TOT LKPP Pengadaan Barang Jasa Pemerintah

August 10, 2014 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Pada tanggal 10 Agustus 2014 di hotel Aryaduta dekat Tugu Tani Jakarta oleh Direktur Pelatihan Kompetensi ibu Sarah Sadiqa dimulai acara TOT (training of trainer) Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Acara TOT ini dikhususkan untuk para peserta khusus internal dari LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah), peserta terdiri dari pns lkpp yang baru masuk tahun 2010-2013, beberapa eselon IV dan eselon III dan II juga ternyata ada yang mengikutinya. acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Pelatihan Kompetensi kedeputian PPSDM LKPP atas bantuan kerjasama dengan ADB (Asian Development Bank). Sebenarnya pembukaan baru akan dilaksanakan pada hari senin tanggal 11 Agustus 2014, namun materi sudah dimulai pada hari minggu ini untuk materi BLC (Building Learning Comitment) dan Kapita Selekta Pengadaan.

Ibu Sarah dalam sambutannya memberikan informasi bahwa pada tot ini akan lebih dititikberatkan pada materi tata cara melatih, kemudian nanti untuk kelulusan ternyata selain harus lulus pada saat pelatihan, selanjutnya nanti akan dilakukan pengujian langsung di lapangan dengan cara melakukan uji coba mengajar langsung ke bimtek pengadaan barang/jasa dengan didampingi oleh instruktur yang lebih senior. Nanti hasil kuisoner peserta pelatihan akan menjadi point penilaian juga. Selanjutnya bu Sarah berpesan juga bahwasannya “Mengajar itu bukan Bisnis” tetapi “mengajar itu harus menjadi dorongan hati (passion)”.

Selanjutnya ada sambutan dari pak Chani (Dharma Nursani) yang menekankan pada Integritas menjadi seorang pengajarq, beliau mengatakan bahwa Integritas adalah “Walk the Talk” jadi melakukan hal hal yang memang seharus dilakukan seusia dengan aturan yang ada. Kemudian beliau juga berpesan agar nanti kalau sudah jadi narasumber jangan sampai melacurkan diri/ilmu denganmeberikan pembenaran kepada hal yang salah, serta mewanti wanti terhadap masalah hukum yang banyak muncul dalam dunia pengadaan barang/jasa pemerintah.

Acara tot lkpp pada hari minggu dilanjut dengan Building Learning Comitmen sampai dengan sore hari, yang menghasilkan 4 komitmen bersama yaitu; 1. Fokus, 2. Disiplin, 3. Open Mind, 4. Serius tapi Santai.

Barulah malam hari pak Herry Triatmoko masuk memberikan materi tentang SPM I, SPM II, dan Green Procurement. Seperti biasa SPM I membahas tentang kuadran kuadran yang dibagi oleh nilai pengadaan yang dikombinasikan dengan pareto pada sumbu x dan dampak terhadap organisasi pada sumbu y nya. Kemudian SPM II membahas tentang supply positioning model dari sudu pandang penyedia. Terakhir bahasan pak Hery adalah tentang green procurement, salah satunya adalah adanya 4 area green procurement antara lain:
1. alat yg hemat energi
2. Mengurangi sampah
3. Daur ulang
4. Pengurangan Kebutuhan Energi

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

One Response to “TOT LKPP Pengadaan Barang Jasa Pemerintah”
  1. Anton Parongko', ST says:

    Slmt siang, saya PNS Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua sudah lulus L-4 dan merupakan anggota Pokja-ULP tertarik mengikuti Training of Trainers (TOT) PBJ dengan harapan suatu saat nanti bisa menjadi Instruktur Training PBJ. Mohon info bgmn prosedurnya agar saya bisa mengikuti kegiatan tersebut. Trm kasih sebelumnya.

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!