Cara Perpanjangan Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Nasional

January 6, 2015 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Seperti biasa yang ringan ringan saja, tetapi semoga bermanfaat bagi para ahli pengadaan ya… Kalau masalah masalah berat mah silahkan lah sudah ada para ahli nya yang kajiannya sudah seabreg ya… saya mah cukuplah badan ini yang berat ya… 🙂

“Assalamu’alaikum pa Heldy, saya “fulan” dari kabupaten Timur Indonesia. Saya punya sertifikat L-2 (atau L-4) dan sudah diperpanjang pada tahun 2011, dan akan habis pada Januari 2015. Apakah sertifikat ahli pengadaan saya masih bisa diperpanjang atau tidak ya pak?”

Itu adalah pertanyaan dari beberapa kali telepon di awal tahun 2015, sehingga agar dapat terinformasikan kepada semua stakeholder LKPP, berikut saya jelaskan bagaimana cara memperpanjang sertifikat keahlian dasar yang sudah atau habis masa berlakunya. Ini dia cara singkatnya ya, silahkan diikuti..

sistem-informasi-sertifikasiMasuk ke website: http://sertifikasi.lkpp.go.id/ – masuk ke menu PELAYANAN – lanjut masuk ke sub menu – Perpanjangan/Konversi Sertifikat.

Nah di dalam sub menu tersebut ada ketentuan jelas tentang tata cara perpanjangan sertifikat ahli pengadaan Nasional. Persyaratan umum untuk bisa diperpanjang adalah: selama yang punya sertifikat tersebut harus aktif dalam pengadaan barang/jasa di instansinya. Selanjutnya untuk administrasinya silahkan siapkan surat surat berikut ini:

a. permohonan perpanjangan secara tertulis ditujukan kepada Deputi Bidang PPSDM u.p Direktur Sertifikasi Profesi;
b. melampirkan keterangan aktif di bidang Pengadaan Barang/Jasa yang dibuktikan dengan keputusan pengangkatan, surat tugas dan/atau surat referensi melakukan pekerjaan di bidang Pengadaan Barang/Jasa dalam 2 (dua) tahun terakhir;
c. melampirkan salinan Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa;
d. mengisi log book Pengawasan Hasil (Surveillance). ( http://logbook.lkpp.go.id/logbook2/index.php)

Mudahkan, silahkan dicoba dulu, kalau ada kesulitan silahkan kontak saya ya 🙂



Selanjutnya satu kasus lagi kalau ada yang hilang sertifkat keahlian nya sehingga tidak punya salinan/copian sertifikat ahli pengadaannya, bagaimana nih untuk pengajuannya? Nah ini juga ada website tadi petunjuknya, yaitu harus membuat surat-surat sebagai berikut:

a. permohonan perpanjangan secara tertulis ditujukan kepada Deputi Bidang PPSDM u.p Direktur Sertifikasi Profesi;
b. melampirkan keterangan aktif di bidang Pengadaan Barang/Jasa yang dibuktikan dengan keputusan pengangkatan, surat tugas dan/atau surat referensi melakukan pekerjaan di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam 2 (dua) tahun terakhir;
c. melampirkan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
d. melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian setempat;
e. melampirkan Daftar Hasil Ujian yang telah diunduh di situs resmi LKPP (www.lkpp.go.id); dan
f. mengisi log book Pengawasan Hasil (Surveillance).

Satu hal lagi, pengajuan perpanjangan sertifikat ahli pengadaan, hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu paling cepat 40 (empat puluh) hari kerja sebelum berakhir masa berlaku dan paling lambat 120 (seratus dua puluh) hari kerja setelah berakhirnya masa berlaku Sertifikat Keahlian Pengadaan Barang/Jasa.

Oke semoga selamat dengan tetap menjadi ahli pengadaan barang/jasa nasional, tetap amanah – apa adanya – jangan mengada ngada – pasti ketika butuh apa apa… dijamin pasti ada ya…  so tidak perlu korupsi ya…  🙂

Salam Pengadaan dari Bogor

Tambahan per September 2015

Masalah yang sering muncul adalah, SALAH MENULISKAN EMAIL KETIKA REGISTRASI, ketika melakukan pendaftaran/registrasi kita salah memasukan alamat email, yang menyebabkan link konfirmasi yang dikirim melalui email tidak diterima dan proses menjadi menggantung, kenapa menggantung? karena email tidak ada diterima dan ketika harus mengulang registrasi maka akan disebutkan bahwa registrasi sedang dalam proses.

