Standar Kompetensi Kerja Khusus Pengadaan Pemerintah

October 4, 2017 by  

Artikel ini ada pada kategori Pengadaan - Pengadaan Barang Jasa

perka lkppStandar Kompetensi Kerja Khusus (SK3) Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

SK3 untuk pengadaan barang/jasa pemerintah masih dalam proses pembahasan final di LKPP, secara umum draft SK3 terdiri dari 26 UK namun dapat berkurang karena ada rencana untuk menggabungkan beberapa Unit Kompetensi. 26 UK yang ada sekarang adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan Penyelarasan Kebijakan Pengadaan BJP
  2. Merumuskan Organisasi Pengadaan BJP
  3. Menyusun Kebutuhan dan Anggaran Pengadaan BJP
  4. Menyusun Spesifikasi Teknis dan Kerangka Acuan Pengadaan BJP
  5. Menyusun Harga Perkiraan Pengadaan BJP
  6. Mengkaji Ulang Paket Pengadaan BJP
  7. Menyusun Daftar Penyedia BJP
  8. Menyusun Dokumen Pengadaan BJP
  9. Melakukan Kualifikasi Penyedia BJP
  10. Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia BJP
  11. Menyampaikan Penjelasan Dokumen Pengadaan BJP
  12. Mengevaluasi Dokumen Penawaran Pengadaan BJP
  13. Mengelola Sanggahan Pengadaan BJP
  14. Melakukan Negosiasi Pengadaan Barang/Jasa
  15. Membuat Kontrak Pengadaan BJP Pemerintah
  16. Membentuk Tim Pengelolaan Kontrak Pengadaan BJP
  17. Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Pengadaan BJP
  18. Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan BJP
  19. Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan BJP
  20. Melakukan Penerimaan Hasil Pengadaan BJP
  21. Melakukan Pengadaan BJP Secara Swakelola
  22. Mengelola Pengiriman Barang Pemerintah
  23. Mengelola Persediaan Barang Pemerintah
  24. Mengelola Penyimpanan Barang Pemerintah
  25. Mengelola Kinerja Pengadaan BJP
  26. Mengelola Risiko Pengadaan BJP

SK Draft

Sumber daya manusia kompeten dan profesional merupakan kunci dari keberhasilan pelaksanaan pekerjaan secara produktif, dalam arti efektif, efisien dan berkualitas. Oleh karena itu, setiap pekerjaan seharusnya  dikerjakan  oleh  orang  yang  kompeten  di  bidangnya. Demikian pula halnya dengan pekerjaan pengadaan barang/jasa Pemerintah, seharusnya juga dikerjakan oleh Sumber Daya Manusia Pengadaan Barang/ Jasa di sector Pemerintah (SDM PBJP) yang kompeten dan profesional. Hal ini penting karena kebutuhan dan kegiatan pengadaan barang/jasa Pemerintah di Sektor Pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara/Daerah terus meningkat dari tahun ke  tahun.
Dalam rangka pengembangan kompetensi dan profesionalisme SDM-PBJP, diperlukan adanya Standar Kompetensi Kerja Khusus di bidang Pengadaan barang/jasa Pemerintah (SK3-PBJP). Standar kompetensi kerja merupakan pondasi dari sistem manajemen dan pengembangan SDM berbasis kompetensi. Pada dasarnya, standar kompetensi kerja adalah rumusan/deskripsi mengenai tiga hal pokok yang berkaitan dengan kemampuan kerja sebagai berikut:
1.    Deskripsi tentang apa yang seharusnya dikerjakan oleh seseorang di tempat kerja sesuai dengan tugas pekerjaan serta kondisi dan lingkungan kerjanya;
2.    Deskripsi   tentang   sejauh   mana   kinerja   yang   diharapkan   dapat ditampilkan oleh seseorang sesuai dengan tugas pekerjaan serta kondisi dan lingkungan kerja sebagaimana butir 1;
3.    Deskripsi tentang bagaimana caranya mengetahui/mengukur bahwa dalam melaksanakan pekerjaan sebagaimana dimaksud pada butir1, seseorang telah atau belum mampu menampilkan kinerja yang diharapkan sebagaimana dimaksud pada butir 2.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) pada tahun 2011 telah menerbitkan Standar Kompetensi Kerja Khusus di Bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SK3-PBJP). Standar dimaksud bahkan telah dikembangkan menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Bidang Pengadaan barang/jasa Pemerintah (SKKNI-PBJ) yang tidak hanya berlaku di sektor pemerintah tetapi juga di sektor swasta. Sesuai dengan Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan, SKKNI-PBJ dimaksud ditetapkan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dengan Surat Keputusan Nomor 45 Tahun 2013. Namun demikian, karena perkembangan pengadaan bang/jasa yang sangat cepat, baik kegiatan, teknologi maupun regulasinya, maka SKKNI-PBJ 2013 tersebut pada tahun 2015 telah dikaji ulang dan menghasilkan SKKNI-PBJ tahun 2016 (Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 70 Tahun 2016).

