International Public Procurement Conference (IPPC) 2016

August 5, 2016 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Berita dan Artikel Pengadaan

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bersama Universitas Udayana dan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia menggelar International Public Procurement Conference (IPPC) di Denpasar, Bali. Konferensi dua tahunan yang memasuki putaran ketujuh ini digelar selama tiga hari dari 3-5 Agustus 2016.

Mengambil tema “Trends In Public Procurement,” perhelatan ini akan membahas sejumlah isu yang sedang berkembang dari seluruh penjuru dunia , diantaranya adalah, Reformasi pengadaan barang/jasa pemerintah, Tata kelola, Regulasi dan Hal teknis pengadaan barang/jasa pemerintah, Pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (e-procurement), Pengadaan barang/jasa pemerintah sebagai alat sosial/ekonomis, Inovasi pengadaan barang/jasa pemerintah, Desentralisasi dan Sentralisasi pengadaan barang/jasa pemerintah, Modernisasi pengadaan barang/jasa pemerintah dan Berbagi pengalaman praktik pengadaan barang/jasa pemerintah di berbagi negara.

Kepala LKPP Agus Prabowo mengatakan, penyelenggaraan IPPC ke-7 membuka kesempatan bagi seluruh peserta untuk dapat bertukar informasi dalam merumuskan strategi dan kebijakan pengadaan secara tepat. Dengan demikian, para peserta diharapkan dapat menghasilkan gagasan sekaligus sistem manajemen pengadaan yang berkualitas dalam mendukung modernisasi dan reformasi pengadaan.

“Kita tahu, konferensi khusus bagi para praktisi, akademisi, pengambil kebijakan dalam bidang pengadaan barang/jasa pemerintah masih sangat sedikit. Melalui International Public Procurement Conference, kita bisa saling berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman. Saya berharap, kegiatan ini akan dapat memberikan kontribusi nyata bagi keberlanjutan reformasi pengadaan di Indonesia, “ tegas Kepala LKPP Agus Prabowo saat membuka IPPC ke-7 di Nusa Dusa, Rabu (03/08).

Selain itu, konferensi ini juga diharapkan dapat melahirkan pemikir-pemikir baru dalam dunia pengadaan barang/jasa pemerintah. Harus diakui, di Indonesia saat ini jumlah akademisi yang memiliki perhatian terhadap sektor pengadaan masih sangat sedikit. Hal itu juga terlihat dengan kurangnya disiplin keilmuan pengadaan di tingkat perguruan tinggi. Kondisi ini harus cepat berubah agar sektor pengadaan banyak muncul sumber daya manusia berkualitas yang dapat melahirkan ide-ide baru yang segar dan inovatif.

Selama lebih dari 10 tahun perhelatan IPPC, peserta yang hadir dalam konferensi ini terus meningkat. Tercatat lebih dari 150 peserta, baik dari kalangan akademisi, praktisi, maupun pemangku kebijakan dan sektor swasta dari berbagai negara turut hadir dalam acara ini. Selain itu, sebanyak 95 hasil penelitian pun akan disampaikan dan didiskusikan. Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah tokoh penting seperti Gubernur Bali I Made Mangku Pastika.

IPPC pertama kali diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat di tahaun 2004. Agenda dua tahunan ini kemudian berlanjut di Roma, Italia (2006), Amsterdam, Belanda (2008), Seoul, Korea Selatan (2010), Seattle (2012) dan terakhir kali diselenggarakan di Dublin, Irlandia pada tahun 2014. Dalam penyelenggaraan di Irlandia, mayoritas peserta menyetujui agenda ini akan berlanjut di Bali, Indonesia pada tahun 2016.

Sumber:

http://beritadewata.com/Seremonial/Berita-Seremonial/LKPP-Gelar-Konferensi-Pengadaan-Skala-Internasional.html

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.