Ahok dan Pengadaan Barang Jasa

August 21, 2014 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

agus_prabowoLembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah menggelar kegiatan Kuliah Umum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Kamis (14/08) di Jakarta. Kegiatan ini adalah rangkaian dari pelatihan pengajar pengadaan barang/jasa yang telah dimulai sejak Minggu (10/08).

Kuliah Umum diantaranya menghadirkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Thahaja Purnama sebagai pembicara yang didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia LKPP Agus Prabowo. Dihadiri oleh sekitar 100 insan pengadaan para pengajar dan calon pengajar yang sedang pengikuti pelatihan TOT.

Dalam pengantarnya, Agus mengatakan bahwa pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sebagai pembicara tidak lain karena komitmennya yang tinggi dalam melaksanakan reformasi birokrasi di pemerintahannya.

Selain itu, DKI Jakarta juga dipandang sebagai satu-satunya daerah dengan permasalahan pengadaan paling pelik. Sebagaimana diketahui, di tahun 2014 Provinsi DKI Jakarta mendapatkan alokasi anggaran sebesar 72 triliun rupiah, dengan paket pengadaan lebih dari 7000 paket, sementara jumlah SKPD yang melakukan pengadaan sekitar 100 unit.
agus prabowo dan ahok“Kita ingin memastikan semua yang terlibat di pengadaan menguasai aturan, termasuk para pengajar. Untuk itu kami menghadirkan Pak Ahok agar peserta kuliah umum dapat belajar langsung dan mendapat pencerahan dari pengalamannya memimpin Jakarta,” kata Agus.

Ia juga menghimbau para peserta agar selalu belajar tidak hanya dari sekitarnya, namun harus selalu antusias menggali ilmu pengadaan dari seluruh dunia. Diharapkannya, para peserta yang akan jadi pengajar nantinya dapat memberi masukan atau menggali metode-metode baru dan menjadi agen perpanjangan LKPP dalam reformasi pengadaan barang/jasa.

Dalam kesempatan itu, Ahok bercerita mengenai pengalamannya tidak hanya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta saja, namun ia juga bertutur mengenai pengalamannya saat menjadi Bupati Belitung Timur periode tahun 2005-2006.
ahokSaat itu ia mengklaim dapat menghemat pengadaan kendaraan dinas karena dilakukan dengan sistem beli langsung ke ATPM tanpa melalui proses tender. “Saya banyak dihambat, tapi jalan terus. Dengan melakukan itu saya bisa menghemat anggaran dengan selisih 10%,” katanya.

Ahok juga bercerita mengenai permasalahan pengadaan yang menimpa di DKI Jakarta saat ia mulai menjabat sebagai Wakil Gubernur mendampingi Joko Widodo dua tahun silam. Menurutnya, meskipun satu wilayah dengan LKPP, namun DKI memiliki banyak permasalahan yang pelik terkait pengadaan meskipun sebenarnya LKPP sudah mengeluarkan aturan yang memudahkan seperti e-katalog. “Di sini apa-apa tender. Alasannya banyak sekali, padahal apa sih susahnya menggunakan e-katalog?”

Ahok menilai, sebagai kepala daerah dirinya harus tegas dan memiliki komitmen yang tinggi untuk tidak melakukan korupsi sehingga pemanfaatan anggaran yang ada bisa dinikmati oleh masyarakat luas dengan baik. “Niatnya harus baik, tidak kompromi. Ingat saja man jadda wa jada (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil),” katanya.

Sumber: http://www.lkpp.go.id/v3/#/read/2762

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

One Response to “Ahok dan Pengadaan Barang Jasa”

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] akan memperoleh nilai. Nilai yang dikumpulkan para lurah inilah yang menjadi acuan apakah Ahok akan marah marah ke lurah nya atau akan memberikan hadiah/reward ya (hehehe maaf pa Ahok ya… […]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!