Buku Mind Map Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Berisi Peta Pikiran/Konsep dari Peraturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah berdasarkan Perpres 16 tahun 2018 dan perubahannya Perpres 12 tahun 2021. BONUS: Disertai dengan Rangkuman perpres 16/2018 dan Perpres 12 /2021 (2 halaman).

Tersedia versi baru ukuran A5 rp. 65.000,-/buku

Ukuran A4 sudah habis ya.

Yang di YT ini masih contoh A4 (HABISSS)

https://www.youtube.com/watch?v=FWV6GGVxeTc

Untuk pemesanan buku silahkan hubungi WA: 08111164600 (heldidotnet)

Mohon maaf tidak bisa cepat-cepat ya proses kirimnya, mohon maaf kalau slow respond juga maklum sedang ada Ujian ya 🙂 

===================================================

Mind Map atau peta pikiran dalam buku ini dapat membantu mempermudah dan mempercepat para pembaca dalam memahami, mengingat dan mencari topik-topik bahasan dalam perpres pengadaan. Dari 94 pasal dalam perpres dan 9 materi slide dan buku informasi pelatihan pengadaan dirangkum menjadi hanya 34 peta pikiran yang menampilkan pokok pikiran serta keterkaitan antar topik tertentu di dalamnya. Pembaca dapat dengan mudah dan cepat mengetahui keseluruhan topik-topik pengadaan secara helicopter view, kemudian topik umum berupa judul dalam setiap map/peta secara terstruktur dan kreatif diturunkan ke konsep-konsep yang lebih detail berupa ketentuannya, batasan, pihak yang melaksanakan atau bahkan rumus yang digunakannya. Setelah mengetahui topik dan konsepnya apabila diperlukan pembaca dengan cepat dapat membaca detail dari buku perpres nya dengan melihat pasal atau bab yang tertulis pada mindmap.

Mindmap pengadaan membahas Proses Pengadaan barang/jasa pemerintah mulai dari Ketentuan Umum yang terdiri dari :Pengertian Pengadaan, Ruang Lingkup, Kebijakan, Tujuan, Prinsip dan Etika Pengadaan. Kemudian Proses Pelaksanaan Pengadaan mulai dari Perencanaan, Persiapan Pengadaan, Persiapan Pemilihan dan Pelaksanaan Kontrak. Terakhir adalah terkait topik yang menunjang dalam proses pengadaan yaitu: Sistem Pengadaan secara Elektronik, Sumber daya pengadaan, pembinaan dan sanksi serta pengadaan yang dikecualikan

Metode pemilihan

Sejak awal ketika penulis menjadi narasumber pengadaan barang/jasa pemerintah banyak sekali peserta pelatihan yang mengeluhkan begitu banyaknya materi pegadaan yang harus dipelajari baik dari peraturan presiden (perpres) atau slide dan buku informasi yang ada. Peserta pelatihan harus mempelajari perpres pengadaan yang berisi 15 BAB dan 94 pasal, kemudian 9 materi berupa slide dan buku informasi serta buku kerja dalam waktu maksimal 5 hari pelatihan sebelum mengikuti ujian sertifikasi pengadaan. Begitu pula para pelaku pengadaan yang sudah lulus ujian sertifikasi pengadaan dalam pelaksanaan keseharian melakukan eksekusi pengadaan terutama sebagai pokja pemilihan, pejabat pengadaan, atau Pejabat Pembuat Komitmen seringkali masih harus kesulitan mencari dan membuka-buka kembali perpres dan materi pelatihannya untuk mencari kembali materi yang terkait dengan pelaksanaan pengadaan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas mereka. Apalagi masyarakat awam yang ingin belajar pengadaan seperti para pelaku usaha baik usaha mikro, kecil, koperasi, dan usaha besar yang ingin mengikuti paket pengadaan pemerintah ada stigma bahwa pengadaan pemerintah itu rumit, ribet dan susah. Hal ini tentunya menjadi keluhan juga bagi para pengajar pengadaan, walaupun sudah ada materi standarnya namun pada beberapa materi masih merasa sulit dalam transfer ilmunya dan seperti dikejar kejar waktu dalam menyampaikan materinya kepada peserta. Latar belakang kondisi ini yang memotivasi penulis untuk membuat suatu cara untuk mempermudah dan mempercepat proses belajar dan mengajar yaitu dengan menggunakan peta pikiran atau mind map pengadaan.

Menurut Tony Buzan, Mind Map adalah suatu cara mengembangkan kegiatan berpikir serta menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut. Mind Mapping juga akan mengasah cara berpikir yang divergen dan kreatif. Mind Mapping atau peta konsep sebagai alat berpikir organisasional yang akan membantu seseorang menempatkan informasi dalam otaknya kemudian mengambil informasi tersebut kapanpun ia membutuhkannya. Peta Pikiran atau Mind Map Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah adalah salah satu metode belajar yang dirancang dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis. Semua materi dipetakan menggunakan garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang saling berkaitan dengan konsep atau ide utamanya. Mind Mapping juga akan memudahkan perencanaan, komunikasi, mengasah kreatifitas, membantu menyelesaikan masalah, memusatkan perhatian, menyusun dan menjelaskan pikiran, membantu mengingat dengan baik, serta membuat proses belajar menjadi lebih efisien. Dari banyak sesi belajar (pelatihan) yang diisi oleh penulis dengan menggunakan mind map, banyak peserta yang merasakan lebih cepat dan mudah mengerti dalam proses belajar pengadaan. Mudah dipahami, mudah diingat, lebih menarik, lebih terstruktur, lebih kreatif, terfokus dan lebih cepat dalam belajarnya.

Buku ini insha Allah akan sangat bermanfaat terutama untuk para pemula yang ingin mempelajari pengadaan barang/jasa pemerintah, ASN/TNI/Polri yang akan mengikuti ujian pengadaan barang/jasa tingkat dasar sebagai bahan belajar dan “contekan” (ujian dilaksanakan open book) untuk mempermudah mencari topik untuk menjawab soal ujian, para sumber daya pengadaan barang/jasa sebagai pengelola pengadaan, serta para pelaku pengadaan; PA/KPA, PPK, Pokja, Pejabat Pengadaan, Agen Pengadaan, Penyelenggara Swakelola dalam keseharian praktik pengadaan dan Penyedia (pelaku usaha; Penyedia E-Katalog, Usaha Mikro, Kecil, non Kecil, Koperasi, BUMN/BUMD) yang akan masuk atau sudah berkecimpung dalam pengadaan pemerintah serta para pengajar, narasumber atau widyaiswara di bidang pengadaan untuk mempermudah dan mempercepat proses transfer ilmu pengadaan.

Untuk pemesanan buku silahkan hubungi: 087713071973 (Aris), sertakan bukti transfer dan nama serta alamat lengkap pengiriman.

Download file aplikasi mindmap (mindmaple light):

https://1drv.ms/u/s!AnVJBcx3UIyUgv5lee7zXIsl3ejrUA?e=3apAJq

Download Mind Map Source (.emm)

https://1drv.ms/u/s!AnVJBcx3UIyUgv5mIwLfO1fJADaing?e=J3hZgf

Pelaku pengadaan

Pemaketan

Metode pemilihan