Ini sebagai rekam jejak saja bagaimana langkah langkah terkait penutupan polis dari asuransi Prudential. Saya berkeingan menutup asuransi ini karena:

  • memang kebutuhan bulanan nampaknya sudah tidak mampu untuk mengalokasikan untuk asuransi, anak saya yang paling besar baru masuk kuliah sehingga ada biaya kuliah bulanan.
  • aplikasi pruacces di mobile sejak tahun 2020 tidak bisa di akses.
  • adanya ribut ribut nasabah lain dari asuransi prudential ini.

Asurasi prudential saya dimulai dari tahun 2017, ketika ada teman saya yang ASN/PNS kota Bogor tiba tiba berkunjung ke rumah saya dan ternyata menawarkan asuransi. Saya sebenarnya tidak terlalu tertarik dan sudah ada trauma dengan asuransi asuransi-an. Trauma karena peristiwa adik ipar yang jadi agen asuransi terus entah kenapa dan entah menjanjikan apa ke nasabahnya, terus nasabahnya komplain merasa rugi dan sampai menculik adik ipar dengan tenaga preman ambon, dan harus ditebus dengan sejumlah uang senilai uang nasabahnya yang hilang di asuransi tersebut, tapi bukan prudensial ini asuransi yang di agen kan adik ipar saya ini. Akhirnya saya yang harus meminjam uang untuk menebus adik ipar dari ambon tersebut.

Karena satu hal dan lainnya, akhirnya dibuatkan premi asuransi pada bulan 07 tahun 2017, dan langsung saja ceritanya ke tahun 2021 ini ingin ditutup dengan alasan di atas. Sampai hari ini berikut adalah langkah langkah yang sudah dilakukan, nanti kalau ada update akan dituliskan lagi ya.

  1. Menghubungi CS 1500085, pertama kali beberapa hari yang lalu dengan laki laki, dan memberikan informasi bahwa akan mengirimkan berkas yg harus diisi via email, namun sehari ditunggu tidak ada email yang masuk.
  2. 27 April 2021 menghubungi kembali ke CS, ada yang lucu, kok di background CS ada suara anak kecil seperti yang ribut merengek rengek, ini yang terima perempuan, saya tanya kok ini ada suara anak-anak, ini kantor atau rumahan saya tanya? namun di CS mengalihkan dan seolah olah tidak mendengar pertanyaan saya terkait suara backgroun tersebut. Solusi nya sama akan mengirimkan email dalam 1×24 jam untuk tata cara pengirimannya. Namun sampai dengan jam 08.00wib 28 april tidak ada email dalam inbox. Hari ini akan saya telpon lagi CS nya dan akan direkam agar ada record nya kalau kalau muncul suara anak kecil lagi ūüôā
  3. Tadi malam saya coba twitt ke @prudensial dan diarahkan ke website: https://www.prudential.co.id/id/penanganan-pengaduan/contact-us/ sudah diisi form nya dan ada konfirmasi ke email bahwa saya sudah mengisi form pengaduan, tinggal kita tunggu apa tindak lanjutnya.
  4. Ada juga netizen (Parno @LoveM3ld) yang menyerankan agar kirim email juga ke customer.idn@prudential.co.id , oke pagi ini sudah saya lakukan mengirim email ke alat tersebut. https://twitter.com/heldi_bogor/status/1387041125945405440
  5. Telpon ke 3 ke CS diketahui masalahnya yaitu bahwa email yang tercatat di sistem salah, bukan heldi tapi “heidi”, dirubah alamat emailnya namun disuruh tunggu 2 menit, tunggu 3 menit belum ada suara juga akhirnya diputus saja.
  6. Telpon ke 4 ke CS, oke katanya emailnya sudah benar dan ditunggu a x 24 jam untuk pengiriman emailnya, oke kita tunggu ya.
  7. Email diterima selanjutnya disiapkan persyaratannya, FC KTP, FC Buku Rekening, Form Surrender, Form tambahan dan polis asli. Ada dua pilihan bisa langsung ke Kantor Prudensial atau melalui admin agen nya, menurut agen katanya kalau  melalui admin bisa ter monitor berkasnya.
  8. tanggal 28 April selesai masalah email, sudah dapat form nya dari email.
  9. Persyaratan disiapkan dan dikirim tanggan 6 Mei, kita tunggu hasilnya, semoga tidak ada masalah.

Referensi Penutupan Asuransi Prudential hasil pencarian google… banyak keluhan ūüôā

Proses menutup Polis Prudential

https://www.portalreksadana.com/node/651#comment-14768

Pengalaman Menutup Asuransi Prudential, Cara dan Syaratnya Mudah