Solusinya adalah mengirimkam email ke pa Dahat yaitu di dahatriswanto@gmail.com yang berisi :

– Nama Lengkap, Nomor Sertifikat, Email Lama yang SALAH dan email baru yang aktif.

Selanjutnya jelaskan bahwa ketika registrasi telah melakukan kesalahan penulisan email, sebutkan saja bahwa mengetahui email ini dari blognya heldi (www.heldi.net) ya. Demikian semoga bermanfaat.

Info terbaru: Semua sertifikat keahlian pengadaan berlaku seumur hidup, sehingga tidak perlu perpanjangan perpanjangan kembali. Penggunaan logbook hanya untuk memonitor kegiatan dari para pengelola pengadaan saja. Informasi terkait masa berlaku sertifikasi berlaku seumur hidup dalam perka LKPP nomor 23 tahun 2015 dapat dibaca disini:
http://heldi.net/2015/01/cara-perpanjangan-sertifikat-ahli-pengadaan-barangjasa-nasional/#comment-52639

Lihat Video dan Materi tentang Pengadaan:
LES PRIVAT PENGADAAN
VIDEO PRINSIP PENGADAAN
VIDEO BUKTI PERJANJIAN
VIDEO ETIKA PENGADAAN – CONFLICT OF INTEREST
video grafis LKPP dan KPK
video Pengadaan sesi SWAKELOLA
Latihan Soal & Jawaban Ujian Sertifikasi Pengadaan
Perpres 4 tahun 2015 – Latihan Soal Online Ujian Seritifikasi Pengadaan
Buku Konsolidasi Perpres 54 tahun 2010 dan semua perubahannya
Latihan Soal Online

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

53 Responses to “Cara Perpanjangan Sertifikat Ahli Pengadaan Barang/Jasa Nasional”
  1. Jumirto says:

    Selamat pagi pak. Sy telah mendaftar logbook tetapi statusnya masih cek registernya statusnya : Register. untuk riwayat kegiatan statusnya masih : PROSES. Sebaiknya bgm pak? Nmr Sertifikat sy 121206532007751 atas nama JUMIRTO DWI BONGGA, ST. Kemudian pertanyaan berikut, jika sertifikat asli hilang, setelah dilengkapi berkas sesuai prosedur di atas. dikirim via pos atau sejenisnya saja, atau apakah bisa lewat logbook atau email ? Terima kasih jawabannya.

  2. Syafriman Thaib says:

    Salam Sejahtera. Pak, Saya sudah melakukan perpanjangan Sertifikat dengan nomor sertifikat 051226353898522 an. Syafrimn Thaib,SP, melalui Log Book LKPP pada Bulan Mei 2016 dan pada kolom status dinyatakan Proses, selanjutnya pada tanggal 22 Juni 2016 pada kolom status dinyatakan sedang proses adminitrsi , namun sampai dengan saat ini belum ada tindak lanjut mohon bantuan penjelasan, terima kasih.

  3. Selamat siang pak, sy mau tanya…saya bersertifikat no.051226353898522, sudah mendaftar di logbook lkpp…pada Mei.2016..sampe skr pada 22 Agustus 2016…masi statusnya register…sedangkan masa berlaku.sertifika saya sampe 22
    juni.2016…bagaimana ini pak? Mohon arahan..tks

  4. RUDY KARIYANTOKO says:

    saya sudah register pada hari jumat tanggal 12 Agustus 2016 dan sudah terkirim tapi kok belum dapat email jawaban ya. tksh

  5. toksetya says:

    Met pagi Pak, mau tanya saya coba registrasi lewat log book tetepi ketika mau melakukan pilihan kabupaten dan upload data kok gak bisa ya kenapa??? mohon pencerahan. terima kasih

  6. Yulius Christian Megati says:

    Pak saya mau tanya.. saya sdh registtrasi dan mengisi data dalam http://sertifikasi.lkpp.go.id/. tapi dalam menu pelayanan tidak terdapat sub menu perpanjangan/konversi sertifikat.. mohon dijelaskan, tks..

