Pemerintah Minta Pemda Lelang Lewat E-Katalog Agar Tak Korupsi

January 26, 2017 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

Menteri Pendahyagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur mendorong pemerintah daerah melakukan pengadaan barang dan jasa dengan sistem e-katalog. Hal ini sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam memperbaiki sistem pengadaan barang dan jasa agar proses pengadaan jadi lebih mudah, cepat, dan transparan.

Demikian disampaikannya dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Kementerian Keuangan di Auditorium Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (25/1/2017).

“Tingkat efisiensi pengelolaan anggaran kita masih sangat kecil. Masih banyak perencanaan anggaran tidak sesuai dengan target apa yang dihasilkan. Ini karena seluruh pengadaan belum dilakukan secara elektronik masih sistem manual. Data LKPP 2013, hanya 30% pengadaaan dari e-procurement,” ucapnya dalam sambutan.

Menurutnya, potensi korupsi yang bisa terjadi di semua jenjang pengadaan barang, mulai dari proses penyusunan anggaran (hulu) hingga tahap implementasi (hilir) bisa dikurangi dengan sistem e-katalog. Dengan adanya e-katalog, peluang penambahan harga barang atau jasa (korupsi) bisa dihindari.

“Kita lihat sekarang di mana-mana masih banyak berita korupsi yang mendominasi. Dalam kurun waktu 2014-2016, kalau kita hitung, itu agak lumayan. Hampir Rp 1,8 trilun potensi kerugian kita,” tutur Asman.

“Salah satu contoh pengadaan, judulnya memperbaiki lingkungan. Bayangan kita, di situ banyak taman, tidak ada pencemaran dan lain-lain. Tapi kenyataannya, pengadaan lampu jalan. Apa hubungannya? Banyak hal seperti ini kita temui. Masih banyak yang berpola lama. Nitip-nitip di unit anggaran,” tambahnya.

Untuk itu, peran LPSE pun diharapkan mampu menjaga proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. Seperti diketahui, tujuan pembentukan LPSE yaitu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan layanan untuk efektivitas kinerja, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, hingga mendukung proses monitoring dan audit.

“Untuk itu saya pikir, apa yang dibahas hari ini, penguatan kelembagaan untuk mendorong kredibilitas, peran LPSE akan sangat luar biasa ke depan,” tutup Asman.

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.