Sosialisasi e-Katalog LKPP bersama Philips

October 14, 2016 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa, Penyedia Barang/Jasa - Supplier

Akhirnya doa pada postingan sebelumnya (baca: sosialisasi e-katalog LKPP) bisa terkabul juga 🙂 pada hari selasa 11 Oktober 2016, LKPP bersama philips melakukan sosialisasi tentang e-katalog dan produk dari philips yang sudah masuh e-katalog. Acara dilaksanakan di Hotel Novotel Balikpapan selama sehari penuh mulai dari pagi sampai sore. Pada sesi pertama heldi.net mewakili dari lkpp memberikan paparan tentang apa itu belanja melalui e-katalog serta tatacara belanja dengan cara e-purchasing, selanjutnya pada sesi siang dilanjutkan dengan paparan produk knowledge dari Bapak Kuncahyo isnaedi atau akrab dipanggil pa Is yang merupakan National Sales Manager Philips. Pa Is menjelaskan apa kelebihan dan keunggulan dari lampu LED philips, serta memberikan gambaran tentang bagaimana perencanaan dalam sistem pencahayaan baik untuk ruangan, jalan, atau bahkan sampai ke stadion dengan ukuran besar.

philipskatalog

philips

Berikut beritanya dari koran lokal:

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) mendorong pemerintah daerah menyampaikan data-data barang dan jasa yang selama ini menjadi kebutuhan satuan kerja di masing-masing unit pelaksana lelang. Nantinya, data-data ini akan dimasukan dalam data base e-katalog daerah yang dibuat LKPP.

Direktorat Pelatihan Kompetensi Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Heldi Yudiyatna mengatakan saat ini sudah memiliki e-katalog nasional yang didalamnya terdapat lebih dari 60 ribu item jenis barang/jasa pengadaan lelang pemerintah. E-katalog ini sudah berjalan selama dua tahun. Karena itu, menurutnya, saat LKPP sedang berupaya membentuk e-katalog daerah yakni sesuai dengan kebutuhan daerah. “Kita endorse untuk lokal juga mengusulkan katalog khusus kebutuhan lokal. Nanti, apabila kebutuhan lokal sudah mereka usulkan nanti eksekusi dilakukan tim Pokja katalog daerah atau ULP-nya. Tapi ULP harus dimatangkan jangan hanya adhoc harus yang permanen, bentuk badan layanan pengadaan,” jelasnya dalam sosialiasi e-katalog yang diselenggarakan LKPP dan Philips, Selasa (11/10).



Dalam praktek e-katalog, awalnya pemasukan data barang jasa dalam e-katalog berasal dari usulan penyedia namun prakteknya tidak sesuai kebutuhan user (satuan kerja). “Makanya setahun belakangan ini kita merubah kebijakan dengan mengambil kebutuhan dari satker atau user. Itulah yang kita prioritas dinaikan dalam e-katalog. Kayak Kementerian Perikanan kebutuhan kapal, Polantas kebutuhan TNKB, BPJS kebutuhan kartu, obat-obatan, buku sekolah,” jelasnya.

Namun, diakui masih menunggu daerah dalam menyampaikan jenis kebutuhan barang jasa yang dibutuhkan untuk disampaikan ke LKPP. “Belum banyak yang sampaikan usulan kebutuhan. Kita minta daerah sampaikan usulan kebutuhan untuk nanti dibuatkan dalam katalog daerah,”ujarnya.
Hal ini diakui masih kurangnya sarana sosialisasi ke daerah-daerah luar dan juga banyak daerah yang secara teknis belum memiliki ULP permanen. “Salah satu yang ngurusin pengadaan di daerah itu tidak terfokus di ULP makanya itu bentuk kebutuhan ULP yang permanen dan mandiri ini sangat sedikit agar pengadaan di daerah dilakukan ahlinya atau jago pengadaan. Kalau sekarang ini banyak ULP adhoc nempel di bagian apa,” tukasnya.
Sales Manager Philips Kalimantan, Lukman Harun mengatakan dengan penggunaan e-katalog pengadaan barang dan jasa akan lebih efektif dan efisien serta transparan.

Produk Philips masuk dalam e-katalog sejak dua tahun lalu. “ Sudah ada sekitar 50-100 item dan ini akan terus bertambah. Produk banyak Pemda atau satker yang beli di PJU dan lampu perkantoran, lampu pabrik atau workshop. Tapi e-katalog ini khusus pemerintahan atau dinas-dinas,” tuturnya. (din)




Sumber: http://balikpapan.prokal.co/read/news/199304-mudahkan-kebutuhan-barang-dan-jasa.html

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Comments

One Response to “Sosialisasi e-Katalog LKPP bersama Philips”

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] pengelola pengadaan pemerintah terhadap kemudahan belanja melalui e-katalog menjadikan mekanisme pengadaan e-purchasing semakin masif digunakan. Di sisi lain, beberapa pejabat […]



Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!