Ini postingan lama dari blog lama saya di www.archive.heldi.net tentang bidan di Bogor yang membantu kelahiran anak saya yang ke tida dan ke empat.

Bidan Bogor

Bidan Srie Dody namanya, atau ada yang memanggilnya dengan sebutan Sri Dodi, Bidan ini adalah referensi dari teman-teman se kantor, tetangga, dan teman-teman istri (ibu-ibu orang tua anak Tk & SD, makanya beliau ini boleh dibilang adalah bidan “ka-hot” di kota bogor. Tetangga saya bahkan semua 3 anaknya dilahirkan dengan bantuan bidan Srie Dodi… ka-hot poko namah 🙂

Beliau adalah asi mojang Bandung, tepatnya dari Sukajadi, Lulus Bidan tahun 1972 dan sampai sekarang setelah purna bakti dari PNS masih aktif memberikan sumbangsih tenaganya untuk mambantu ibu-ibu di Bogor untuk melahirkan bayinya. Beliau membuka praktek bidan di Jalan Purbasari IV nomor 36 atau mudahnya berlokasi di belakang pasar Gunung Batu, Jalan raya Sindangbarang (Jl. Ibrahin Adji) kota Bogor. Bidan kahot di Bogor ini juga membagi ilmunya di Akademi Kebidanan Bogor yang di jalan semeru. wah hebat deh bidan yang satu ini.

Kualitas pelayanan atau level of service yang sangat baik saya rasakan sendiri ketika melahirkan anak ke-tiga pada tanggal 21 Mei 2011. Setelah kontrol di praktek dokter yang pada akhirnya kurang meyakinkan (baca: dokterku sayang… (sayang mahal dan tidak memuaskan), yang menurut dokter ahli kandungan pada tanggal 14 Mei harus masuk rumah sakit bersalin terkenal di bogor dan harus segera diinduksi malam itu juga. Ternyata kalau menurut bu Bidan Srie Dody, masih ada waktu dan masih aman untuk menunggu kelahiran secara normal. Ternyata perhitungan Bidang Srie Dodi tidak meleset, seminggu kemudian pada hari jumat malam, kandungan istri terasa ada kontraksi dan ternyata ketubannya sudah pecah. Akhirnya malam Sabtu dibawa ke tempat praktek bidan srie dodi dan melahirkan pada besoknya hari Sabtu, tanggal 21 Mei 2011, alhamdu…lillah….

Dengan bangunan yang cukup luas dan rapih, praktek bidan srie dody menyediakan 1 ruang persalinan dengan 5 ruang rawat/inap. Kebersihan dan kerapihan tempat praktek sangat terjaga, setiap hari ada 2 bidan/asisten bidan yang standbye 24 jam. Begitu pula apabila ada kejadian yang tidak dapat di-handle di tempat prakteknya (rujukan), bidan sri dodi sudah mempunyai link ke rumah sakit dan dokter ahli kandungan dan siap antar dengan kendaraannya. Tarifnya pun tentunya sangat ekonomis bila dibandingkan dengan rumah sakit atau dokter kandungan yang seringkali membuat hal-hal yang janggal  (baca: dokterku sayang… (sayang mahal dan tidak memuaskan), apalagi setelah mengetahui saya adalah seorang PNS tulen, saya pun memperoleh diskon harga khusus PNS katanya… alhamdu…lilah…. 🙂

Dalam proses melahirkan terasa sekali bidan srie dodi sangat sabar… telaten… dan penuh dengan pengertian, sehingga ibu dan keluarga yang menanti kemunculan anggota keluarga baru mereka, dapat dengan tenang dan nyaman menanti dan berusaha agar proses kelahiran dapat berjalan dengan baik. “Jangan minta tolong ke saya, tetapi minta tolong sama yang Maha Penolong saja…”  begitu kata beliau, menunjukan kerendahan hatinya dan kekuatan imannya. Di ruang persalinan-pun terlihat profesionalisme, dengan ketenangan dan kejelian dalam setiap proses persalinan, tidak terburu-buru untuk melakukan tindakan (kalau dokter kan…. wah ini harus…. ini harus.. akhirnya…sesar…), terus memberikan support dengan bahasa yang menenangkan tetapi tetap semangat agar ibu dapat melahirkan dengan normal. Terima kasih bu bidan… semoga semua jasa atas keahlian yang ibu punya memperoleh balasan yang berlebih dari Allah swt… amien…

Untuk pelayanan pasca melahirkan, di praktek bidan srie dodi juga melayani pemasangan alat KB, imunisasi, tindik anting bayi, bahkan sampai apabila ibunya kepayahan, maka ada suster/asisten yang dapat dipanggil ke rumah untuk membantu memandikan bayi dengan tarif rp. 20ribu per harinya. Intinya memuaskanlah praktek bidan yang satu ini. Mau melahirkan… silahkan dicoba praktek bidan kahot di Bogor yang satu ini: Bidan Srie Dodi.

Ruangan praktek yang bersih dan rapih

Ruang Bersalin yang lengkap dan nyaman

Tempat tunggu yang bersih & nyaman

====

Praktek Bidan Srie Dody : Jalan Purbasari 4 nomor 36 (belakang pasar gunung batu – jl. raya sidangbarang/Ibrahin adji Bogor)

Telpon: 0251-7168234