e-Katalog Lokal

November 9, 2015 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

E-Katalog Lokal yang sebelumnya hanya sekedar wacana, pada bulam kemarin telah dimunculkan dalam Perka LKPP terbaru tentang e-purchasing. Dalam perka 4 tahun 2015 tentang e-purcahing, diseubutkn bahwa. Usulan pencantuman Barang/Jasa pada Katalog Elektronik dapat dilakukan oleh:

  1. Pemerintah Daerah;
  2. Kementerian/Lembaga/Institusi; atau
  3. Penyedia Barang/Jasa

Jadi Kepala Daerah /Pejabat   yang   ditunjuk oleh Kepala Daerah menyampaikan usulan kebutuhan Barang/Jasa   kepada   LKPP untuk dicantumkan ke dalam Katalog Elektronik dengan memuat:
a.volume kebutuhan; dan
b.spesifikasi teknis.

Nanti daftar kebutuhan tersebut disampaikan ke lkpp untuk mendapat persetujuan layak atau tidaknya untuk tayang di e-katalog, setelah dinyatakan layak, maka Kepala Daerah membentuk Tim Pokja Katalog (lokal) untuk melakukan pemiliha penyedia untuk barang/jasa yang akan di e-katalog-kan.

Setelah Pokja ULP memperoleh penyedia dan barang/jasa yang akan dinaikan ke e-katalog (lokal), yang berkontrak adalah Kepala Daerah dengan peneyedia nya, selanjutnya keluar Surat Penetapan + Kontrak Katalog (Daftar Barang/Jasa beserta spesifikasi teknis, harga dan jumlah ketersediaan Barang/Jasa) yang akan Tayang di https://e-katalog.lkpp.go.id  .
ekatalo_lokal

Jadi silahkan apabila di Daerah atau kementerian ada kebutuhan rutin yang spesifikasinya sederhana, agar tidak ribet ribet lelang, maka masukan barang/jasa nya ke e-katalog lokal ya.

Proses katalogisasi akan dikerjakan oleh pemerintah daerah, tapi proses penayangan dibuat secara nasional, Produk lokal yang ditayangkan di nasional diharapkan bisa dibeli daerah lain. Katalog lokal bisa menjadi ajang promosi untuk di daerah lain.”

Dengan adanya katalog lokal dan nasional maka orientasi pengadaan tidak berdasarkan aspek prosedural dengan dokumen yang banyak dan lelang yang dilakukan berulang kali. “Prosedur sudah dipangkas, sehingga ketika masuk katalog, yang masuk sudah merupakan penyedia yang terverifikasi, informasi seperti harga, spek, nama penyedia sudah tercantum, yang kemudian tinggal dipesan, dibuat kontrak pengiriman dan pembayaran.”

Sampai dengan April 2015 tidak kurang  dari 30.000 produk yang ada di katalog nasional. Dalam perkembangannya diharapkan katalog bisa mencapai angka satu juta produk pada 2019 untuk mampu mendukung Pemerintah sebagai pelaku bisnis e-commerce.  Walaupun mengadopsi sistem online payment, hingga saat ini, mengenai masalah pembayaran, pemerintah belum bisa melakukan pembayaran di awal sebelum barang terkirim (e-payment) seperti yang lazimnya dilakukan pada saat pembelian online. Pengadaan barang melalui e-katalog saat ini belum sampai pada tahap e-payment, karena sedang dibangun skema pembayaran oleh kementerian keuangan untuk bisa dibayarkan secara daring, untuk mempermudah proses pengadaan sekaligus proses pembayarannya.

Untuk detail jelasnya silahkan download perka nya di link lkpp disini:

Perka 14 tahun 2015 LKPP

dan untuk power point nya dapat di download disini:

Slide Paparan Perka 14 tahun 2015 LKPP

Demikian semoga bermanfaat bagi para pihak yang berkecimpung dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Salam Pengadaan dari Bogor.

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!