  7. syofyan says:

    asw. bapak mohon maaf ko ga ada menu perpanjangan/konversi sertifikasi ya? ini jadi bingung bagaimana cara perpanjangannya? kita sdh isi logbook dan sdh dpt akun verifikasi dari lkpp dan sudah diaktifkan. yang jadi pertanyaan utk perpanjangan scr onlinenya bagaimana?

  8. Tomy Hariadi says:

    Saya sudah registrasi, tapi belum mendapatkan email balasan untuk aktivasi..biasanya berapa lama mendapatkan email balasan?
    Terimakasih sebelumnya.

  9. Tomy Hariadi says:

    Saya sudah registrasi, tapi belum mendapatkan email balasan untuk aktivasi..biasanya berapa lama mendapatkan email balasan?
    Terimakasih sebelumnya

  10. wisnu chandra says:

    dari pengalaman saya emang setelah perpanjangan di approve via email ada waktu 5 bulan baru dikirim ke kantor, tidak tau mengapa sampai selama itu.mungkin karena beban kerja tinggi di LKPP oleh karena mari bersabar yang penting ikuti semua langkah di situs LKPP.(cmiiw)

  11. desri says:

    saya sudah daftar logbook brapa lama bisa dikonfirmasi ke email sy. dan bagaimana cara nya untuk mengetahui apakah register berhasil atau tidak..
    trimakasih

  12. oktaviyanto P. MALAS, S.Si says:

    Masa berlaku sertifikat saya telah berakhir pada bln maret 2015 tapi saya bln registrasi.

  13. Ondi says:

    Ass.Saya punya sertifikat L4 tp selma ini saya tdk terlibat di PPBJ/PPK,dikarenakan pd saat itu di SKPD saya sebagai Bendahara,terus sekarang sebagai penyimpan barang.Apa sertifikat saya bisa diperpanjang? Mhn infonya. Terima kasih

  14. Iqbal says:

    Bos.. saya ujian thn 2012.. dapet sertifikat L4.. tapi knapa nama saya tidak ada dlm daftar pemilik sertifikat?? Apakah karena saya blm register logbook??

  15. Nila says:

    pak, saya akan perpanjang sertifikat, saya sudah registrasi ke logbook, tapi blm di approve2. Saya telp ke ktrnya tidak pernah ada yang menjawab. gimana ya pak? apa yang harus saya lakukan?

  16. I Wayan Gede Darmada says:

    Maaf Pak saya sudah mengajukan perpanjangan sertifikat PBJ per Nopember 2014 dan juga lewat Logbook tanggal 22 januari 2015 namun belum ada konfirmasi apapun yg saya terima, mohon info ttg kelanjutannya.. trimaksih.

  17. Eko Raharjo says:

    Assalamu’alaikum, Mohon ijin bertanya pak… sertifikat saya sudah mati tgl.31-05-2015 dan sudah saya perpanjang melalui logbook lkpp tgl.09-09-2015…. tgl.10-09-2015 saya dapat jawaban dari admin bahwa sertifikat saya sudah diperpanjang. Pertanyaan saya pak : Apakah boleh saya menjadi pengelola barang/jasa (PPK/Pejabat Pengadaan) sementara sampai sekarang saya belum menerima sertifikat yang telah diperpanjang tersebut…..Terima Kasih. Wassalam.

  18. Delina says:

    Saya sdh registrasi bulan Mei kemarin kemudian login dan menginput semua riwayat dan pengajuan perpanjangan sertifikat serta surat keterangan dari Kadis. Dan Puji Tuhan, sertifikat PBJ datang ke kantor dikirim via Pos. Tapi hari ini sekedar mau lihat data2ku kembali kok susah ya? Padahal login menggunakan user name dan password yg sdh sesuai. Kenapa ya Pak?

  19. YOS says:

    MAU TANYA PA, APA KALAU SUDAH MENGISI pada loqbook, DAN BERHASIL DIKIRIM APA SUDAH OTOMATIS DIPERPANJANG? THANKS MOHON PENJELASAN.