Seiring dengan perkembangan SKKNI-PBJ yang berlaku secara nasional, baik di sektor pemerintah maupun sektor swasta, SK3-PBJP 2011 juga perlu dikaji ulang agar dapat disandingkan dan disetarakan dengan SKKNI-PBJ 2016. Kaji ulang tersebut telah dilakukan melalui prosedur dan mekanisme kaji ulang standar kompetensi kerja sebagaimana diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Nomor 280/LATTAS/XI/2014, Tahun 2014. Melalui kaji ulang dimaksud menghasilkan SK3-PBJ tahun 2017.
SK3-PBJP tahun 2017 merupakan kontekstualisasi SKKNI-PBJ 2016 di sektor pemerintah. Oleh karena itu, acuan utamanya adalah SKKNI-PBJ 2016 yang kemudian diperkaya dengan SK3-PBJP 2011 serta regulasi PBJP lain yang terkait. Sebagaimana halnya dengan SKKNI-PBJ 2016, lingkup SK3-PBJP 2017 diperluas tidak hanya sebatas pada fungsi kunci perencanaan pengadaan, pemilihan penyedia, manajemen kontrak dan informasi aset. Fungsi kunci informasi aset diperluas menjadi mengelola logistik dan kompetensi umum diintegrasikan ke dalam unit-unit kompetensi yang terkait. Melalui pendekatan tersebut, profil SK3-PBJP 2017 selanjutnya menjadi lebih luas dari SK3-PBJP 2011, tetapi lebih rinci dari SKKNI-PBJ 2016. Namun demikian, jumlah unit kompetensinya lebih sedikit karena satuannya lebih besar.

Untuk lengkapnya berikut adalah Draft SK3 yang sedang dibahas di LKPP, silahkan download dan apabila ada masukan silahkan hubungi ya.



Untuk pengelola pengadaan nanti nya harus memiliki kompetensi dari SK3 ini.

==================================================================================
Memerlukan Narasumber/Instruktur Training (Bimbingan Teknis) atau Konsultasi Pengadaan Barang/Jasa untuk Pemerintah berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 atau Swasta berbasis Supply Chain Management & Essential Procurement, Silahkan hubungi wwww.heldi.net via HP. 081111-64-600- email: heldi_y@yahoo.com
Bagi para Supplier Barang/Jasa, Penyedia product yang ingin mempromosikan produk atau barang/jasa nya di Pojok Penyedia/Supplier, silahkan kirimkan email mengenai produk barang/jasa nya. ==================================================================================
Share
Punya cerita tentang kota Bogor dan sekitarnya, atau mau promosi usaha anda di kota Bogor, silahkan kontennya ke: heldi_y@yahoo.com , jangan ragu segera dikirm content-nya, ditunggu ya postingannya segera...

Komentar Anda... Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You must be logged in to post a comment.