Siap siap Revisi Perpres Pengadaan akan segera keluar

January 26, 2017 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Berita dan Artikel Pengadaan

Prioritas Paket Kebijakan Hukum Cegah Korupsi di Sektor Pengadaan

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki menjelaskan pemerintah sekarang ini sedang berfokus pada pembenahan sektor hukum. Beberapa paket kebijakan hukum dikeluarkan untuk mencegah korupsi dalam pembangunan dan pengadaan setelah keluarnya paket kebijakan ekonomi.

“Paket kebijakan ekonomi itu sebenarnya lebih banyak untuk memangkas berbagai aturan, prosedur supaya birokrasi lebih efisien,” ujar Teten dalam acara peluncuran Indeks Persepsi Korupsi 2016 yang digelar Transparency International, di Hotel Sari Pan Pacific, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2017).

Teten_MasdukiTeten menjelaskan peluncuran paket kebijakan hukum dimaksudkan untuk memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

“Kita juga sedang meluncurkan paket kebijakan hukum. Jadi saya kira dari dua sisi itu ingin kita perbaiki dari sisi pelayanan kepada masyarakat, pelayanan bisnis, kita ingin seefisien mungkin. Tapi di sisi lain dalam law enforcement kita juga sedang diusahakan,” kata Teten.

Teten pun mengungkapkan pemerintah saat ini sedang mencoba memperbaiki aspek belanja negara. Sebab, selama ini korupsi masih banyak terjadi di sektor pengadaan yang berasal dari dana APBN.

“Sekarang kita membenahi dari aspek belanja karena, seperti yang KPK lakukan, korupsi itu kan masih terjadi di sektor pengadaan. Walaupun nanti kita jelaskan pengadaan itu ada dua aspek. Dari aspek pemerintahnya dan aspek swasta. Dari aspek pemerintah, kita coba pengadaan itu diperbaiki,” ujar Teten.

Pemerintah juga terus berusaha mengalokasikan anggaran sesuai prioritasnya. Anggaran selama ini habis untuk mendanai birokrasi.

“Karena itu, kita sedang ingin mengembalikan. Jadi anggaran itu harus mengikuti program. Dari money follows function ke money follows program,” kata Teten.

Dalam pemberantasan korupsi, Teten mencontohkan bagaimana Presiden Joko Widodo menjadi teladan bagi setiap menterinya. Sebab, pencegahan korupsi itu harus mulai dari seorang pemimpin yang memberikan contoh baik kepada orang lain.

“Suri teladan itu langsung dilakukan oleh Presiden. Tidak ada keluarga yang ikut bisnis. Anak yang paling besar pun bukan ambil proyek pemerintah, tapi bisnis martabak. Itu sebuah message. Kami para menteri menjadi paham. Menjadi tahu diri dengan itu sehingga saya kira memberikan bibit kenapa antikorupsi itu di dalam rapat-rapat kabinet sangat mewarnai,” ujar Teten.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3405245/prioritas-paket-kebijakan-hukum-cegah-korupsi-di-sektor-pengadaan

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!