    • heldi says:

      1. registrasi/daftar
      2. konfirmasi via EMAIL, dan konfirmasi pendaftaran
      3. LOGIN / masuk ke logbook
      4. isi kelengkapan data di logbook
      5. permintaan perpanjangan
      begitu prosesnya, kalau ada yang miss maka belum bisa perpanjangan

  20. nunuk says:

    saya sudah mendaftar bulan juni 2015 dan sudagh sukses. kenapa,, sampai sekarang tanggal 1 oktobor 2015 status nya masih register? sedangkat sertifikat saya berakhir bulan juni 2015 mohon arahan lebih lanjut, apa yang harus saya lakukan terimakasih.

  21. prahyu says:

    saya sudah daftar

  22. nunuk says:

    Selamat siang pak, sy mau tanya…saya bersertifikat no.051131971562880, sudah mendaftar di logbook lkpp…pada tanggal 15 juni.2015..sampe skr pada 1 oktober…masis statusnya register…sedangkan masa cberlaku.sertifika saya sampe 13 g
    juni.2015…bagaimana ini pak? Mohon arahak..tks

  23. nunuk says:

    Selamat siang pak, sy mau tanya…saya bersertifikat no.051131971562880, sudah mendaftar di logbook lkpp…pada tanggal 15 juni.2015..sampe skr pada 1 oktober…masis statusnya register…sedangkan masa berlaku.sertifika saya sampe 13 g
    juni.2015…bagaimana ini pak? Mohon arahak..tks

  24. WARIS TONDAKO, SPT. MAP says:

    Ass. Mohon kejelasan saya sudah melengkapi dokumen yang diminta tapi status saya di logbook ditolak padahal sejak lulus sertifikasi 2009 sampai dengan saat ini (2015) aktif di Panitia dan Pejabat Pengadaan B/J Pemerintah Kab. Gorontalo Utara. dimana sertifikat saya juga sudah dikonversi ke 4 tahun dan berakhir tahun 2015. Mohon kejelasan apa saya masih bisa memperpanjang…terima kasih

  25. Yulian says:

    Mohon Pencerahan Pak.Untuk pengajuan perpanjangan sertifikasi pengadaan barang/jasa apakah hanya lewat logbook lkpp saja atau surat usulan perpanjangan (print out) dikirim juga ke LKPP? kalau ya, mohon informasi alamat lkpp yang baru karena kabarnya alamat lkpp pindah. Mohon Petunjuknya. terima kasih

    • heldi says:

      LKPP baru mau pindahan akhir bulan ini, saya juga belum tahu nih alamat lengkap nya, mohon ditunggu ya, nanti kalau sudah pindahan di publish alamat nya ya, thks

  26. chi says:

    Saya dapat balasan seperti ini.

    Mohon Maaf, sertifikat PBJP dengan no sertifikat …… Atas Nama ……. tidak dapat kami perpanjang, karena Riwayat kegiatan belum terverifikasi (karena bukti keaktifan yang diupload belum lengkap/belum mampu menunjukkan nama Saudara dan jabatan dipengadaan/ Penandatangan bukti keaktifan) Pastikan Saudara telah mengupload bukti keaktifan di bidang pengadaan dengan lengkap. Ajukan kembali perpanjangan melalui buku kerja (log book). .

    Pertanyaannya, bukti keaktifan itu seperti sk ppk?? Diupload dmn? Krn di logbook sepertinya tdk ad bagian untuk upload sk yg aktif..

    Seingat saya upload sertifikat, pangkat terakhir, foto, dan surat permohonan.. terimakasih.

