Akhir akhir ini saya sedang meneliti tentang content untuk elearning yang sedang dikembangkan. Salah satu aplikasi yang dipakai adalah scribevideo, ini adalah masukan dari seorang teman dari LAN  ketika sosialisasi e-learning. Sudah di install aplikasinya dan coba buat benerapa animasi, dimulai dengam versi iseng tentang keluarga dibuat oleh anak saya, kemudian yang serius tentang pengadaan.

Masalah muncul ketika saya ingin upgrade aplikasi ini, kok tidak ada fasilitas berbayarnya dalam videoscribe ini. Kemudian ketika masuk menu APPS store kok tiba tiba isinya jadi kosong. Tanya ke orang yang katanya ahli IT di kantor ternyata bingung juga. Akhirnya coba google seperti biasa, dapat solusi di forum apple, solusinya adalah reset factory setting, wah bisa hilang semua atuh, menyesatkan ini.
Akhirnya saya ingat dulu ada fasilitas pertolongam via telpon dari apple, cari di web nya apple, ada support contact, ya ternyata bukan kita yang telpon tapi mereka yang akan telepon… wow mantap kan!

Pantesan tadi saya coba telpon ke nomor 08001…. yang dulu pernah dipakai untuk konsultasi tidak diangkat angkat, ternyata mereka yang telpon. Di web apple masukan nomor kita dan dipilih kapab kita bisa ditelpon, saya pilih sekarang juga. Di klik submit… beberapa detik kemudian KRING… KRING… hp ku berbunyi dari nomor 08001… wow mantap! Halo dengan pa Heldy? Terdengar suara perempuan merdu dengan logat dan tatabahasa indonesia agak ke terjemahan kaku 🙂 tapi over all nyaman kok.
Tanya masalahnya apa? Di jawab ini aplikasinya nge blank… oke dimina IMEI dideteksi ipad air 2 wifi dan celular 128mb.

Oh oke… dicoba satu solusinya adalah: “power off ipad nya’
Setelah ipad nya mati off
“Lakukan hard reset, dengan menekan bersama sama tombol home dan tombol power disamping”
Tunggu sampai logo apple muncul.
Ipad nyala kembali dan walah… semua isi aplikasi di APPS muncul semua kembali… mantap!

Service of excellent dari apple, tidak percuma bayar mahal ya. Gadget bagus, prestis, kuat, aplikasi bagus, plus ketika error, di telpon pula untuk solusinya. Inilah inovasi out of the box, berbeda dengan main stream tapi sungguh sangat membantu customernya.

Selain dapat ilmu baru cara hard reset ipad, yaitu membersihkan sisa sisa temporary atau dump memory di ipad. Satu hikmah yang perlu diambil juga adalah tadi itu, gaya apple dalam melayani pengguna produknya. Mereka tidak mengikuti standar seperti brand yang lain, yang harus menelpon call center yang belum tentu aktif juga, dan belum tentu ada solusi juga. Apple malah yang menelpon custimernya ketika ada masalah. Kalau di pelatihan om jin (lohjinawi trinadi) ini sudah level tertinggi ini… padahal tanpa pendekatan spiritual atau agama, namun terasa puasnya sampai ke hati 🙂

Beda dengan sekitar saya nih,
“saya hanya melaksanakan tugas”,
“Ini bagian sayah ya, jangan diganggu’
“Menurut saya begini… bla bla bla..tapi ini silahkan kalau ada pendapat berbeda, tapi menurut saya harus nurut saya”
“Ya seperti biasa saja…”
“Kapan ada penugasan lagi?”

ipadKreatif dan inovatif donk seperi apple ini, tapi jangan merugikan yang lain ya.
So terima kasih apple dengan solusi dan cara yang mantap untuk melayani konsumennya.

Ini adalah blog versi lama heldi.net , untuk upate bira pengadaan treabaru Silakan kunjungi blog terbaru di www.heldi.net
Share