Korupsi Motor Fire Ditahan – Damkar DKI 2011

September 11, 2016 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Kasus Pengadaan

Hampir tiap minggu ada saja yang ditangkap gara gara kasus pengadaan, entah karena para pengelola pengadaan yang kurang kuat kredibilitasnya, atau memang lagi dan masih tren kriminalisasi dalam pengadaan ya?

Mangga dibaca beritana nya dihandap ieu:

KEJAKSAAN Agung (Kejagung) sudah menahan dua tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pompa portable (motor fire) oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Pemprov DKI tahun anggaran 2011.

Menurut Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Fadil Zumhana, keduanya ditahan usai menjalani pemeriksaan. “Kedua tersangka sudah ditahan usai diperiksa,” ungkap dia saat ditanya soal perkembangan kasus pengadaan motor fire pada Dinas Damkar PB DKI Jakarta, Gedung Bundar Kejagung, kemarin.

Meski demikian, Fadil belum menjelaskan soal waktu penahanan kedua tersangka. “Kalau itu saya tidak hafal, tapi keduanya benar-benar sudah ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung,” tutur dia.

Selain kedua tersangka tersebut, Kejagung juga berencana menahan Rimawati, seorang tersangka lainnya yang diduga berperan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam pengadaan barang senilai Rp 31 miliar itu.

Namun penahanan tersebut ditunda lantaran yang bersangkutan mau melaksanakan ibadah haji. “Tadinya mau ditahan bersama dua dua tersangka yang lain. Tapi dia minta izin dua hari sebelumnya mau pergi haji, jadi kita tunda,” ungkap Fadil yang pernah menjabat Direktur Orang, Harta dan Benda (Oharda) pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum.

Fadil juga berencana akan memanggil mantan Kadis Damkar PB DKI Paimin Naiputupulu, karena pernah mangkir dalam pemeriksaan. Namun ia belum menentukan kapan waktu pemanggilan tersebut. “Tidak tahu ya, itu nanti,” tandas dia.

Paimin N?apitupulu pernah dipanggil untuk dimintai keterangan sebagai saksi, 28 April lalu. Namun, ia tidak hadir tanpa keterangan. Selain Paimin, ada belasan saksi yang lainnya yang turut diperiksa untuk diminta keterangan.

Dari pemeriksaan para saksi telah ditemukan titik terang tentang adanya indikasi korupsi. Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan, penjemputan paksa dapat dilakukan jika saksi tersebut tidak hadir tanpa keterangan yang layak menurut Kejagung.

Akan tetapi, Kejagung bisa saja kembali melakukan panggilan seperti biasa jika alasannya dapat dimaklumi penyidik. “Selama ada alasan itu sah, itu hal biasa. Tapi Kejagung punya kewenangan itu (jemput paksa),” tandas Boyamin.

Untuk memperkuat alat bukti, penyidik pernah memeriksa secara maraton sejumlah saksi di antaranya Zulkifli (mantan lurah Cideng dan Eddy Syamsuddin (mantan lurah Petamburan). Selain itu, penyidik juga memanggil Camat Cempaka Putih, Andri Ferdian. ?

“Para saksi diperiksa terkait penerimaan pengadaan barang untuk pemadam kebakaran dan penaggulangan bencana beserta kelengkapannya. Penyidik ingin memastikan penerimaan alat tersebut telah dituangkan dalam berita acara serah terima barang atau tidak,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung M Rum.

Sumber:  http://indopos.co.id/tersangka-korupsi-motor-fire-ditahan/#sthash.p4ztJ7EM.dpuf

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!