  27. yoo gunadi says:

    Salam Sejahtera. Pak, Saya sudah melakukan perpanjangan Sertifikat dengan nomor sertifikat 060910918535321 an. yoo gunadi,A.md melalui Log Book LKPP proses perpanjangan di urus oleh sekretariat ULP kab. Belitung Timur( dari tahun 2013 s/d 2014 saya anggota pokja ULP). proses ini dilakukan sekitar bulan mei 2015 dan pada saat ini saya tidak tahu hasilnya (diterima atau tidak tetapi saya telah teregister di log book) ketika saya konfirmasi dengan pihak ULP kab. Belitung Timur tentang sertifakat saya mereka menyatakan ada kendala dan ketika saya cek di website lkpp nama saya tidak terdaftar dalam kepemilikan serifikat PBJ untuk wilayah Bangka belitung tepatnya kabupaten belitung timur tetapi di status logbook status saya teregister. mohon bantuan penjelasan, terima kasih.

    • heldi says:

      Kalau sudah teregister, coba masuk (login), apabila lupa password masuk ke menu lupa password, nanti password akan dikirimkan ke email yang didaftarkan dulu. Kalau emailnya juga lupa atau tidak tahu (karena didaftarkan oleh sekretariat); kirim email ke pa Dahat ya. Coba dulu, selanjutnya dilaporkan kembali ya, terima kasih

  28. Kaoy says:

    Mohon pencerahannya Pak, saya sudah mendaftar di logbook lkpp dan sudah melengkapi semua persyaratannya! tanggal pengajuan berkas saya 04-8-2015 dan statusnya sudah diterima. yang menjadi pertanyaan saya, kapan kira-kira sertifikat saya dikirim ke alamat saya?

    Terima Kasih.

  29. Yosep Belek Letor, ST says:

    Salam Sejahtera. Pak, Saya sudah melakukan perpanjangan Sertifikat dengan nomor sertifikat 011108391586312 an. Yosep Belek Letor, ST melalui Log Book LKPP pada tanggal 25 Mei 2015 dan pada kolom status dinyatakan Proses, selanjutnya pada tanggal 11 Juni 2015 pada kolom status dinyatakan diterima, namun sampai dengan saat ini saya belum menerima Sertfikat, mohon bantuan penjelasan, terima kasih.

  30. anisah says:

    pak saya mau tanya untuk pegawai yg tugas belajar kan otomatis tidak terlibat dalam kegiatan pengadaan barang jasa selama 2 tahun terakhir, bagaimana cara memperpanjangnya?

  31. sesilia endang says:

    kalau kita memperpanjang sertifikasi tp sudah lewat masa berlakunya bagaimana pa….punya saya mati mei 2015

  32. Nur Inzana Gaus says:

    Asslm. Selamat malam pak. Sy sdh perpanjang sertifikasi pd awal bulan Maret 2015 kmr tp hingga saat ini sertifikasi di logbook saya msih yg lama. Pertanyaan saya kira2 butuh brp lama proses perpanjangan sertifikasi? Terima kasih, wasslm.

  33. Maskur Kadir says:

    Pak,saya mau tanya tentang perpanjangan sertifikat PBJP,dimana saya melakukan registrasi sesuai yang diminta pada loqbook dan saya uda terima verifikasi akun sertifikasi via email.
    Kira – kira kapan saya terima sertifikat yang telah diperpanjang tsb?
    Trmksh tak terhingga atas bantuannya,,,

  34. taufik says:

    Pak,saya mau tanya tentang perpanjangan sertifikat PBJP,dimana saya melakukan registrasi sesuai yang diminta pada loqbook dan saya uda terima verifikasi akun sertifikasi via email.
    Kira – kira kapan saya terima sertifikat yang telah diperpanjang tsb.

    terima kasih.

    • heldi says:

      Registrasi kemudian login
      Setelah login ada tombol perpanjangan sertifikasi
      Nanti scan an nya akan muncul di logbook dan hardcopy nya dikirim, begitu kata orang sertifikasi ya 🙂

      • Suryani says:

        Saya sudah registrasi, tapi belum mendapatkan email balasan untuk aktivasi..biasanya berapa lama mendapatkan email balasan?
        Terimakasih sebelumnya

  35. Nainggolan says:

    Pak, saya mau tanya soal log book Pengawasan Hasil (Surveillance)

    1. Saya sudah daftar tapi mengapa paket pengadaan yang saya tangani melalui LPSE, tidak otomatis muncul di History Kegiatan? Saya harus mengisi manual.
    2. Mengapa menu Pengajuan Perpanjangan tidak aktif?

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!