) dari Deputi Bidang SDM Aparatur Kementrian PAN & RB yaitu Bapak Iwan (Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl, S.E. M.Eng). Sangat menarik dan seru sekali, baik paparan dari pa Iwan dan tanggapan dari para peserta.

Berikut adalah beberapa pokok pokok bahasan paparan dari pa Iwan yang mungkin dapat berguna bagi para PNS atau aparatur sipil negara:

LATAR BELAKANG
Latar belakang penyusunan peraturan ASN ini adalah dari beberapa hal berikut ini
– data global competitiveness yang menempatkan Indonesia di urutan ke 5 di Asia setelah singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand. dan peringkat ke 38 di dunia.
– Faktor masalah terbesar dalam bisnis: korupsi dan birokrasi. Indeks korupsi di angka 32 dan urutan 118.

Untuk menjawab tantangan di masa depan dalam hal reformasi birokrasi, untuk memperoleh birokrasi yang bersih, kompeten dan melayani maka dibuat road map
2013 – Rule Based Bureaucracy (administrasi kepegawaian)
2018 – Performance Based Bureaucracy (Manajemen SDM)
2025 – Dynamic Governance (Pengembangan Human Capital)
dengan rencana fondasi aturan sebagai berikut:
– UU no. 39 tahun 2008 Kementrian Negara
– UU no. 25 tahun 2009 Pelayanan Publik
– UU Aparatur Sipil Negara (Peraturan Pelaksana: 19 PP, 4 Perpres, 1 Permen)
– RUU Sistem Pengawasan Intern Pemerintah
– RUU Administrasi Pemerintahan

Perbedaan besar antara UU ASN dengan UU Pokok Kepegawaian adalah antara lain:
di UU Pokok Kepegawaian yang namanya pegawai adalah PNS dan TNI Polri, Jabatan terdiri dari Jabatan Struktural dan Jabatan Fungsional
Di UU ASN, Pegawai terdiri dari; PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). dengan jabatan terdiri dari Jabatan Administrasi, Jabatan Fungsional dan Jabatan Pimpinan Tinggi.

PPPK dalam ASN adalah istilah baru yang mungkin sebenarnya menggantikan peranan tenaga honor dengan peranan yang lebih besar.
PPPK diangkat dengan perjanjian kerja sesuai kebutuhan organisasi untuk melaksanakan tugas pemerintah yang memiliki kedudukan sama dengan pegawai tetap PNS.
Hak dan kewajiban PPPK
Kewajiban PPPK sama dengan PNS, sedangkan haknya hanya berbeda dalam jaminan pensiun dan jaminan hari tua.
PPPK juga dapat mengisi jabatan yang sama dengan PNS.
Kemudian ada juga yang namanya Komisi Aparatus Sipil Negara (ASN) yang bertugas untuk mengawasi proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi.

Hal yang paling menarik juga yang disampaikan pa Iwan adalah tentang antisipasi dari recruitment Gen Y. Dari RJ Stone dalam kemenkeu & pertamina, 2013 menyebutkan 3 generasi yaitu:
– Baby Boomer (1945 – 1964)
– Gen X (1965 – 1979)
– Gen Y (1980 – 2000)
Gen Y ini memiliki karakteristik Cepat Belajar & Pintar, Kritis, Mobile, Melek Teknologi, Mudah bergaul, selektif memilih pimpinan, berorientasi tim, suka tantangan besar, tidak terintimidasi oleh atasan/senior.

Nah untuk mengakomodir Gen Y ini, sistem rekruitmen yang kompetitif, objektif, transparan, kemudian jenjang karir yang jelas serta promosi dan re-branding birokrat telah diakomodir dalam UU ASN terbaru ini.

Untuk jelasnya Undang Undang ASN dapat di download disini:
UU ASN


Kalau memerlukan slide paparan dari pak Iwan silahkan kirim alamat emailnya ya di komentar di bawah ini.

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!