Baru keluar Intruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional Dan/Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah. Ayo para PPK dan Pejabat Pengadaan lakukan pengadaan motor dan mobil dinas nya dengan Kendaraan Bermotor Berbasis Baterai, pakai TESLA donk??? halah maunya pakai Tesla ya 🙂  Lihat dulu atuh TKDN nya, apakah produknya hasil PDN bukan dan sudah ada PDN nya belum? Sudah ada kok molis yang Produksi Dalam Negeri, silahkan lihat di katalog elektronik LKPP ya. https://e-katalog.lkpp.go.id/ Mudah-mudahan tidak sedang down servernya ya, atau loading kelamaan. Tapi insha Allah aman kok… sudah sama si dia kok dikencengin…  🙂

Ditandatangani dan mulai berlaku sejak tanggal 13 September 2022, Impres ini berlaku dalam rangka percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electic vehiclel sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah. Inpres ini menginstruksikan kepada :

Para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Kepala Staf Kepresidenan, Jaksa Agung Republik Indonesia, Panglima Tentara Nasional Indonesia, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Para Kepala Lembaga Pemerintah Non-Kementerian, Para Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara, Para Gubernur, dan Para Bupati/Wali Kota, secara umum untuk dapat

Mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk melakukan percepatan pelaksanaan program penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric uehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah menggantikan kendaraan dinas operasional danlatau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah saat ini. Terdapat rincian instruksi kepada masing-masinh pihak, silahkan di baca pada inpres nya di bawah.

Untuk para Kepala Daerah diamantkan untuk:

-menyusun dan menetapkan regulasi dan/atau kebijakan serta alokasi anggaran untuk mendukung penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle)
meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric uehiclel sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah di seluruh wilayah Indonesia melalui pengadaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electic vehicle) dan/atau program konversi kendaraan bermotor bakar menjadi kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric uehiclel.

Penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah dapat dilakukan melalui skema pembelian, sewa, dan/atau konversi kendaraan bermotor bakar menjadi kendaraan bermotor listrik.

Pengadaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric uehiclel sebagai kendaraan dinas operasional dan/atau kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan pemerintahan daerah sebagaimana dimaksud pada Diktum Ketiga mengacu pada ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai pengadaan barang/jasa pemerintah. Untuk point ini berarti mengacu ke peraturan pengadaan ya, ada perpres 16 tahun 2018 dan perubahannya (perpres 12 tahun 2012) dan ada peraturan lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP) seperti perlem 9 tentang pemilihan penyedia dan sebagainya. Yang jelas kalau kendaraannya sudah ada dalam katalog elektronik maka silahkan belanja dengan cara epurchasing.

Berikut adalah Intruksi Presiden nya ya silahkan di download Inpres nomor 7 tahun 2022 tentang Baru keluar Intruksi Presiden Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional Dan/Atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat Dan Pemerintahan Daerah. Salinan Inpres nomor 7 tahun 2022 download (.pdf)





Wah sebentar lagi berseliweran ini plat merah pakai Tesla eh… mobil listrik ya 🙂 Sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan molis ya, sudah mah BBM mahal ya, silahkan dilihat e-katalog nya ya para PPK dan Pejabat Pengadaan. Atau mau sekedar lihat-lihat model TESLA silahkan berkunjunga ke webistenya tesla disini https://www.tesla.com/